Soal Uji Kompetensi Pengawas Sekolah
PETUNJUK
1.
Buku naskah soal uji kompetensi ini memiliki ”No. Seri
Soal”. Tuliskan nomor seri soal pada lembar jawaban yang telah disediakan.
2.
Jumlah soal sebanyak 70
butir, semuanya harus dijawab
dalam waktu 60 menit.
3.
Jawaban dikerjakan pada lembar jawaban yang telah
disediakan dengan menggunakan pensil 2B.
4.
Isi nama lengkap dan identitas peserta tes pada kolom
yang disediakan, sebelum mulai mengerjakan soal.
5.
Anda diminta memilih salah satu jawaban dengan cara
menghitamkan bulatan pada huruf (a), (b), (c), atau (d)
yang menurut Anda paling tepat sebagai jawaban atas
pertanyaan/pernyataan yang diajukan.
1.
Mutu penyelenggaraan
pendidikan nasional dapat dilihat berdasarkan pelaksanaan delapan standar
nasional pendidikan di setiap sekolah. Tugas yang harus dilakukan oleh pengawas
sekolah sehubungan dengan delapan standar nasional di sekolah pendidikan
adalah:
a.
Menilai kemampuan kepala sekolah dalam mengad-ministrasikan delapan standar nasional
pendidikan di sekolahnya
b.
Membina guru agar dapat melaksanakan standar nasional pendidikan di
sekolahnya.
c.
Memfasilitasi sarana dan prasana sekolah untuk menunjang pelaksanaan standar
nasional pendi-dikan di sekolah binaan
d. Memantau
pelaksanaan delapan standar nasional pendidikan di sekolah binaan
2.
Pengawas sekolah pada satuan pendidikan manapun di lingkungan pendidikan
dasar dan menengah berkewa-jiban melaksanakan pengembangan kompetensi
berke-lanjutan yang dapat dilakukan dengan cara:
a. Mengikuti pelatihan kompetensi yang dilaksanakan oleh
lembaga diklat seperti LPMP, P4TK
b.
Mengikuti kegiatan
seminar yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi kependidikan.
c.
Menyelenggarakan
lokakarya peningkatan kompe-tensi pengawas sekolah secara berkelanjutan
d.
Belajar sendiri
berbagai imu pengetahuan dan tekno-logi yang menunjang kompetensi pengawas
sekolah
3.
Kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kemam-puan profesional guru
adalah sertifikasi pendidik melalui PLPG di lembaga pendidikan tenaga
kependidikan. Tugas pengawas sekolah selanjutnya terhadap guru yang bersertifikat
adalah:
a.
Membina guru agar
mempraktekan materi pelatihan yang diperoleh di PLPG
b.
Meminta kepala sekolah
untuk menilai kemampuan guru melaksanakan pembelajaran
c.
Memantau
pelaksanaan tugas pokok dan tanggung jawabnya sebagai guru profesional
d. Meningkatkan disiplin dan kinerja guru dalam melaksanakan tugas pokoknya
4.
Pengawas sekolah
berkewajiban melihat kelebihan dan kekurangan pelaksanaan delapan standar
nasional pendidikan pada sekolah binaannya. Untuk itu, upaya yang harus
dilakukan pengawas sekolah adalah :
a.
Mendorong sekolah
melakukan akreditasi sekolah
b.
Menilai kinerja
sekolah
c.
Mendorong
kepala sekolah melakukan evaluasi diri sekolah
d.
Menilai fasilitas
sekolah yang mendukung pelaksa-naan standar nasional pendidikan
5.
Tugas pokok pengawas
sekolah sebagaimana dituang-kan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
Birokrasi No. 21 Tahun 2010 Tentang Jabatan fungsional pengawas sekolah dan
angka kreditnya adalah:
a.
Melaksanakan
pengawasan manajerial bagi penga-was satuan pendidikan
b.
Melaksanakan
pengawasan akademik bagi penga-was sekolah rumpun mata pelajaran
c.
Melaksanakan
pengawasan dan pelatihan kemam-puan profesional guru
d.
Menyusun karya tulis
ilmiah dalam rangka memenuhi angka kredit
6.
Peran pengawas sekolah
sebagai anggota organsasi profesi (Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia) dapat
ditingkatkan dengan cara:
a.
Memberikan bantuan
tenaga dan dana untuk kelangsungan organisasi
b. Tercatat sebagai pengurus organisasi
c.
Memberikan
ide-ide pembaharuan aktivitas organi-sasi di bidang kepengawasan
d. Aktif pada setiap kegiatan yang dilaksanakan orga-nisasi profesi
7.
Keterampilan yang
harus dikuasai pengawas sekolah agar dapat menjalin hubungan dengan berbagi
pihak adalah:
a.
Teknik berkomunikasi
b.
Teknik
berkolaborasi
c.
Teknik bernegoisasi
d.
Teknik berkooperasi
8.
Salah satu indikator
keberhasilan pengawas sekolah dalam membina hubungan dengan stakeholders pendi-dikan adalah:
a.
Dapat meyakinkan orang
lain.
b. Kehadirannya di sekolah senantiasa dinantikan oleh guru
dan kepala sekolah.
c.
Apa yang disampaikan
pengawas sekolah sangat berati bagi guru dan kepala sekolah
d.
Penampilan pengawas
sekolah menarik perhatian guru dan kepala sekolah
9.
Bidang ipteks yang
harus dikuasai pengawas sekolah agar dapat menunjang kompetensi sosial adalah:
a.
Psikologi sosial
b.
Sosiologi Pendidikan
c. Teknologi Informasi dan Komunikasi
d.
Manajemen Sumber Daya
Manusia
10. Organisasi profesi pengawas sekolah akan menunjang kemampuan profesional
para anggotanya apabila:
a.
Menyusun berbagai
instrumen pengawasan yang diperlukan anggotanya
b.
Menjalin hubungan
dengan berbagai pihak untuk kemajuan organsasi
c.
Melakukan berbagai
kegiatan di bidang kepenga-wasan
d. Memiliki program peningkatan kompetensi penga-was sekolah
11.
Pengertian supervisi pendidikan sebagai
pengetahuan yang harus dikuasai pengawas sekolah adalah:
a.
Metode dan teknik
pengawasan di sekolah
b.
Bantuan profesional kepada guru dan kepala
sekolah
c.
Pemeriksaan dan pengontrolan tugas guru dan kepala sekolah
d.
Materi yang menunjang
kompetensi pengawas sekolah
12. Manakah
yang termasuk supervisi manajerial diantara
pernyataan di bawah ini:
a.
Membina staf sekolah dalam penyelenggaraan
pendidikan yang bermutu
b.
Membina guru dalam upaya mempertinggi mutu
pembelajaran
c. Bantuan profesional dalam melaksanakan adminis-trasi dan pengelolaan sekolah
d.
Melatih guru, kepala
sekolah dan dalam bidang inovasi pendidikan
13.
Teknik supervisi yang
tepat digunakan dalam mening-katkan kinerja sekolah adalah:
a.
Rapat dengan guru, kepala sekolah dan seluruh staf sekolah
b.
Kunjungan
kelas untuk melihat proses belajar siswa
c.
Wawancara dengan
berbagai pihak yang terkait dengan pendidikan
d.
Observasi guru
mengajar di kelas
14.
Supervisi manajerial
terlihat dari kegiatan pengawas di bawah ini, kecuali:
a.
Mendampingi kepala
sekolah dalam melaksanakan inovasi pendidikan
b.
Memantau kinerja
kepala sekolah dalam malaksanakan administrasi sekolah
c.
Menilai kepala sekolah
dalam meningkatkan kualitas kerja guru dan staf sekolah
d. Melaksanakan akreditasi sekolah
15.
Belum optimalnya
kinerja guru memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan belajar di sekolah
berkaitan dengan kemampuan kepala sekolah dalam memenuhi:
a.
Standar isi dan
kompetensi lulusan
b.
Standar
proses
c.
Standar sarana dan
prasarana pendidikan.
d.
Standar penilaian
pendidikan
16. Di bawah ini adalah kegiatan
pengawas sekolah dalam melaksanakan supervisi manajerial, kecuali:
a. Memantau pelaksanaan delapan
standar nasional pendidikan
b. Menilai kinerja kepala
sekolah dan staf sekolah
c. Melatih kemampuan
profesional tenaga administasi
d. Melatih
kemampuan profesional guru
17.
Salah satu indikator
dari keberhasilan tugas pengawas sekolah adalah:
a. Meningkatnya
jumlah guru yang berpendidikan sarjana di sekolah binaan
b. Meningkatnya
kompetensi kepala sekolah yang dibinanya
c. Meningkatnya mutu pendidikan pada sekolah binaannya
d. Meningkatnya inovasi pendidikan
yang dilaksa-nakan di sekolah binaan
18.
Salah satu kebijakan
pendidikan dalam rangka menca-pai efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas
pendidikan adalah diberlakukannya:
a. Sistem penjaminan
mutu pendidikan
b. Evaluasi diri
sekolah
c. Manajamen pendidikan berbasis sekolah
d. Pengembangan
kompetensi berkelanjutan
19.
Di bawah ini adalah
beberapa ciri sekolah yang telah
melaksanakan pengelolaan pendidikan dengan model
manajemen berbasis sekolah, kecuali:
a. Sekolah memiliki visi misi dan tujuan yang
jelas
b. Sekolah memiliki rencana kerja jangka menengah
c. Sekolah memilki
program pengawasan dan evaluasi
d. Sekolah memiliki
struktur organsasi yang kuat dan kompak
20. Kompetensi supervisi manajerial yang
harus dikuasai pengawas sekolah salah satunya adalah mampu;
a. Menyusun metode
kerja dan instrumen yang diperlukan untuk melaksanakan pengawasan
b. Menguasai
pengetahuan tentang kependidikan dan aplikasinya dalam mengelola satuan pendidikan.
c. Mampu memotivasi
guru, kepala sekolah dan staf sekolah agar dapat melaksanakan tugas pokoknya.
d. Memantau
pelaksanaan kurikulum dan pembela-jaran berdasarkan standar isi dan standar
proses
21. Di bawah ini adalah
kompetensi supervisi akademik yang harus dikuasai pengawas sekolah, kecuali:
a. Menguasai
konsep, prinsip dan teori tentang
pembelajaran/pembimbingan.
b. Menguasai
konsep, prinsip dan teori tentang penilaian pendidikan.
c. Membimbng guru
dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran.
d. Membimbing guru
dalam memilih dan menggu-nakan strategi pembelajaran
22.
Supervisi akademik
adalah bantuan profesional kepada guru dalam mempertinggi mutu proses
pembelajarn yang dapat dilakukan pengawas sekolah melalui:
a. Rapat dinas
dengan guru pada setiap awal smester
b. Studi banding
pengelolaan pendidikan di sekolah yang berhasil
c. Observasi
kelas pada saat guru sedang mengajar.
d. Lokakarya
penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran
23.
Dalam melakukan
supervisi akademik acuan yang paling relevan digunakan pengawas sekolah adalah:
a. Standar
kompetensi lulusan
b. Standar isi
c. Standar pen
ilaian
d. Standar
proses
24.
Silabus dan RPP
sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
a. Silabus
berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk
mencapai kompetensi dasar
b. Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari
standar kompetensi lulusan
c. RPP dibuat oleh setiap guru,
sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
d. RPP dan silabus
keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
25.
Salah satu prinsip
dalam penyusunan rencana pelaksa-naan pembelajaran (RPP) adalah
a. Materi atau
bahan ajar berbasis kompetensi
b. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
c. RPP bersumber
dari silabus
d. Alokasi waktu
sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
26.
Standar proses
menetapkan bahwa untuk satu rombongan belajar dalam pelaksanaan pembelajaran di SMA sebanyak
..... peserta didik.
a. 28
b. 30
c. 32
d. 34
27.
Tujuan pembelajaran
yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh
peserta didik sesuai dengan
kompetensinya dimuat dalam:
a. Silabus
b. RPP
c. Silabus dan RPP
d. SKL
28.
Supervisi pembelajaran
dilaksanakan oleh pengawas sekolah melalui kegiatan
a. Pemantauan
proses pembelajaran pada tahap pelaksanaan pembelajaran
b. Pemantauan
proses pembelajaran pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran
c. Pemantauan proses pembelajaran
pada tahap pelaksanaan dan penilaian hasil pembelajaran
d. Pemantauan
proses pembelajaran pada tahap peren-canaan, pelaksanaan dan penilaian hasil
belajar.
29. Bidang
ilmu dan teknologi yang harus dikuasai pengawas sekolah untuk dapat
melaksanakan supervisi akademik adalah;
a. Administrasi kurikuum
b. Manajemen pendidikan
c. Teknologi
pembelajaran
d. Bimbingan
Konseling
30.
Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru
menjadi salah satu tugas pengawas sekolah yang dapat dilakukan melalui;
a. Pelatihan
kompetensi guru
b. Pelatihan
guru dalam strategi pembelajaran
c. Pelatihan guru dalam penyusunan silabus dan RPP
d. Pelatihan
guru dalam pengelolaan pembelajaran
31.
Dalam mengunakan media dan alat bantu mengajar,
guru sebaiknya memperhatikan beberapa
faktor di bawah ini, kecuali satu yakni;:
a. Metode mengajar yang
digunakan guru
b. Karakteristik bahan ajar
c. Waktu yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
d. Buku sumber yang
digunakan dalam pembelajaran
32. Faktor
yang penting dipertimbangkan guru dalam
melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses
pembelajaran adalah:
a. Waktu yang tersedia untuk
melaksanakan diskusi
b. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
c. Jumlah
peserta didik yang mengikti pembelajaran
d. Motivasi belajar siswa
33.
Hal yang harus dikuasai pengawas dalam membina
guru agar mampu melaksanakan proses pembelajaran adalah:
a. Strategi
pembelajaran yang efektif
b. Berbagai inovasi pembelajaran
c. Penguasaan guru tentang bahan ajar
d. Teknik penilaian dalam pembelajaran
34.
Pengetahuan yang harus dikuasai pengawas agar
dapat membina guru dalam mengembangkan
media dan alat bantu pembelajaran adalah:
a. Manfaat media dan alat
bantu pembelajaran
b. Pengggunaan
media dan alat bantu pembelajaran
c. Jenis dan model-model media pembelajaran
d. Karakteristik perkembangan
peserta didik
35.
Kemampuan yang paling penting dimiliki guru tentang media dan alat bantu
pembelajaran adalah:
a. Memilih bahan untuk membuat
media/alat bantu
b. Membuat
media dan alat bantu sederhana
c. Menggunakan media dan alat
bantu
d. Merawat media dan alat
bantu
36.
Keterampilan
guru dalam menulis butir soal sebagai alat untuk mengukur hasil belajar
peserta didik dapat diketahui pengawas sekolah melalui kegiatan:
a. Pertemuan dengan guru membahas
cara membuat butir soal
b. Kunjungan kelas
melihat bagaimana guru menga-jukan pertanyaan
c. Diskusi dengan guru tentang
penilaian hasil belajar siswa
d. Pendampingan
guru dalam menyusun butir soal
37.
Tindakan yang paling tepat dilakukan pada saat
siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan adalah:
a. Mengulang kembali bahan
yang diajarkan
b. Memberikan tugas agar siswa mempelajari bahan yang belum dipahami
c. Memberikan buku sumber untuk dipelajari siswa
d. Membantu setiap siswa yang
mengalami kesulitan
38.
Langkah pertama yang harus dilakukan guru BK
dalam melaksanakan tugasnya sebagai guru pembimbing adalah;
a. Menemukenali
berbagai masalah yang dihadapi siswa
b. Membedakan siswa yang
bermasalah dengan yang tidak bermasalah
c. Memberikan saran pemecahan masalah pada siswa
d. Menetapkan teknik bimbingan
yang paling sesuai
39.
Untuk menentukan tindak lanjut
pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
a. Menilai tingkat pencapaian
hasil belajar siswa
b. Menambah
bahan pelajaran baru
c. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti
program tindak lanjut
d. Memilih waktu yang tepat untuk
melaksanakan program tindak lanjut
40. Bila anda sebagai guru menemukan peserta didik mengalami kesulitan
memahami materi pelajaran
yang diberikan, tindakan apa yang akan
dilakukan ?
a. Memindahkan tempat duduk peserta didik ke meja yang paling depan
b. Mengulangi penjelasan bahan ajar kepada seluruh peserta didik
c. Memberikan bantuan belajar kepada peserta didik
yang bersangkutan
d. Menugaskan seluruh peserta didik membaca buku sumber
41. Sebelum
guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
a. Buku sumber yang digunakan
b. Kurikulum dan silabus
c. Indikator pencapaian kompetensi
d. Kemampuan awal siswa
42. Salah
satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
a. penilaian berdasarkan data
yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
b. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan
pembelajaran
c. penilian berdasarkan
kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
d. penilaian
harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
43. Instrumen
penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
a. Konstruksi butir
soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
b. Substansi yang
diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
c. Bahasa yang
digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
d. Digunakan
untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
44.
Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan
kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya
merupakan:
a. Nilai batas
ambang kompetensi
b. Nilai minimal
yang dicapai peserta didik
c. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
d. Nilai batas
ambang kelulusan ujian sekolah
45.
Penilaian hasil belajar peserta didik yang
dilaksanakan oleh pendidik pada setiap proses pembelajaran dikatakan:
a. Penilaian diagnostik
b. Penilaian
formatif
c. Penilaian sumatif
d. Penilaian prediktif.
46.
Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai
oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan
menghitung nilai;
a. Mean
b. Modus
c. Median
d. Simpangan baku
47.
Kegiatan yang harus dilakukan pengawas dalam
membina guru agar terampil menilai hasil belajar siswa adalah:
a. Menunjukkan
kesalahan guru dalam membuat soal
b. Mengkaji
soal-soal yang dibuat guru dan mendis-kusikannya dengan guru
c. Menganalisis
hasil belajar siswa dan menyampaikan-nya
kepada guru
d. Memahami teknik penilaian
dan mendiskusikannya dengan guru
48.
Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak
memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
a. Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
b. Memberikan kritik agar peserta didik
berusaha menjawab walaupun salah
c. Menyederhanakan isi
pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
d. Menjawab sendiri pertanyaan
tersebut.
49.
Standar penilaian pendidikan merupakan acuan
bagi guru dalam melaksanakan
a. Penilaian
hasil belajar peserta didik
b. Penilaian proses pembelajaran
yang dilakukan guru
c. Penilaian silabus dan RPP
d. Penilaian standar
kompetensi lulusan
50.
Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku
guru dalam melaksanakan pembelajaran adalah:
a. Pedoman
observasi
b. Kuesioner
c. Pedoman wawancara
d. Tes hasil belajar
51.
Kuesioner yang digunakan untuk mengungkap
pelaksanaan tugas pokok dan fungsi
kepala sekolah dalam mengelola pendidikan sebaiknya diisi oleh:
a. Kepala sekolah yang
bersangkutan
b. Guru-guru yang mengajar di sekolahnya
c. Komite
sekolah dan orang tua siswa
d, Kepala sekolah, guru dan
staf sekolah
52.
Kepada anda diberikan skor hasil tes Bahasa Inggris
siswa SMP kelas III. Anda ingi mengetahui tingkat penguasaan bahasa Inggris
pada kelas tersebut. Apa yang harus
dilakukan dari data skor tersebut :
a. Melihat skor terendah dan
tertinggi
b. Menghitung berapa orang
siswa yang memiliki skor tertinggi
c. Menghitung rata-rata skor dari
semua siswa
d. Melihat skor yang paling banyak diperoleh siswa
53.
Di antara pernyataan di bawah ini
manakah yang paling mendekati dengan arti dari daya pembeda dalam analisisi butir soal :
a. Soal
dapat membedakan jawaban setiap siswa
b. Siswa menjawab setiap soal
berbeda satu sama lain
c. Soal dapat membedakan anak
cerdas dengan anak kurang cerdas
d. Siswa memperoleh soal yang
berbeda-beda
54.
Menurut kepala sekolah hasil
belajar siswa dalam mata pelajaran matematika sangat heterogen. Setelah meminta
hasil ulangan matematika kepada gurunya ternyata hampir semua siswa memperoleh
nilai yang sama. Kesimpulan yang ditarik dari hasil ulangan tersebut adalah :
a. Kepala sekolah memberikan
informasi hasil belajar matematika yang
keliru
b. Guru matematika tidak
profesional melaksanakan pembelajaran
c. Siswa belajar matematika
selalu bersama-sama
d. Tes
matematika yang dibuat guru terlalu sukar bagi para siswa
55.
Komponen yang harus ada dalam kisi-kisi penulisan butir soal adalah:
a. Kunci jawaban pertanyaan
b. Jenis tes dan materi yang diujikan
c. Lamanya waktu pengerjaan
soal
d. Petunjuk pengerjaan soal
56.
Langkah pertama yang harus dilakukan dalam melaksanakan
penelitian sebagai metode ilmiah adalah menentukan
masalah penelitian
yang pada umunya dirumuskan dalam bentuk;
a. Latar
belakang masaah penelitian
b. Hipotesis penelitian
c. Pertanyaan peneltian
d. Identifikasi masalah
57.
Keterampilan guru dalam
melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) ditingkatkan oleh pengawas sekolah
melalui kegiatan:
a. Seminar sehari tenang
penelitian tindakan kelas
b. Memberikan buku metode
penelitian tindakan kelas kepada guru
c. Pendampingan
guru dalam merencanakan dan melaksanakan PTK
d. Lokakarya menyusun proposal
PTK
58.
Diantara topik di bawah ini
manakah yang tidak layak dijadikan topik penelitian bagi pengawas sekolah;
a. Model-model pengawasan
akademik untuk mening-katkan kompetensi guru
b. Strategi pengawasan
manajerial untuk meningkat-kan kinerja sekolah
c. Model-model
pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa
d. Metode dan teknik supervisi
klinis untuk mening-katkan kualitas pembelajaran
59.
Subyek penelitian yang paling tepat untuk penelitian tindakan kepengawasan adalah
:
a. Peserta didik
b. Guru
dan kepala sekolah
c. Pejabat dinas pendidikan
d. Orang tua dan masyarakat
60.
Yang dimaksud dengan masalah dalam
penelitian sebagai metode ilmah adalah;
a. Gejala yang akan diteliti
b. Kesenjangan antara harapan dengan
kenyataan
c. Segala sesuatu yang harus
dipecahkan
d. Sesuatu yang
menarik perhatian peneliti
61.
Dari pertanyaan penelitian di bawah ini, manakah yang
termasuk pertanyaan deskriptif:
a. Bagaimana
kinerja guru IPS di SMA?
b. Adakah perbedaan kinerja
guru SMK dengan guru SMA?
c. Apakah terdapat hubungan
antara kinerja guru dengan motivasi belajar siswa ?
d. Sejauhmana pengaruh kinerja
guru terhadap hasil belajar siswa?
62.
Manakah yang tidak termasuk jenis
tindakan dalam penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan guru
a. Penggunaan strategi pembelajaran
b. Pengelolaan kelas
c. Pencapaian hasil belajar peserta
didik
d. Penggunaan media dan alat
bantu pembelajaran
63.
Penelitian tindakan bisa digunakan
oleh pendidik dan tenaga kependidikan dengan tujuan
a. Memperbaiki
metode kerja bagi pelaku tindakan
b. Menemukan teori-teori
keilmuan bagi pelaku tindakan
c. Mendeskripsikan jenis
tindakan
d. Menguji hipotesis
penelitian
64.
Salah satu kriteria keberhasilan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan guru dapat dilihat dari:
a. Perolehan hasil belajar peserta didik pada setiap siklus tindakan
b. Kepuasan guru dalam melaksanakan jenis tindakan pada setiap
siklus tindakan
c. Hasil belajar peserta didik pada siklus
kedua lebih tinggi dari siklus pertama
d. Keberhasilan belajar peserta didik pada setiap siklus tindkan
65.
Komponen terpenting yang harus
terdapat dalam proposal penelitian adalah jawaban atas pertanyaan sebagai
berikut ?
. a. Siapa yang akan mendanai penelitian?
b. Siapa saja yang akan dilibatkan dalam penelitian?
c. Bagaimana melaksanakan penelitian ?
d. Berapa lama
penelitian dilaksanakan?
66.
Masalah yang diangkat untuk
diteliti dalam penelitin tindakan kelas bersumber dari’
a. Pengalaman guru dalam
melaksanakan pembelajaran
b. Pengalaman peserta didik
dalam mengikuti pembelajaran
c. Kasus-kasus
tertentu yang dialami peserta didik
d. Lingkungan belajar yang
mempengaruhi proses pembelajaran
67.
Penelitian tindakan kepengawasan
yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah bertujuan untuk;
a. Memperbaiki dan atau
menemukan metode/teknik pengawasan
b. Memperbaiki kualitas guru
dalam melaksanakan pembelajaran
c. Meningkatkan
kemampuan profesional pendidik dan tenaga kependidikan
d. Mempebaiki dan meningkatkan
kinerja sekolah
68.
Statistika yang digunakan dalam
menganalisis data yang diperoleh dari penelitian tindakan adalah :
a. Statistik deskriptif
b. Statistik inferrensial
c. Statistik analitik
d. Statistik
parametrik
69.
Penelitian tindakan kolaboratif
adalah penelitian tindakan yang dilakukan bersama oleh beberapa pelaku tindakan
yakni :
a. Dua-tiga
orang guru di satu sekolah
b. Guru satu
sekolah dengan guru dari sekolah lain
c. Guru besama dosen dari
lembaga pendidikan tinggi keguruan
d. Siapa saja yang menaruh
poerhatian terhadap peneli-tian tindakan
70.
Karya tulis ilmiah berbasis
penelitian disusun oleh peneliti berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilaksa-nakannya. Data empiris yang diperoleh dari penelitian ini disajikan dalam
uraian pada bab :
a. Pendahuluan
b. Tinjauan Pustaka
c. Metodologi Penelitian
d. Hasil-hasil
Penelitian
0 Komentar Tog Bhe Maseh: