IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN UNTUK 8 SNP
A.
No.
|
Kondisi pendidikan saat ini
|
Kondisi pendidikan masa datang
|
Besarnya tantangan nyata
|
1.
|
Standar
Kompetensi Lulusan
|
||
a
|
Bidang
akademik:
|
||
-
Rata-rata
pencapaian KKM semua mapel 6,62
-
Rata-rata
pencapaian NUN 6,05
-
Rata2
pencapaian NUS 8,00
|
-
Rata-rata
pencapaian KKM semua mapel 6,65
-
Rata-rata
pencapaian NUN 6,30
-
Rata2
pencapaian NUS 8,10
|
0,095
0,25
0,1
|
|
b
|
Bidang
non akademik:
|
||
-
Perolehan
jumlah kejuaraan: 1 jenis/bidang pada tk kabupaten (olahraga)
|
-
Perolehan
jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk kabupaten (olah raga dan Pramuka)
|
1 jenis
|
|
c
|
Kelulusan:
|
||
-
Persentase
kelulusan 92,13 %
|
-
Persentase kelulusan 95%
|
2,87%
|
|
d
|
Melanjutkan
studi:
|
||
-
Jumlah
lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 80%
|
- Jumlah lulusan yang
melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 85%
|
5%
|
|
2
|
Standar
Isi
|
Standar
Isi
|
|
a
|
Buku
KTSP (Buku/Dokumen-1):
|
||
Tersusun
Buku KTSP 1 bh
|
Tersusun Buku KTSP 1 bh
|
1 bh
|
|
b
|
Silabus:
|
Silabus:
|
|
-
Tersusun
silabus 90 % mapel
|
-
Tersusun
silabus 100% mapel
|
10 %
|
|
c
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP):
|
||
- Tersusun RPP :90% dari semua
mapel.
|
-
Tersusun RPP:100% dari semua mapel
|
10%
|
|
d
|
Pemetaan SK dan KD
|
||
- Tersusunnya
pemetaan SK dan KD 60%
|
- Tersusunnya
pemetaan SK dan KD 100%
|
40%
|
|
3.
|
Standar
Proses
|
||
a
|
Persiapan
pembelajaran:
|
Persiapan pembelajaran:
|
|
-
Kepemilikan
silabus oleh guru: 90% memiliki
-
Kepemilikan
RPP oleh guru: 90% memiliki
-
Kepemilikan
sumber belajar/bahan ajar: 90%
- Pengembangan
perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 60%
|
-
Kepemilikan
silabus oleh guru: 100% memiliki
-
Kepemilikan
RPP oleh guru: 100% memiliki
-
Kepemilikan
sumber belajar/bahan ajar: 100%
- Pengembangan
perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%
|
10%
10%
10%
10%
|
b
|
Persyaratan
Pembelajaran
|
||
-
Jumlah
siswa per rombel: 26 anak
-
Beban
mengajar guru: 18 jam/minggu
- Ratio
antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 2:1
-
Pengelolaan
kelas: 80%
|
-
Jumlah
siswa maksimal per rombel: 32 anak
-
Beban
mengajar guru: ≥ 24 jam/minggu
- Ratio
antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1
-
Pengelolaan
kelas: 90%
|
-
-
1 buku/siswa
10%
|
|
c
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
||
-
Cakupan
pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 80%
-
Cakupan
penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan
konformatif: 80%
-
Penerapan
CTL: 60%
-
Penerapan
pembelajaran tuntas: 50%
-
Penerapan
PAIKEM/PAKEM: 50%
- Penerapan
pembelajaran di luar kelas/sekolah: 40%
- Cakupan
pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 80%
|
- Cakupan
pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100%
- Cakupan
penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan
konformatif: 100%
-
Penerapan
CTL: 80%
-
Penerapan
pembelajaran tuntas: 100%
-
Penerapan
PAIKEM/PAKEM: 70%
- Penerapan
pembelajaran di luar kelas/sekolah: 60%
- Cakupan
pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100%
|
20%
20%
20%
50%
20%
20%
20%
|
d
|
Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:
|
Pelaksanaan
penilaian pembelajaran:
|
|
-
Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 60%
-
Variasi
model penilaian 50 % kurang variatif
-
Pengolahan/analisis
hasil penilaian: 50% berbasis TIK
- Pemanfaatan/tindak
lanjut hasil penilaian: 90 %
|
- Pengembangan
instrumen penilaian hasil belajar: 70%
-
Variasi
model penilaian: 70% variatif
-
Pengolahan/analisis
hasil penilaian: 70 %
- Pemanfaatan/tindak
lanjut hasil penilaian: 95%
|
10%
20 %
20%
5%
|
|
e
|
Pengawasan
proses pembelajaran:
|
||
-
Cakupan
kegiatan pemantauan pembelajaran: 90%
-
Cakupan
kegiatan supervisi pembelajaran: 90%
-
Cakupan
kegiatan evaluasi pembelajaran: 90%
- Dokumen
pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 90%
- Cakupan
tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%
|
-
Cakupan
kegiatan pemantauan pembelajaran: 100%
-
Cakupan
kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
-
Cakupan
kegiatan evaluasi pembelajaran: 100%
- Dokumen
pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100%
- Cakupan
tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
|
10%
10%
10%
10%
40%
|
4
|
Standar
Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
||||
a
|
Kepala sekolah:
|
||||
-
Memiliki
sertifikat Bahasa Inggris dari luar negeri
-
Menguasai
TIK
-
kepemimpinan
100 % baik
-
Mampu
melaksanakan MBS 90 %
-
Memiliki
kemampuan kewirausahaan 80 % baik
- Melaksanakan
supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 1 kali pertahun
-
administrasi
sekolah 80% baik
|
-
Memiliki
sertifikat pelatihan bahasa inggris
-
Kepemilikan
sertifikat TIK
-
kepemimpinan
100 % baik
-
Mampu
melaksanakan MBS 100 %
-
Memiliki
kemampuan kewirausahaan 85 % baik
- Melaksanakan
supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 2 kali
-
administrasi
sekolah 85% baik
|
0
0
0
10%
5%
1 kali
5%
|
|||
b
|
Guru:
(bersifat rata-rata)
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
|||
-
Kebutuhan
guru 90 % terpenuhi
- Kesesuaian
ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 90 %
-
Mampu
melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 70%
-
Mampu
bahasa Inggris aktif 30%
-
Menguasai
TIK: 70%
-
Memahami
dan melaksanakan KTSP: 80%
-
Melaksanakan
penelitian pendidikan: 30%
-
Mengikuti
Pelatihan kepribadian: 10%
-
Melaksanakan
Pengabdian masyarakat: 70%
-
Mengikuti
Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 50%
-
Kompetensi
lulusan guru S1/S2 100%
-
guru
bersertifikasi profesi: 30%
- guru
yang memiliki komputer/laptop: 60%
|
-
Kebutuhan
guru 95 % terpenuhi
- Kesesuaian
ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 95 %
-
Mampu
melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 80%
-
Mampu
bahasa Inggris aktif 50%
-
Menguasai
TIK: 80%
-
Memahami
dan melaksanakan KTSP: 100%
-
Melaksanakan
penelitian pendidikan: 35%
-
Mengikuti
Pelatihan kepribadian: 50%
-
Melaksanakan
Pengabdian masyarakat: 80%
-
Mengikuti
Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 100%
-
Kompetensi
lulusan guru S1/S2 100%
-
guru
bersertifikasi profesi: 35%
- guru
yang memiliki komputer/laptop: 70%
-
|
5%
5%
10%
20%
10%
20%
20%
40%
10%
50%
0
20%
10%
|
|||
c
|
Tenaga
TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata)
|
||||
-
Jumlah
tenaga TU berijazah sarjana 30 %
-
MenguasaiTIK:
80%
-
Menguasai
bahasa Inggris: 15 %
-
Mengikuti
Pelatihan dibidangnya: 60%
-
Pelatihan
manajemen sesuai bidangnya: 10%
|
-
Jumlah
tenaga TU berijazah sarjana 30 %
-
MenguasaiTIK:
90%
-
Menguasai
bahasa Inggris: 30 %
-
Mengikuti
Pelatihan dibidangnya: 100%
-
Pelatihan
manajemen sesuai bidangnya: 100%
|
0
10%
15%
40%
90%
|
|||
5
|
Standar
Sarana dan Prasarana
|
Standar
Sarana dan Prasarana
|
|||
a
|
Sarana
dan Prasarana Minimal
|
Sarana
dan Prasarana Minimal
|
|||
-
Ruang
kepala sekolah: 16 m2
- Ruang
wakil KS ada kurang standar
-
Ruang
perpustakaan: tidak standar
-
Ruang
Lab. IPA tidak standar
-
Gudang:
1
-
Ruang
UKS: 1
-
Ruang
BK : 1 belum standar
-
Ruang
OSIS belum standar
|
-
Ruang
kepala sekolah: min. 28 m2
-
Ruang
wakil KS standar
-
Ruang
belum perpustakaan: standar
-
Ruang
Lab. IPA: belum standar
-
Gudang:
1
-
Ruang
UKS: 1
-
Ruang
BK 1 belum standar
-
Ruang
OSIS Standar
|
1
1
0
0
0
0
0
1
|
|||
b
|
Sarana
dan Prasarana Lainnya
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
|||
-
Belum
memiliki ruang Lab. Bahasa
-
Ruang
Lab. Komputer: tidak standar
-
Belum memiliki Ruang multi media: 0
-
Belum memiliki ruang pusat pengembangan SIM
-
Ruang kantin: tidak standar (<10m2)
|
-
Memiliki ruang Lab. Bahasa belum standar
-
Ruang
Lab. Komputer: belum standar
-
Memiliki
ruang multi media belum
-
Belum memiliki Ruang pusat pengembangan SIM
-
Ruang
kantin: ada standar
|
0
0
0
0
1
|
|||
c
|
Fasilitas
Pembelajaran dan Penilaian
|
||||
- Daya listrik rendah
(1300W)
- Komputer Guru: 1
- Komputer TU: 2 buah
- Komputer
perpustakaan: 1
- Komputer Lab IPA: tidak
ada
- Memiliki TV/VCD 2 set
- LCD Proyektor tidak ada
- Jaringan internet: tidak
ada
- Sarana olah raga: 60%
- Belum Memiliki mesin
pengganda
|
-
Daya
listrik rendah (2600W)
-
Komputer
Guru 1
-
Komputer
TU: 2 buah
-
Komputer
perpustakaan: 1
-
Komputer
Lab IPA: 1
-
Memiliki
TV/VCD 2 set
-
Memiliki LCD Proyektor 1 bh
-
Jaringan
internet: belum ada
-
Sarana
olah raga: 80%
-
Memiliki
mesin pengganda
|
1300 watt
0
0
0
1
0
1
0
20%
1
|
|||
6.
|
Standar
Pengelolaan
|
Standar Pengelolaan
|
|||
a
|
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/
kegiatan:
|
||||
- Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 60% sempurna
- Dokumen PSB: 80% sempurna
- Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 60% lengkap
- Dokumen tata tertib sekolah: 90% lengkap
- Dokumen kode etik sekolah : 50%
- Dokumen penugasan guru: 80%
- Dokumen administrasi ruang kelas : 80%
- Dokumen administrasi ruang laboratorium dan
keterampilan : 60%
|
- Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 100% sempurna
- Dokumen PSB: 85% sempurna
- Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 70%
- Dokumen tata tertib sekolah: 95%
- Dokumen kode etik sekolah: 70%
- Dokumen penugasan guru: 85%
- Dokumen administrasi ruang kelas : 85%
- Dokumen administrasi ruang laboratorium dan
keterampilan : 70%
|
40%
5%
10%
5%
20%
5%
5%
10%
|
|||
b
|
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
|
||||
- Struktur organisasi: 80% lengkap
- Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 80%
- Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 80%
|
- Struktur organisasi: 90% lengkap
- Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 90%
- Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 85%
|
10%
10%
5%
|
|||
c
|
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi
sekolah:
|
||||
- memiliki tim khusus dan berfungsi 80%
- memiliki instrumen supervisi 80% lengkap
- memiliki instrumen monitoring 80% lengkap
- memiliki instrumen evaluasi 80% lengkap
- memiliki instrumen akreditasi 80% lengkap
- memiliki pelaporan supervisi 80% lengkap
- memiliki pelaporan monitoring 80% lengkap
- melakukan
pelaporan evaluasi 80%
- melakukan pelaporan akreditasi internal 80%
- Pendokumentasian:80% baik
- Tindak lanjut: 60%
|
- memiliki tim khusus dan berfungsi 100%
- memiliki instrumen supervisi 100% lengkap
- memiliki instrumen monitoring 100% lengkap
- memiliki instrumen evaluasi 100% lengkap
- memiliki instrumen akreditasi 100% lengkap
- memiliki pelaporan supervisi 100% lengkap
- memiliki pelaporan monitoring 100% lengkap
- melakukan
pelaporan evaluasi 100%
- melakukan pelaporan akreditasi internal 100%
- Pendokumentasian:100% baik
- Tindak lanjut: 80%
|
20%
20%
20%
20%
20%
20%
20%
20%
20%
20%
20%
|
|||
d
|
Kemitraan dan
peran serta masyarakat:
|
||||
- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
- Dokumen program kerja komite sekolah: 60%
- Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
- Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: Rp. 30.000/bulan
- Kemitraan dengan pihak lain dua UKM
|
- Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95%
- Dokumen program kerja komite sekolah: 80%
- Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap
- Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 40.000
rupiah/bulan
- Kemitraan dengan pihak lain tigaUKM
|
5%
20%
20%
Rp. 10.000,-/bulan
1 UKM
|
|||
e
|
SIM sekolah:
|
SIM sekolah:
|
|||
- Tidak terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah)
- Tidak terpasang jaringan SIM
|
- Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah): 100%
- Terpasang jaringan SIM: 100%
|
100%
100%
|
|||
7.
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
||||
a
|
Sumber dana: 2 buah
|
Sumber dana: 4
buah
|
2
|
||
b
|
Pengalokasian dana: 5 SNP
|
Pengalokasian dana: minimal 9 SNP
|
4
|
||
c
|
Penggunaan dana:
90% sesuai APBS
|
Penggunaan dana: 100% sesuai APBS
|
10%
|
||
d
|
Pelaporan
penggunaan dana: 95%
|
Pelaporan penggunaan dana: 100%
|
5%
|
||
e
|
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
|
Dokumen pendukung
pelaporan: 100%
|
20%
|
||
8.
|
Standar Penilaian Pendidikan:
|
||||
a
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 90%
|
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 100%
|
10%
|
||
b
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 95%
baik
|
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100%
baik
|
5%
|
||
c
|
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan
sekolah: 90%
|
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan
sekolah: 100%
|
10%
|
||
d
|
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 95%
|
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah:
100%
|
5%
|
||
e
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam
pembelajaran: 60% variatif
|
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam
pembelajaran: 100% variatif
|
40%
|
||
f
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian:
80%
|
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian:
100%
|
20%
|
||
g
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk
ulangan akhir semester: 80%
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk
ulangan akhir semester: 100%
|
20%
|
||
h
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk
ulangan kenaikan kelas: 80%
|
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk
ulangan kenaikan kelas: 100%
|
20%
|
||
i
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru:
80% terpenuhi
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru:
100% terpenuhi
|
20%
|
||
j
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 90%
|
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100%
|
10%
|
||
9.
|
Budaya dan lingkungan sekolah.
|
||||
a.
|
Budaya bersih.
|
||||
-
Kesadaran
budaya bersih 70%
|
-
Kesadaran
budaya bersih 100%
|
30%
|
|||
b.
|
Budaya disiplin.
|
||||
-
Kesadaran
guru mentaati peraturan 80%.
- Kesadaran Staf Tata Usaha
mentaati peraturan 80%.
-
Kesadaran
siswa mentaati peraturan 70%.
|
-
Kesadaran
guru mentaati peraturan 100%.
- Kesadaran Staf Tata Usaha
mentaati peraturan 100%.
-
Kesadaran
siswa mentaati peraturan 100%.
|
20%
20%
30%
|
|||
c.
|
Budaya tata krama “ in action”
|
||||
-
Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 70%
|
-
Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 100%
|
30%
|
|||
d.
|
Tamanisasi.
|
||||
- Memiliki taman 10% dari lahan
kosong.
|
-
Memiliki taman 30% dari lahan kosong.
|
20%
|
|||
e.
|
Pengembangan lomba-lomba kebersihan.
|
||||
- Melaksanakan lomba kebersihan
1 x pertahun
|
-Melaksanakan lomba kebersihan 2 x pertahun
|
1 kali
|
|||
apakah identifikasi tantangan nyata ini bagian dari EDS?
BalasHapus