RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN ASPEK MANAJERIAL
RENCANA
PELAKSANAAN PENGAWASAN
ASPEK MANAJERIAL
ASPEK MANAJERIAL
N0.
1 Pembinaan Visi dan Misi
Sekolah
- ASPEK/ MASALAH:
1.
Menilai :
Akurasi dan relevansi Visi dan Misi
2.
Membina :
Penyusunan Visi dan Misi Sekolah
3.
Memantau : Proses
Penyusunan Visi dan Misi Sekolah
- TUJUAN:
Membina
penyusunan Visi dan Misi Sekolah
- INDIKATOR KEBERHASILAN:
1. Menyusun Visi dan Misi yang relevan
dengan kebijakakan nasional, daerah, atau sekolah.
2. Mengkondisikan dan
mensosialisikan Visi dan Misi dengan profil
sekolah
- STRATEGI/Metode Kerja (Teknik Supervisi Manajerial):
1.
Mengeksplorasi penguasaan warga sekolah tentang visi dan
misi sekolah
2.
Menyajikan dan mendiskusikan substansi materi visi dan misi sekolah
3.
Review visi dan misi sekolah sebelumnya.
4.
Komparasi visi dan misi sekolah dengan perkembangan
zaman ke depan.
5.
menganalisis kebutuhan dan potensi sekolah.
6.
Menyusun visi dan misi sekolah.
7.
Refleksi dan rencana tindak lanjut.
E.SKENARIO KEGIATAN
:
1. Pendahuluan:
a.
Mengkondisikan keberadaan warga sekolah termasuk kehadiran.
b.
Menjelaskan maksud pertemuan dan pembinaan.
c.
mengekplorasi mengenai visi dan misi sekolah berdasarkan
panduan.
2. Inti:
a.
Menyajian pokok-pokok materi berkaitan visi dan
misi pemda, disdik, dan sekolah.
b.
Menelaah kekurangan dan kelebihan visi dan misi sekolah
sebelumnya.
c.
Membandingkan visi dan misi sekolah dengan model/contoh yang
diberikan.
d.
Mendiskusikan redaksi yang pas atau tepat untuk visi dan
misi sekolah.
e.
Menyusun redaksi visi dan misi sekolah.
f.
Memvalidasi akurasi dan relevansi visi dan misi sekolah
dengan kebutuhan , kondisi dan potensi sekolah.
3. Penutup
a. Menyimpulkan visi dan misi sekolah yang telah dirumuskan.
b. Merefleksi hasil pembinaan dan mengevaluasi serta membuat berita acara.
c. Mensosialisasikan visi misi sekolah kepada warga /stake holder sekolah.
F. SUMBER
DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS dll)
1.
Sumber belajar :
- Model/contoh visi dan
misi;
- Buku panduan BSNP
- Kebijakan
dan peraturan pemerintah yang relevan dan aktual
- Worksheet
dan format-f ormat.
2. Alat/Media:
- Laptop;
- LCD;
- Alat tulis lainnya
3. Dana :
- Sekolah bisa menggunakan dana APBS atau dana
sumbangan lain yang tidak mengikat.
G.
PENILAIAN DAN INSTRUMEN
1. Penilaian:
Produk hasil diskusi
kelompok.
2. Instrumen
Daftar checklist dengan narasi
a) Apakah susunan
visi dan misi sekolah sudah mengacu atau relevan dengan kebijakan nasional,
pemda atau sekolah sendiri?
b) Apakah visi dan
misi sekolah bisa disosialisasikan kepada warga sekolah dan masyarakat ?
H. RENCANA TINDAK LANJUT
1. Aplikasi dan
implementasi misi dan misi dalam seluruh aktifitas sekolah
2. Menetapkan
visi misi sekolah untuk penyusunan KTSP, khususnya penyusunan silabus dan RPP
dan untuk membangun komitmen warga sekolah
3. Evaluasi
keterlaksanaan visi dan
misi sekolah dalam seluruh aktifitas sekolah.
Sintang, …………...
Pengawas,
………………………………….
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN
ASPEK MANAJERIAL
ASPEK MANAJERIAL
N0. 2 Pembinaan RAPBS
A. ASPEK/
MASALAH:
- Menilai : Kesesuaian RABS dengan kebutuhan sekolah.
- Membina : Penyusunan RAPBS
- Memantau : Proses Penyusunan RAPBS
B. TUJUAN:
Kepala Sekolah dapat
menyusun RAPBS berdasarkan kebutuhan sekolah untuk satu tahun pelajaran dengan memperhatikan
ketentuan / aturan yang berlaku.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN :
Kepapala
sekolah, komite, guru-guru, dan staf lainnya diharapkan dapat:
- Memusyawarahkan RAPBS.
- Menyusun RAPBS sesuai dengan kebutuhan sekolah dan realistis.
- Menggambarkan program sekolah yang realistis untuk fisik maupun peningktan mutu pendidikan.
- Menggunakan dana APBS sesuai dengan ketentuan atau aturan yang disepakati bersama.
D. STRATEGI/Metode Kerja (Teknik Supervisi):
Komunikasi,
Kolaborasi, dan Pendampingan
E. SKENARIO KEGIATAN :
1. Pendahuluan
Pertemuan awal antara Kepala Sekolah dan
Pengawas membicarakan rencana pelaksanaan
untuk
merumuskan krangka RAPBS
- Inti
a.
Memusyawarah bersama kepala sekolah, komite, guru-guru,
staf lainnya dengan menyusun draft RAPBS dari krangka yang telah dibuat.
b.
Membagi tugas untuk merumuskan RAPBS berdasarkan komponen
krangka yang diperlukan dalam RAPBS tersebut.
c.
Memplenokan hasil musyawarah kelompok.
d.
Menyimpulkan draft yang telah disusun berdasarkan hasil
pleno untuk dibawa ke musyawarah besar orangtua siswa.
- Penutup
Menyempurnakan
dan memvalidasi RAPBS setelah diplenokan bersama orang tua siswa untuk menjadi
sebuah APBS.
F. SUMBER
DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS dll)
1. Pedoman/Petunjuk Penyusunan RAPBS
2. Dokumen RAPBS tahun sebelumnya
3. Program Kerja Sekolah tahun lalu dan akan
datang
4. Nara Sumber dan Hand Out Narasumber
5. Peralatan (In Focus, Laptop, alat tulis)
6. Dana
G.
PENILAIAN DAN INSTRUMEN
1. Penilaian :
Studi komparatif : RAPBS tahun sebelumnya
dengan draft RAPBS yang telah dibuat
Studi kelayakan : RAPBS yang akan divalidasi
2. Instrumen
:
a.
Apakah pembuatan RAPBS telah dimusyawarahkan bersama
pengawas, kepala sekolah, komite, guru-guru, dan staf lainnya?
b.
Apakah RAPBS telah sesuai dengan kebutuihan sekolah dan realistis?
c.
Apakah RAPBS yang telah dibuat benar-benar menggambarkan
kebutuhan fisik dan non-fisik sekolah?
d.
Apakah dalam penggunaan dana tersebut sesuai dengan yang
tertulis dalam APBS?
H. RENCANA TINDAK LANJUT
1.
Memantau/memonitor dan mengevaluasi kesesuian APBS dengan pelaksanaan kegiatan
sekolah.
2.
Merencanakan pelaporan, dan melaporkan penggunaan APBS
secara terbuka
Sintang, ……………
Pengawas,
……………………………….
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN
ASPEK MANAJERIAL
ASPEK MANAJERIAL
N0. 3. Pembinaan
Program Sekolah jangka pendek (Tahunan )
A. ASPEK/ MASALAH:
1.
Menilai : Akurasi dan relevansi Program jangka
pendek (tahunan)
2.
Membina : Penyusunan Program Sekolah jangka pendek
3.
Memantau : Proses Penyusunan Program
Sekolah jangka pendek
B. TUJUAN:
Menyusun Program sekolah jangka
pendek (tahunan) yang
sesuai dengan potensi dan kebutuhan Sekolah.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN:
Sekolah diharapkan mampu:
1. Menyusun
need assesment kegiatan sekolah yang
akan dilaksanakan
2. Merumuskan krangka program sekolah berdasarkan kebutuhan sekolah jangka pendek(tahunan)
3. Membuat program sekolah jangka pendek
(tahunan)
D. STRATEGI/Metode
Kerja (Teknik Supervisi Manajerial):
1.
Mengeksplorasi pola/rumusan program sekolah jangka pendek ( tahunan)
2.
Menyajikan dan mendiskusikan substansi materi program sekolah.
3.
Menganalisis program sekolah dari hasil diskusi.
4.
Menampung masukkan dengan tanya jawab
tentang kebutuhan sekolah
5.
Mereview program sekolah jangka pendek sebelumnya.
6.
Merefleksi dan merencanakan tindak lanjut.
- SKENARIO KEGIATAN :
a)
Pendahuluan:
- Mengkondisikan agar berkonsentrasi terhahadap pembinaan termasuk kehadiran.
- Menjelaskan maksud dan tujuan pembinaan .
- Mengekplorasi hal-hal yang berkaitan dengan program sekolah jangka pendek.
b). Inti:
1.Menyajikan
pokok-pokok/krangka materi program sekolah jangka pendek.
2.Menganalisis
kebutuhan dan potensi sekolah
3.mendiskusikan tentang need assessment sekolah.
4.Menelaah
kekurangan program sekolah jangka pendek sebelumnya.
5.Menyusun
program sekolah jangka pendek.
6.Memvalidasi
program sekolah jangka pendek dengan kebutuhan, kondisi dan potensi sekolah.
c). Penutup
- Menyimpulkan program sekolah jangka pendek yang telah didiskusikan.
- Mengevaluasi, merefleksi sekaitan denga program jangka pendek (tahunan).
- Menindak lanjuti dan mensosialisasikan program sekolah kepada warga /stake holder sekolah.
F. SUMBER
DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS dll)
1.Sumber
belajar :
-
Buku tentang undang-undang, peraturan pemerintah dan
permendiknas
-
Buku, jounal dan hasil penelitian yang relevan
-
Kebijakan dan peraturan pemerintah yang relevan dan
aktual
-
Worksheet dan format-f ormat.
2.
Alat/Media:
- Laptop;
- LCD;
- Alat tulis lainnya
3. Dana :
Alokasi dana yang telah
dianggarkan dalam APBS dan sumber lain yang tidak mengikat
G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
1. Penilaian : Produk
2. Instrumen: Daftar checklist
dengan narasi
a.
Apakah sekolah sudah menyusun need assesment mengenai kegiatan sekolah?
b.
Apakah sekolah telah merumuskan beberapa komponen yang
berkaitan dengan program kerja sekolah jangka pendek?
c.
Apakah sekolah setelah merumuskan, lalu membuat program
sekolah jangka pendek (tahunan)?
H. RENCANA TINDAK LANJUT
1. Mengaplikasikan dan mengimplementasikan program
sekoah jangka pendek dalam seluruh aktifitas sekolah
2. Menetapkan program sekolah jangka
pendek sebagai acuan dasar pelaksanaan
semua kegiatan sekolah baik bidang kurikulum, bidang kesiswaan, sarana dan
hubungan masyarakat.
3. Mengevaluasi keterlaksanaan program sekolah jangka pendek
dalam seluruh aktifitas sekolah selama satu tahun pelajaran.
Sintang,……………….
Pengawas,
………………………………..
NIP.
0 Komentar Tog Bhe Maseh: