Jumat, 08 Juni 2012

PENGAWAS SEKOLAH PROFESIONAL

A.  PENGAWAS DAN  PENGAWASAN
Pengawas sekolah adalah guru pegawai negeri sipil yang diangkat dalam jabatan pengawas sekolah (PP 74 tahun 2008). Pengawasan adalah kegiatan pengawas sekolah dalam menyusun program pengawasan, melaksanakan program pengawasan, evaluasi hasil pelaksanaan program, dan melaksanakan pembimbingan dan pelatihan profesional guru.


B.       PERAN PENGAWAS SEKOLAH


Pengawas  sekolah  memiliki  peran  yang  signifikan  dan  strategis  dalam proses dan hasil pendidikan yang bermutu di sekolah. Dalam konteks ini peran pengawas sekolah meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut pengawas yang harus dilakukan secara teratur dan berkesinambungan (PP 19 Tahun 2005, pasal 55). Peran tersebut berkaitan dengan tugas pokok pengawas dalam melakukan supervisi manajerial dan akademik serta pembinaan peran pembinaan, pemantauan dan penilaian. Peran pengawas sekolah dalam pembinaan setidaknya sebagai teladan bagi sekolah dan sebagai rekan kerja yang serasi dengan pihak sekolah dalam memajukan sekolah binaannya.
Peran  pengawasan  tersebut  dilaksanakan  dengan  pendekatan  supervisi yang bersifat ilmiah,  klinis,  manusiawi, kolaboratif, artistik, interpretatif, dan  berbasis kondisi sosial budaya. Pendekatan ini bertujuan meningkatkan mutu pembelajaran.


C.       PENGAWAS SEBAGAI TENAGA PROFESIONAL


Pengawas profesional adalah pengawas sekolah yang melaksanakan tugas pokok kepengawasan yang terdiri dari melaksanakan kegiatan pengawasan akademik dan pengawasan manajerial serta kegiatan pembimbingan dan pelatihan profesional guru dengan optimal yang didukung oleh standar dimensi kompetensi prasyarat yang dibutuhkan yang berkaitan dengan (1)


pengawasan sekolah, (2) pengembangan profesi, (3) teknis operasional, dan wawasan kependidikan. Selain itu untuk meningkatkan profesionalisme pengawas sekolah melakukan pengembangan profesi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk menjawab tantangan dunia pendidikan yang semakin komplek dan untuk lebih mengarahkan sekolah ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional yang efektif, efisien dan produktif.


Seorang pengawas profesional dalam melakukan tugas pengawasan harus memiliki (1) kecermatan melihat kondisi sekolah, (2) ketajaman analisis dan sintesis, (3) ketepatan dan kreatifitas dalam memberikan treatment yang diperlukan, serta (4) kemampuan berkomunikasi yang baik  dengan setiap individu di sekolah.


Karakteristik yang harus dimiliki oleh pengawas sekolah yang profesional diantaranya:
1.    menampilkan kemampuan pengawasan dalam bentuk kinerja

2.    memiliki bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealisme

3.    melaksanakan tugas kepengawasan secara efektif dan efisien

4.    memberikan layanan prima untuk semua pemangku kepentingan.

5.    memiliki komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan

6.    mengembangkan  metode  dan  strategi  kerja  kepengawasan  secara terus menerus
7.    memiliki kapasitas untuk bekerja secara mandiri

8.    memiliki tanggungjawab profesi

9.    mematuhi kode etik profesi pengawas (Lihat Lampiran 2)

10.  memiliki komitmen dan menjadi anggota organisasi profesi kepengawasan sekolah

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar