MODUL
Modul
1. Pengertian
Modul
a. Suatu unit bahan yang dirancang secara
khusus sehingga dipelajarai oleh pelajar secara mandiri.
b. Merupakan program pembelajaran yang utuh,
disusun secara sistematis, mengacu pada tujuan pembelajaran yang jelas dan
terukur.
c. Memuat tujuan pembelajaran, bahan dan kegiatan
untuk mencapai tujuan serta evaluasi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran.
d. Biasanya digunakan sebagai bahan belajar mandiri
.
2. Komponen Modul
a.
Modul untuk siswa, berisi kegiatan belajar yang
dilakukan siswa.
b.
Modul Untuk Guru, berisi petunjuk guru, tes akhir modul, dan
kunci jawaban tes akhir modul.
3. Karakteristik
Modul
a. Dirancang untuk sistem pembelajaran mandiri.
b. Program pembelajaran yang utuh dan sistematis.
c. Mengandung tujuan, bahan/kegiatan dan evaluasi.
d. Disajikan secara komunikatif, dua arah.
e. Diupayakan agar dapat mengganti beberapa peran
pengajar.
f.
Cakupan bahasan terfokus
dan terukur.
g. Mementingkan aktifitas belajar pemakai.
4. Struktur Modul
a. Pendahuluan
Pendahuluan
setidaknya memuat lima elemen, yaitu
1) Tujuan
2) Pengenalan
terhadap topik yang akan dipelajari
3) Informasi
tentang pelajaran
4) Hasil
Belajar
5) Orientasi
b.
Kegiatan Belajar
Struktur Kegiatan Belajar meliputi
Kegiatan Belajar
I: Judul
1) Tujuan
2) Materi Pokok
3) Uraian materi, berisi penjelasan, contoh, ilustrasi,
aktivitas, tugas/latihan, rangkuman
4) Tes Mandiri 1
Kegiatan Belajar 2 : Judul, struktur seperti
Kegiatan Belajar I.
Bentuk Aktivitas
Belajar, antara lain:
1) Aktivitas Mental/Pikiran (aktivitas yang
bersifat memotivasi untuk berfikir)
Contoh:
2) Aktivitas Membaca/Menulis (aktivitas yang
bersifat memotivasi untuk mau membaca dan menjawab pertanyaan secara tertulis).
Contoh:
3) Aktivitas Melakukan Tindakan Lain (aktivitas
yang bersifat memotivasi untuk melakukan kegiatan, penelitian, praktikum,
observasi, demonstrasi, tugas pekerjaan rumah). Contoh aktivitas ini berupa
tugas melakukan pekerjaan dan praktikum.
c.
Penutup
1)
Salam, Rangkuman, aplikasi, tindak lanjut, kaitan dengan modul
berikutnya
2)
Daftar Kata Penting
3)
Daftar Pustaka
4)
Kunci Tes Mandiri
Modul yang baik
baik ditentukan berdasarkan:
a) kecermatannya (accuracy);
b) ketepatannya (matching);
c) kecukupannya (sufficiency);
d) keterbacaannya (readability);
e) bahasanya (fluency);
f)
illustrasinya (attractiveness);
g) perwajahannya (impression).
5. Bahasa
dalam modul
1)
Gunakan bahasa percakapan, bersahabat, komunikatif
2)
Buat bahasa lisan dalam bentuk tulisan
3)
Gunakan sapaan akrab yang menyentuh secara pribadi ( Kata ganti )
4)
Pilih kalimat sederhana, pendek, tidak beranak cucu
5)
Hindari istilah yang sangat asing dan terlalu teknis
6) Hindari kalimat pasif dan negatif ganda
7) Gunakan pertanyaan retorik
8) Sesekali bisa digunakan kalimat santai, humor,
ngetrend
9) Gunakan bantuan ilustrasi untuk informasi yang
abstrak
10) Berikan ungkapan pujian, memotivasi
11) Ciptakan kesan modul sebagai bahan belajar yang
hidup
6. Penyajian Materi dalam Modul
Materi disajikan secara naratif,
deskriptif, argumentatif, dan Illustratif. Beberapa kiat lain terkait penyajian
materi ini adalah sebagai berikut.
a. Gunakan Pertanyaan Retorik
Contoh:
0 Komentar Tog Bhe Maseh: