Efektivitas
Mengajar Guru
Menurut
Sardiman (2000:123) Guru adalah salah satu komponen manusiawi dalam proses belajar
mengajar yang ikut berperan dalam usaha pembentukan sumbr daya manusia yang
potensial di bidang pembangaunan. Berdasarkan
pengertian guru di atas maka dapat
ditarik suatu kesimpulan bahwa Guru adalah seseorang yang memiliki wewenang dan
bertanggungjawab untuk mendidik dan mengajar peserta didik, baik secara
individual maupun secara klasikal yang berlangsung baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
Efektivitas, dalam
suatu kegiatan belajar mengajar ada target bahan ajar yang harus dicapai oleh
setiap guru di sekolah, yang didasarkan pada kurikulum yang berlaku saat itu.
Jumlah bahan ajar yang banyaknya terangkum dalam kurikulum yang seringkali
tidak sepadan dengan porsi waktu yang tersedia pada hari efektif. Disisi lain
semua guru dituntut untuk bisa mencapai target tersebut. Untuk itu perlu adanya
strategi efektivitas mengajar guru yang dilaksanakan di sekolah
Mengingat
tugas dan peran seorang guru yang sangat besar dan merupakan unsur yang sangat
penting dalam bidang pendidikan, maka seorang guru harus mampu menempatkan
kedudukannya sebagai tenaga yang profesional, sesuai dengan tututan dari
masyarakat yang semakin berkembang. Sebagai seorang pendidik, guru bertugas
mengajar dan menanamkan nilai-nilai dan sikap kepada siswanya, untuk
melaksanakan tugas tersebut seorang guru harus memiliki berbagai kompetensi dan
kepribadian yang menarik.
Mengajar
merupakan aktivitas mentransfer ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh seorang
guru dan peserta didik selaku penerima ilmu pengetahuan tersebut. Untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan diperlukan adanya proses pembelajaran
yang dilakukan oleh guru berlangsung secara efektif. Di bawah ini akan
diuraikan ciri-ciri mengajar yang efektif sebagai panduan bagi guru dalam
melaksanakan praktik pengajaran di kelas.
Menurut
Moh. Uzer Usman (2010:21) terdapat lima variabel yang mendukung terciptanya
kondisi belajar-mengajar yang efektif, yaitu (a) Melibatkan siswa secara aktif,
(b) Menarik minat dan perhatian siswa, (c) Membangkitkan motivasi siswa, (d)
Prinsip Individualitas, (e) Peragaan dalam pembelajaran.
Menurut
Nasution (2009:1100 ) ciri-ciri guru yang efektif dalam melakukan pengajaran di
kelas, yaitu: (a) Memulai dan mengakhiri pelajaran tepat waktu, (b) Mengemukakan tujuan pelajaran pada
permulaan pelajaran, (c) Menyajikan pelajaran baru langkah demi langkah dan
memberi latihan pada akhir setiap langkah, (d) Mengajukan banyak pertanyaan dan
berusaha memperoleh jawaban dari semua atau sebanyak-banyaknya siswa untuk
mengetahui pemahaman setiap siswa, (e)..Memantau
kemajuan siswa, member balikan yang sistematis dan memperbaiki setiap
kesalahan, (f) Mengadakan evaluasi berdasarkan tujuan yang telah ditentukan.
Sedangkan menurut Chris Kyriacou (2009:26) terdapat
beberapa karakteristik pengajaran yang efektif, yaitu: (a) Jelasnya keterangan
dan petunjuk guru, (b) Terbangunnya iklim ruang kelas yang berorientasi
tugas,(c) terbentuknya dan terpeliharanya momentum dan gerak langkah pelajaran,
(d) Pemantauan kemajuan peserta didik dan pemenuhan kebutuhan peserta didik
dengan cepat, (e)..Penyampaian pelajaran yang
terstruktur dengan baik dan terorganisasi dengan baik
Guru hendaknya dapat menjadi guru yang benar-benar
professional, tidak hanya professional dengan mendapatkan sertifikat pendidik,
tetapi lebih jauh lagi professional secara keilmuan dan praktik di lapangan.
Sebab dengan profesionalisme yang dimiliki akan meningkatkan kepuasan kerja
serta harkat dan martabat guru itu sendiri.
0 Komentar Tog Bhe Maseh: