PROGRAM REMIDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN
PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : SMP
Negeri 1 Sejangkung
Kelas / Semester
:
VII (Tujuh) / Ganjil
Mata
Pelajaran
: IPS
Ulangan Harian
ke
: 1
Tanggal Ulangan
Harian : ………………….
Bentuk Soal
UH
: Uraian
Materi UH
(KD/Indikator) :
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi,
proses
pembentukan,
dan dampaknya terhadap kehidupan.
1. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
2. Mendeskripsikan
proses alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
3. Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
4. Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
5. Mendeskripsikan proses pelapukan
6. Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya,
dampaknya.
7. Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
8. Mengidentifikasi
dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
Rencana
Ulangan Remidial : ...........................
KKM : 70
KKM : 70
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang tidak dikuasai
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran
Remidial
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalam
Tes Remidial
|
Nilai Tes Rem
|
Ket.
|
( 1 )
|
( 2 )
|
( 3 )
|
( 4 )
|
( 5 )
|
( 6 )
|
(7)
|
(8)
|
1.
|
|
|
Diberikan Tugas khusus
|
||||
2.
|
|
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
|
||||
3.
|
|
|
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Kelompok
|
||||
4.
|
|
|
Tugas Rumah
|
||||
5.
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
||||
|
|
|
|
Sejangkung,
2013
Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Ijang Kurnia, M.Pd
NIP.
19680323 199702 1 004
Keterangan :
·
Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan
1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
Misalnya : Indikator 2 menjadi 2 soal
yaitu nomor 1, 2
Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor
3, 4
·
Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya
digunakan untuk menentukan tercapai atau tidak tercapainya dari siswa
yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas
ketuntasan. Artinya bahwa siswa yang remidial memperoleh nilai setelah
remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran
Remedial
1.
Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian
bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau
mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian
tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya
penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk
penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan
cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan
rangkuman yang sederhana, dll.)
c.
Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.
Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program
remedial diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tercapai.
b. Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan KD
tertentu atau sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik
pelaksanaan penugasan/pembelajaran remedial:
v Penugasan
individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang
mengikuti remedial maksimal 20%.
v
Penugasan
kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta
didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran
ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang
mengikuti remedi lebih dari 50 %.
PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah : SMP Negeri 1
Sejangkung
Kelas / Semester
: VII
(Tujuh) / Ganjil
Mata
Pelajaran
: IPS
KKM
: 70
Bentuk Soal
UH
: Uraian
Materi UH
(KD/Indikator) :
1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi,
proses
pembentukan,
dan dampaknya terhadap kehidupan.
1. Mengidentifikasi
bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
2. Mendeskripsikan
proses alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
3. Mendeskripsikan
gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
4. Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
5. Mendeskripsikan proses pelapukan
6. Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya,
dampaknya.
7. Memberikan
contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
8. Mengidentifikasi
dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
No.
|
Nama
Siswa
|
Nilai
Ulangan
|
Bentuk
Pengayaan
|
1.
|
|
|
1. 1. Memberikan
soal-soal yang berkaitan dengan bentuk muka bumi
2. 2. Memanfaatkan siswa yang tidak
diremidial untuk menjadi Tutor Sebaya
|
2.
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
6
|
|
|
|
7
|
|
|
|
8
|
|
|
|
9
|
|
|
|
Sejangkung, 2013
Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Ijang Kurnia, M.Pd
NIP.
19680323 199702 1 004
Pelaksanaan Program Pengayaan
1. Cara yang dapat ditempuh:
a. Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan
memperluas wawasan bagi KD tertentu
b. Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model,
grafik, bacaan, dll.
c.
Memberikan soal-soal latihan
tambahan yang bersifat pengayaan
d. Membantu guru dalam membimbing
teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2. Materi
dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan diberikan
sesuai dengan KD-KD atau indikator yang dipelajari , bisa berupa
penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
·
Setelah mengikuti tes/ulangan
KD tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
·
Pada saat
pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman
lainnya maka dilayani dengan program pengayaan
Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,
kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil
belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran
biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai
tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.
0 Komentar Tog Bhe Maseh: