Contoh : Program 8 Standar
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
1
|
Pemenuhan
Standar Kompetensi Lulusan
|
||||
a
|
Memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta
didik dengan memfasilitasi mereka berdasarkan kemampuan (equity)
|
1
|
Melakukan penyeleksian peserta didik
|
||
2
|
Penyeleksian bakat, minat, dan potensi peserta didik
untuk pengembangan diri
|
||||
b
|
Menyelenggarakan penguatan
dan pendalaman kompetensi peserta didik melalui “bimbingan test akademik”
|
1
|
Membuat Program bimbingan test akademik
|
||
2
|
Menyiapkan naskah test
|
||||
3
|
Tenaga pengajar
|
||||
4
|
Evaluasi (tryout)
|
||||
c
|
Membentuk tim mata pelajaran, khususnya
untuk mapel Sains, matematika, bahasa inggris, untuk pencapaian prestasi non akademik
|
1
|
Pembentukan tim mata pelajaran Sains
|
||
2
|
Pembentukan tim mata pelajaran Matematika
|
||||
d
|
Membangun jaringan masyarakat belajar (multi
level learning)
|
1
|
Membuat program jaringan belajar
|
||
2
|
Membentuk tim
|
||||
e
|
Meningkatan kemampuan ICT melalui mata
pelajaran TIK dan kegiatan pengembangan diri (ekstrakurikuler)
|
1
|
Menambahkan jam mata pelajaran ICT khusus pada
kemampuan internet
|
||
2
|
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penguasaan
multi media
|
||||
f
|
Menganalisis dan merumuskan SKL nasional
|
1
|
Workshop perumusan SKL
|
||
2
|
Finalisasi SKL SSN
|
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
2
|
Pemenuhan Standar Isi
|
||||
a
|
Pengembangan
KTSP dokumen 1
|
1
|
Membentuk Tim penyusun KTSP
|
||
2
|
Mengadakan Workshop dgn mengundang sekolah SSN
sbg nara sumber
|
||||
3
|
Meriview kurikulum
|
||||
4
|
Finalisasi Kurikulum
|
||||
b
|
Pengembangan silabus
dan rencana pelaksana pembelajaran
|
1
|
Membentuk Tim penyusun Silabus dan RPP
|
||
2
|
Mengadakan Workshop
|
||||
3
|
Meriview Silabus dan RPP
|
||||
4
|
Finalisasi Sibalus dan RPP
|
||||
c
|
Membuat
program pengembangan diri
|
1
|
Membentuk Tim penyusun program pengembangan diri
|
||
2
|
Mengadakan Workshop
|
||||
3
|
Meriview kurikulum
|
||||
4
|
Finalisasi Kurikulum
|
||||
d
|
Pengembangan kurikulum mata
pelajaran Sains, matematika, bahasa inggris yang mengarah kepada kurikulum
|
1
|
Menganalisis kurikulum mata pelajaran IPA dengan sains
|
||
2
|
Menganalisis kurikulum mata pelajaran matematika
|
||||
3
|
Menganalisis kurikulum mata pelajaran B. Inggris
|
||||
e
|
Pengembangan bahan ajar, modul, buku
|
1
|
Mengadakan Workshop penyusunan bahan ajar dan media pembelajaran untuk
seluruh guru
|
||
2
|
Memfasilitasi workshop atau kegiatan penyusunan melalui optimalisasi
penggunaan ruang teachers center (komputer, internet, scanner, printer, dsb)
|
||||
3
|
Finalisasi bahan ajar, modul, buku
|
||||
f
|
Pengembangan panduan penilaian
|
1
|
Menganalisis Standar Penilaian yang terdapat pada SNP dan melakukan adaptasi
penilaian bertaraf internasional melalui kegiatan MGMP sekolah
|
||
2
|
Menyusun dan merumuskan panduan penilaian untuk setiap mata pelajaran
|
||||
3
|
Pemenuhan
standar tenaga pendidik yang berkompeten
|
||||
a
|
Melaksanakan Inhouse Trainning
|
1
|
Melaksanakan in house trainning 1 tahun 2 kali
|
||
2
|
Pemberian Insentif
|
||||
3
|
Penyiapan materi
|
||||
b
|
Memperdayakan forum guru (MGMP)
|
1
|
Melaksanakan MGMP Sekolah
|
||
2
|
Penyiapan bahan-bahan diskusi
|
||||
c
|
Mengikutsertakan guru dalam pelatihan,
workshop, seminar/lokakarya baik
|
1
|
Mengikutsertakan guru dalam pelatihan
|
||
2
|
Mengikutsertakan guru dalam seminar
|
||||
3
|
Mengikutsertakan guru dalam lokakarya
|
||||
d
|
Mengikutsertakan guru untuk memperoleh sertifikasi
|
1
|
Melakukan kerjasama dengan Lembaga pemberi sertifikasi
|
||
2
|
Mengikuti kursus sertifikasi
|
||||
3
|
Transport peserta pelatihan
|
||||
e
|
Melaksanakan micro/peer
teaching secara berkala
|
1
|
Mengundang
|
||
2
|
Menyiapkan media dan sumber belajar
|
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
4
|
Pemenuhan standar sarana dan prasarana yang
mendukung pembelajaran
|
||||
a
|
Pengembangan ruang
penunjang (bahasa, komputer, biologi,
fisika, tata usaha, BK, OSIS dan perpustakaan) berbasis ICT (terkoneksi
internet)
|
1
|
Membangun jaringan internet untuk semua ruangan
|
||
2
|
Pembelian komputer untuk ruangan penunjang
|
||||
b
|
Pengembangan ruang teachers
center (pusat pengembangan kompetensi guru) dilengkapi dengan komputer yang
terkoneksi internet.
|
1
|
Pengadaaan sumber-sumber belajar berbasis elektronik
|
||
2
|
Pembelian komputer/ Laptop
|
||||
c
|
Pengembangan dan pemeliharaan
studi penyiaran dan pembelajaran
|
1
|
Pemeliharaan perangkat keras
|
||
2
|
Perbaikan instalasi
|
||||
3
|
Perbaikan perangkat audio
|
||||
f
|
Penataan sarana dan prasarana (termasuk infrastruktur)
sekolah
|
1
|
Merenovasi ornamen tampilan fisik sekolah
|
||
2
|
Mengembangkan taman dan kolam sekolah sebagai sumber belajar
|
||||
3
|
Merenovasi
WC yg standar
|
||||
4
|
Pengembangan
sarana olah raga
|
||||
g
|
Pengembangan ruang kelas
|
1
|
Pengadaan
mebeleir
|
||
2
|
Pengadaan
komputer kelas
|
||||
3
|
Pengadaan jaringan intranet
|
||||
4
|
Pengadaan
LCD Projektor
|
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
5
|
Pemenuhan standar proses
|
||||
a
|
Mengoptimalisasi penggunaan ruang lab
(biologi, fisika, bahasa, ICT) berbasis ICT dalam pembelajaran
|
1
|
Pembuatan jadwal kunjungan laboratorium
|
||
2
|
Pemberdayaan petugas laboran
|
||||
3
|
Pemberdayaan alat dan bahan
|
||||
4
|
Workshop pemberdayaan laboratorium
|
||||
5
|
Menyusun Prosedur penggunaan Laboratorium
|
||||
b
|
Menciptakan pembelajaran
aktif dan menyenangkan.
|
1
|
Workshop pembelajaran aktif dan menyenangan
|
||
2
|
Pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar
|
||||
3
|
Outdoor learning
|
||||
4
|
Out Bond
|
||||
c
|
Pembelajaran dengan
memanfaatkan sumber-sumber belajar misalnya mengakses melalui jaringan
internet.
|
1
|
Pemanfaatan internet sebagai sumber belajar
|
||
2
|
Pemanfaatan CD pembelajaran
|
||||
3
|
workshop pengembangan sumber belajar berbasis ICT
|
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
6
|
Pemenuhan standar pengelolaan
|
||||
a
|
Membuat rencana kegiatan dan anggaran sekolah
|
1
|
Membentuk Tim
|
||
2
|
Mengadakan Workshop penyusunan
|
||||
3
|
Review program
|
||||
4
|
Finalisasi Program
|
||||
b
|
Mengembangkan sistem administrasi sekolah berbasis ICT
|
1
|
Perbaikan jaringan komputer TU
|
||
2
|
Pembelian/pembuatan perangkat lunak administrasi
sekolah tambahan
|
||||
c
|
Penataan sarana dan prasarana (termasuk infrastruktur)
sekolah
|
1
|
Mengadakan sosialisasi/ Workshop
|
||
2
|
Mengundang dan musyawarah dengan komite
|
||||
3
|
Membentuk Tim dan pelaksanaan
|
||||
d
|
Membuat program supervisi pelaksanaan program pembelajaran
|
1
|
Membentuk Tim
|
||
2
|
Membuat program
|
||||
3
|
Membuat instrumen supervisi
|
||||
f
|
Membuat program monitoring dan evaluasi
|
1
|
Membentuk Tim
|
||
2
|
Membuat program
|
||||
3
|
Membuat instrumen monitoring dan evaluasi
|
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
7
|
Pemenuhan
standar pembiayaan
|
||||
a
|
Sumber dana pendidikan
|
1
|
Mengelola bantuan pembiayaan operasional yang bersumber dari
pemerintah (APBN dan APBD) sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan
|
||
2
|
Mengikutsertakan masyarakat dalam pembiayaan sekolah, sebagai
pengawasan mutu dan keterlibatan masyarakat untuk rasa memiliki serta citra
mutu.
|
||||
3
|
Mengikutsertakan orang tua untuk berperan serta dalam pembiayaan
sekolah khususnya pada pembiayaan kegiatan pengembangan diri bari peserta
didik
|
||||
b
|
Pengalokasian dana
|
1
|
Pembiayaan yang terprogram sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan untuk
pengembangan sekolah minimal pembiayaan untuk memenuhi standar nasional pendidikan
|
||
c
|
Penggunaan dana
|
1
|
Penggunaan dana sesuai dengan rambu-rambu dan aturan yang terdapat
pada petunjuk penggunaan dana baik yang bersumber dari pemerintah (BOS,) mau
yang bersumber dari orang tua siswa
|
||
d
|
Pelaporan penggunaan dana
|
1
|
Laporan disusun berdasarkan penggunaan yang ril dan dilaporkan kepada
pihak terkait (sebagai sumber dana) baik pemerintah maupun masy dilakukan
secara periodik.
|
||
e
|
Dokumen pendukung pelaporan penggunaan dana
|
1
|
Pengarsipan dokumen dalam bentuk hardcopy dan softcopy
|
||
f
|
Pendapatan unit usaha sekolah
|
1
|
Pemberdayaan Koperasi sekolah sebagai lalu lintas transaksi dan usaha
perdagangan di sekolah
|
||
2
|
Pengelolaan kantin sekolah
|
||||
No.
|
Program Strategis
|
Strategis Pelaksanaan
|
Ket.
|
||
8
|
Pemenuhan Standar
Penilaian
|
||||
a
|
Pengembangan pedoman dan
model evaluasi dan penilaian
|
1
|
Pengadaan buku pedoman penilaian
|
||
2
|
Membuat perangkat penilaian
|
||||
b
|
Pengembangan instrumen atau soal-soal untuk
berbagai model evaluasi dan penilaian
|
1
|
Penyusunan pengembangan
indikator soal (kisi-kisi soal)
|
||
2
|
Pembuatan bank soal
|
||||
c
|
Implementasi evaluasi dan penilaian: ulangan harian,
ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ulangan kenaikan kelas,
ujian sekolah, ujian nasional.
|
1
|
Pelaksanaan Ulangan Harian
|
||
2
|
Pelaksanaan ulangan tengah semester
|
||||
3
|
Pelaksanaan ulangan akhir semester
|
||||
4
|
Pelaksanaan ulangan kenaikan kelas
|
||||
5
|
Pelaksanaan ujian sekolah
|
||||
6
|
Pelaksanaan ujian nasional
|
||||
9
|
Pengembangan Budaya dan Lingkungan
Sekolah
|
||||
a
|
Budaya bersih
|
1
|
Pelaksanaan jumat bersih
|
||
2
|
Piket harian peserta didik
|
||||
3
|
Optimalisasi petugas
kebersihan
|
||||
4
|
Lomba Kebersihan antar kelas
|
||||
b
|
Lingkungan sehat, asri,
indah, rindang, sejuk, (tamanisasi)
|
1
|
Pemeliharaan taman dan kolam
|
||
2
|
Penghijauan lahan sempit
|
||||
c
|
Sistem sanitasi/drainasi
Budaya tata krama “in
action”
|
1
|
Renovasi kamar mandi
bertaraf internasional
|
||
2
|
Penyedotan WC berkala
|
||||
3
|
Perluasan Septic Tanx
|
||||
d
|
Kerjasama dengan Puskesmas
|
1
|
Penyuluhan Kesehatan dan kebersihan
|
Ungguhan ini sangat bermanfaat, terimakasih sudah membantu
BalasHapusTERIMA KASIH, SANGAT MEMBANTU
BalasHapus