IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU (1) TAHUN UNTUK 8 SNP

15.30 URAY ISKANDAR 1 Comments



A.       
No.
Kondisi pendidikan saat ini
Kondisi pendidikan masa datang
Besarnya tantangan nyata
1.
Standar Kompetensi Lulusan


a
Bidang akademik:



-     Rata-rata pencapaian KKM semua mapel 6,62
-     Rata-rata pencapaian NUN  6,05
-     Rata2 pencapaian NUS  8,00
-     Rata-rata pencapaian KKM semua mapel 6,65
-     Rata-rata pencapaian NUN 6,30
-     Rata2 pencapaian NUS  8,10
0,095


0,25


0,1
b
Bidang non akademik:



-     Perolehan jumlah kejuaraan: 1 jenis/bidang pada tk kabupaten (olahraga)
-     Perolehan jumlah kejuaraan: 2 jenis/bidang pada tk kabupaten (olah raga dan Pramuka)
1 jenis

c
Kelulusan:



-     Persentase kelulusan  92,13 %
-     Persentase  kelulusan 95%
2,87%
d
Melanjutkan studi:



-     Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 80%
-     Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi 85%

5%
2
Standar Isi
Standar Isi

a
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1):



Tersusun Buku KTSP 1 bh
Tersusun Buku KTSP 1 bh
1 bh
b
Silabus:
Silabus:


-     Tersusun silabus 90 % mapel
-     Tersusun silabus 100% mapel
10 %

c
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):



- Tersusun RPP :90% dari semua mapel.

-          Tersusun RPP:100% dari semua mapel


10%
d
Pemetaan SK dan KD



- Tersusunnya pemetaan SK dan KD 60%

-    Tersusunnya pemetaan SK dan KD 100%

40%
3.
Standar Proses



a
Persiapan pembelajaran:

Persiapan pembelajaran:


-     Kepemilikan silabus oleh guru: 90% memiliki
-     Kepemilikan RPP oleh guru: 90% memiliki
-     Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 90%
-     Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 60%

-     Kepemilikan silabus oleh guru: 100% memiliki
-     Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki
-     Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 100%
-     Pengembangan perangkat instrumen untuk pemahaman guru terhadap karakteristik siswa: 100%

10%


10%


10%


10%















b
Persyaratan Pembelajaran



-     Jumlah siswa per rombel: 26 anak
-     Beban mengajar guru: 18 jam/minggu
-     Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks mapel 2:1
-     Pengelolaan kelas: 80%




-     Jumlah siswa maksimal per rombel: 32 anak
-     Beban mengajar guru: ≥ 24 jam/minggu
-     Ratio antara jumlah siswa dengan buku tekas mapel 1:1
-     Pengelolaan kelas: 90%




-

-


1 buku/siswa

10%
c
Pelaksanaan pembelajaran:



-     Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 80%
-     Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 80%
-     Penerapan CTL: 60%
-     Penerapan pembelajaran tuntas: 50%
-     Penerapan PAIKEM/PAKEM: 50%
-     Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 40%
-     Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 80%



-     Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh guru di kelas: 100%
-     Cakupan penerapan prinsip pembelajaran yang: eksploratif, elaboratir, dan konformatif: 100%
-     Penerapan CTL: 80%
-     Penerapan pembelajaran tuntas: 100%

-     Penerapan PAIKEM/PAKEM: 70%
-     Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 60%

-     Cakupan pelaksanaan penutup dalam pembelajaran: 100%


20%


20%




20%
50%


20%


20%


20%














d
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:


-         Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 60%
-     Variasi model penilaian 50 % kurang variatif
-     Pengolahan/analisis hasil penilaian: 50% berbasis TIK
-     Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 90 %
-     Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar: 70%
-     Variasi model penilaian: 70% variatif
-     Pengolahan/analisis hasil penilaian: 70 %

-     Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 95%

10%

20 %

20%


5%
e
Pengawasan proses pembelajaran:




-     Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 90%
-     Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 90%
-     Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 90%
-     Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 90%
-     Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 60%
-     Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 100%
-     Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 100%
-     Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 100%
-     Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran: 100%
-     Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran: 100%
10%



10%




10%



10%




40%



4
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:



a
Kepala sekolah:






-     Memiliki sertifikat Bahasa Inggris dari luar negeri
-     Menguasai TIK
-     kepemimpinan 100 % baik
-     Mampu melaksanakan  MBS 90 %
-     Memiliki kemampuan  kewirausahaan 80 % baik

-     Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 1 kali pertahun
-     administrasi sekolah 80% baik


-     Memiliki sertifikat pelatihan bahasa inggris
-     Kepemilikan sertifikat TIK
-     kepemimpinan 100 % baik

-     Mampu melaksanakan  MBS 100 %


-     Memiliki kemampuan  kewirausahaan 85 % baik
-     Melaksanakan supervisi, monitoring, dan evaluasi sekolah 2 kali
-     administrasi sekolah 85% baik


0

0
0
10%

5%


1 kali


5%
b
Guru: (bersifat rata-rata)
Guru: (bersifat rata-rata)


-     Kebutuhan guru 90 % terpenuhi
-     Kesesuaian ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 90 %
-     Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 70%
-     Mampu bahasa Inggris aktif  30%
-     Menguasai TIK: 70%
-     Memahami dan melaksanakan KTSP: 80%
-     Melaksanakan penelitian pendidikan: 30%
-     Mengikuti Pelatihan kepribadian: 10%
-     Melaksanakan Pengabdian masyarakat: 70%
-     Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 50%
-     Kompetensi lulusan guru S1/S2 100%
-     guru bersertifikasi profesi: 30%
-     guru yang memiliki komputer/laptop: 60%
-     Kebutuhan guru 95 % terpenuhi
-     Kesesuaian ijazah guru dengan bidang studi yang diajarkan 95 %
-     Mampu melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran dengan benar 80%
-     Mampu bahasa Inggris aktif  50%
-     Menguasai TIK: 80%
-     Memahami dan melaksanakan KTSP: 100%
-     Melaksanakan penelitian pendidikan: 35%
-     Mengikuti Pelatihan kepribadian: 50%
-     Melaksanakan Pengabdian masyarakat: 80%
-     Mengikuti Pelatihan PAIKEM/PAKEM : 100%
-     Kompetensi lulusan guru S1/S2 100%
-     guru bersertifikasi profesi: 35%
-     guru yang memiliki komputer/laptop: 70%
-      
5%

5%


10%



20%

10%
20%


20%

40%

10%


50%

0

20%

10%
c
Tenaga TU, Laboran, Pustakawan,:(bersifat rata-rata)




-     Jumlah tenaga TU berijazah sarjana 30 %
-     MenguasaiTIK: 80%
-     Menguasai bahasa Inggris: 15 %
-     Mengikuti Pelatihan dibidangnya: 60%
-     Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 10%
-     Jumlah tenaga TU berijazah sarjana 30 %
-     MenguasaiTIK: 90%
-     Menguasai bahasa Inggris: 30 %
-     Mengikuti Pelatihan dibidangnya: 100%
-     Pelatihan manajemen sesuai bidangnya: 100%
0

10%
15%

40%

90%
5
Standar Sarana dan Prasarana

Standar Sarana dan Prasarana

a
Sarana dan Prasarana Minimal

Sarana dan Prasarana Minimal


-     Ruang kepala sekolah: 16 m2

-     Ruang wakil KS  ada kurang standar
-     Ruang perpustakaan: tidak standar

-     Ruang Lab. IPA tidak standar
-     Gudang: 1

-     Ruang UKS: 1

-   Ruang BK : 1 belum standar
-   Ruang OSIS belum standar



-     Ruang kepala sekolah: min. 28 m2


-     Ruang wakil KS standar

-     Ruang  belum perpustakaan: standar

-     Ruang Lab. IPA: belum standar

-     Gudang: 1

-     Ruang UKS: 1

-          Ruang BK 1 belum standar

-          Ruang OSIS Standar


1


1

0


0


0


0

0

1


b
Sarana dan Prasarana Lainnya
Sarana dan Prasarana Lainnya


-     Belum memiliki ruang Lab. Bahasa
-     Ruang Lab. Komputer: tidak standar

-     Belum memiliki Ruang multi media: 0
-     Belum memiliki ruang pusat  pengembangan SIM
-     Ruang kantin: tidak standar (<10m2)
-     Memiliki ruang Lab. Bahasa belum standar
-     Ruang Lab. Komputer:  belum standar

-     Memiliki ruang multi media belum
-     Belum memiliki Ruang pusat pengembangan SIM

-     Ruang kantin:  ada standar
0

0


0

0


1
c
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian



-    Daya listrik rendah (1300W)
-    Komputer Guru: 1
-    Komputer TU: 2 buah
-    Komputer perpustakaan: 1

-    Komputer Lab IPA: tidak ada
-    Memiliki TV/VCD 2 set
-    LCD Proyektor tidak ada

-    Jaringan internet: tidak ada
-    Sarana olah raga: 60%
-    Belum Memiliki mesin pengganda

-        Daya listrik rendah (2600W)
-        Komputer Guru 1
-        Komputer TU: 2 buah
-        Komputer perpustakaan: 1
-        Komputer Lab IPA: 1

-        Memiliki TV/VCD 2 set
-                Memiliki LCD Proyektor 1 bh
-        Jaringan internet: belum ada
-        Sarana olah raga: 80%
-        Memiliki mesin pengganda

1300 watt

0
0
0

1

0
1

0

20%

1
6.
Standar Pengelolaan
Standar  Pengelolaan

a
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan rencana kerja/ kegiatan:


-     Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 60% sempurna
-     Dokumen PSB: 80% sempurna
-     Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 60% lengkap
-     Dokumen tata tertib sekolah: 90% lengkap
-     Dokumen kode etik sekolah : 50%
-     Dokumen penugasan guru: 80%
-     Dokumen administrasi ruang kelas : 80%
-     Dokumen administrasi ruang laboratorium dan keterampilan : 60%
-     Dokumen RPS (RKAS-1 dan RKAS-2) 100% sempurna

-     Dokumen PSB: 85% sempurna
-     Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 70%

-     Dokumen tata tertib sekolah: 95%
-     Dokumen kode etik sekolah: 70%
-     Dokumen penugasan guru: 85%
-     Dokumen administrasi ruang kelas : 85%
-     Dokumen administrasi ruang laboratorium dan keterampilan : 70%

40%


5%

10%


5%

20%

5%

5%

10%
b
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:


-     Struktur organisasi: 80% lengkap
-     Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 80%
-     Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 80%
-     Struktur organisasi: 90% lengkap
-     Dokumen pembagian tugas/kewenangan/tupoksi: 90%
-     Dokumen mekanisme fungsi/tugas organisasi: 85%
10%

10%


5%

c
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:


-     memiliki tim khusus dan berfungsi 80%
-     memiliki instrumen supervisi 80% lengkap
-     memiliki instrumen monitoring 80% lengkap
-     memiliki instrumen evaluasi 80% lengkap
-     memiliki instrumen akreditasi 80% lengkap
-     memiliki pelaporan supervisi 80% lengkap
-     memiliki pelaporan monitoring 80% lengkap
-     melakukan  pelaporan evaluasi 80%
-     melakukan pelaporan akreditasi internal 80%
-     Pendokumentasian:80% baik
-     Tindak lanjut: 60%
-     memiliki tim khusus dan berfungsi 100%
-     memiliki instrumen supervisi 100% lengkap
-     memiliki instrumen monitoring 100% lengkap
-     memiliki instrumen evaluasi 100% lengkap
-     memiliki instrumen akreditasi 100% lengkap
-     memiliki pelaporan supervisi 100% lengkap
-     memiliki pelaporan monitoring 100% lengkap
-     melakukan  pelaporan evaluasi 100%
-     melakukan pelaporan akreditasi internal 100%
-     Pendokumentasian:100% baik
-     Tindak lanjut: 80%
20%

20%

20%

20%

20%

20%

20%

20%

20%

20%

20%
d
Kemitraan dan peran serta masyarakat:



-     Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 90%
-     Dokumen program kerja komite sekolah: 60%
-     Kepengurusan komite sekolah: 80% lengkap
-     Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa:  Rp. 30.000/bulan
-     Kemitraan dengan pihak lain dua UKM
-     Dokumen keberadaan Komite Sekolah: 95%
-     Dokumen program kerja komite sekolah: 80%
-     Kepengurusan komite sekolah: 100% lengkap
-     Bantuan biaya pendidikan dari orang tua siswa: 40.000 rupiah/bulan
-     Kemitraan dengan pihak lain tigaUKM
5%

20%

20%

Rp. 10.000,-/bulan


1 UKM
e
SIM sekolah:
SIM sekolah:


-     Tidak terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah)
-     Tidak terpasang jaringan SIM
-     Terpasang PAS (Paket Aplikasi Sekolah): 100%
-     Terpasang jaringan SIM: 100%
100%

100%
7.
Standar Keuangan dan Pembiayaan


a
Sumber dana: 2 buah
Sumber dana:  4  buah
 2
b
Pengalokasian dana: 5 SNP
Pengalokasian dana: minimal 9 SNP
4
c
Penggunaan dana: 90% sesuai APBS
Penggunaan dana: 100% sesuai APBS
10%
d
Pelaporan penggunaan dana: 95%
Pelaporan penggunaan dana: 100%
5%
e
Dokumen pendukung pelaporan: 80%
Dokumen pendukung pelaporan: 100%
20%
8.
Standar  Penilaian Pendidikan:


a
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 90%
Frekuensi ulangan harian oleh guru tiap KD: 100%
10%
b
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 95% baik
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh guru: 100% baik
5%
c
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 90%
Cakupan materi ulangan akhir semester yang dilakukan sekolah: 100%
10%
d
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 95%
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh sekolah: 100%
5%
e
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 60% variatif
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru dalam pembelajaran: 100% variatif
40%
f
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 80%
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan harian: 100%
20%
g
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 80%
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan akhir semester: 100%
20%
h
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 80%

Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah untuk ulangan kenaikan kelas: 100%
20%
i
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 80% terpenuhi
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan oleh guru: 100%  terpenuhi
20%
j
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 90%
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan 100%
10%
9.
Budaya dan lingkungan sekolah.


a.
Budaya bersih.



-    Kesadaran budaya bersih 70%
-    Kesadaran budaya bersih 100%
30%
b.
Budaya disiplin.



-    Kesadaran guru mentaati peraturan 80%.
-    Kesadaran Staf Tata Usaha mentaati peraturan 80%.
-    Kesadaran siswa mentaati peraturan 70%.
-    Kesadaran guru mentaati peraturan 100%.
-    Kesadaran Staf Tata Usaha mentaati peraturan 100%.
-    Kesadaran siswa mentaati peraturan 100%.
20%

20%


30%
c.
Budaya tata krama “ in action”



-    Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 70%
-    Warga sekolah memahami dan melaksanakan tata krama 100%
30%
d.
Tamanisasi.



-    Memiliki taman 10% dari lahan kosong.
-    Memiliki taman 30% dari lahan kosong.
20%
e.
Pengembangan lomba-lomba kebersihan.



-    Melaksanakan lomba kebersihan 1 x pertahun
-Melaksanakan lomba kebersihan 2 x pertahun

1 kali








You Might Also Like

1 komentar: