RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN ASPEK MANAJERIAL

RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN
ASPEK MANAJERIAL
N0. 1  Pembinaan Visi dan Misi Sekolah

  1. ASPEK/ MASALAH: 
1.    Menilai       : Akurasi dan relevansi Visi dan Misi 
2.    Membina   : Penyusunan Visi dan Misi Sekolah
3.    Memantau : Proses Penyusunan Visi dan Misi Sekolah

  1. TUJUAN:
Membina penyusunan Visi dan Misi Sekolah
  1. INDIKATOR KEBERHASILAN:
1.    Menyusun Visi dan Misi yang relevan dengan kebijakakan nasional, daerah, atau sekolah.
2.    Mengkondisikan dan mensosialisikan Visi dan Misi dengan profil sekolah

  1. STRATEGI/Metode Kerja (Teknik Supervisi Manajerial):
1.   Mengeksplorasi penguasaan warga sekolah tentang visi dan misi sekolah
2.   Menyajikan dan mendiskusikan substansi materi visi dan misi sekolah
3.   Review visi dan misi sekolah sebelumnya.
4.   Komparasi visi dan misi sekolah dengan perkembangan zaman ke depan.
5.   menganalisis kebutuhan dan potensi sekolah.
6.   Menyusun visi dan misi sekolah.
7.   Refleksi dan rencana tindak lanjut.

    E.SKENARIO KEGIATAN :
1. Pendahuluan:
a.   Mengkondisikan keberadaan warga sekolah termasuk kehadiran.
b.   Menjelaskan maksud pertemuan dan pembinaan.
c.   mengekplorasi mengenai visi dan misi sekolah berdasarkan panduan.

2. Inti:
a.   Menyajian pokok-pokok materi berkaitan visi dan misi pemda, disdik, dan sekolah.
b.   Menelaah kekurangan dan kelebihan visi dan misi sekolah sebelumnya.
c.   Membandingkan visi dan misi sekolah dengan model/contoh yang diberikan.
d.   Mendiskusikan redaksi yang pas atau tepat untuk visi dan misi sekolah.
e.   Menyusun redaksi visi dan misi sekolah.  
f.    Memvalidasi akurasi dan relevansi visi dan misi sekolah dengan kebutuhan , kondisi dan potensi sekolah.

3. Penutup
a. Menyimpulkan visi dan misi sekolah yang telah dirumuskan.
b. Merefleksi hasil pembinaan dan mengevaluasi serta membuat berita acara.
c. Mensosialisasikan visi misi sekolah kepada warga /stake holder sekolah.

      F. SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS dll)
1.    Sumber belajar :
-    Model/contoh visi dan misi;
-    Buku panduan BSNP
-    Kebijakan dan peraturan pemerintah yang relevan dan aktual
-    Worksheet dan format-f ormat.
 2. Alat/Media:
             - Laptop;
             - LCD;
             - Alat tulis lainnya
    3. Dana       :
      - Sekolah bisa menggunakan dana APBS atau dana sumbangan lain yang tidak mengikat.

       G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
      1. Penilaian:
     Produk hasil diskusi kelompok.
2.    Instrumen
       Daftar checklist dengan narasi
a)  Apakah susunan visi dan misi sekolah sudah mengacu atau relevan dengan kebijakan nasional, pemda atau sekolah sendiri?
b)  Apakah visi dan misi sekolah bisa disosialisasikan kepada warga sekolah dan masyarakat ?

        H. RENCANA TINDAK LANJUT
1. Aplikasi dan implementasi misi dan misi dalam seluruh aktifitas sekolah
2. Menetapkan visi misi sekolah untuk penyusunan KTSP, khususnya penyusunan silabus dan RPP dan untuk membangun komitmen warga sekolah
3. Evaluasi keterlaksanaan visi dan misi sekolah dalam seluruh aktifitas sekolah.   



                                       Sintang, …………...
                                       Pengawas,





                                        ………………………………….
    NIP.


















RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN
ASPEK MANAJERIAL
N0. 2  Pembinaan RAPBS
A.   ASPEK/ MASALAH:
  1. Menilai     : Kesesuaian RABS dengan kebutuhan sekolah.
  2. Membina  : Penyusunan RAPBS
  3. Memantau : Proses Penyusunan RAPBS

B. TUJUAN: 
Kepala Sekolah dapat menyusun RAPBS berdasarkan kebutuhan sekolah untuk satu tahun pelajaran dengan memperhatikan ketentuan / aturan yang berlaku.
C.      INDIKATOR KEBERHASILAN :
    Kepapala sekolah, komite, guru-guru, dan staf lainnya diharapkan dapat:
  1. Memusyawarahkan RAPBS.
  2. Menyusun RAPBS sesuai dengan kebutuhan sekolah dan realistis.
  3. Menggambarkan program sekolah yang realistis untuk fisik maupun peningktan mutu pendidikan.
  4. Menggunakan dana APBS sesuai dengan ketentuan atau aturan yang disepakati bersama.
D. STRATEGI/Metode Kerja (Teknik Supervisi):
   Komunikasi, Kolaborasi, dan Pendampingan
E. SKENARIO KEGIATAN :
   1. Pendahuluan 
 Pertemuan awal antara Kepala Sekolah dan Pengawas membicarakan rencana    pelaksanaan untuk merumuskan krangka RAPBS
  1. Inti
a.    Memusyawarah bersama kepala sekolah, komite, guru-guru, staf lainnya dengan menyusun draft RAPBS dari krangka yang telah dibuat.
b.    Membagi tugas untuk merumuskan RAPBS berdasarkan komponen krangka yang diperlukan dalam RAPBS tersebut.
c.    Memplenokan hasil musyawarah kelompok.
d.    Menyimpulkan draft yang telah disusun berdasarkan hasil pleno untuk dibawa ke musyawarah besar orangtua siswa.
  1. Penutup
Menyempurnakan dan memvalidasi RAPBS setelah diplenokan bersama orang tua siswa untuk menjadi sebuah APBS.

F.  SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS dll)
     1.  Pedoman/Petunjuk Penyusunan RAPBS
     2.  Dokumen RAPBS tahun sebelumnya
     3.  Program Kerja Sekolah tahun lalu dan akan datang
     4.  Nara Sumber dan Hand Out Narasumber
     5.  Peralatan (In Focus, Laptop, alat tulis)
     6.  Dana
 G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
     1.  Penilaian :
        Studi komparatif : RAPBS tahun sebelumnya dengan draft RAPBS yang telah dibuat  
         Studi kelayakan : RAPBS yang akan divalidasi
      2.  Instrumen :
a.    Apakah pembuatan RAPBS telah dimusyawarahkan bersama pengawas, kepala sekolah, komite, guru-guru, dan staf lainnya?
b.    Apakah RAPBS telah sesuai dengan kebutuihan sekolah dan realistis?
c.    Apakah RAPBS yang telah dibuat benar-benar menggambarkan kebutuhan fisik dan non-fisik sekolah?
d.    Apakah dalam penggunaan dana tersebut sesuai dengan yang tertulis dalam APBS?
   H. RENCANA TINDAK LANJUT
1.    Memantau/memonitor dan mengevaluasi kesesuian APBS dengan pelaksanaan kegiatan sekolah.
2.    Merencanakan pelaporan, dan melaporkan penggunaan APBS secara terbuka
                                       Sintang, ……………
                                             Pengawas,






                                           ……………………………….
           NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PENGAWASAN
ASPEK MANAJERIAL
N0. 3.  Pembinaan Program Sekolah jangka pendek (Tahunan )

A.     ASPEK/ MASALAH: 
1.    Menilai    :  Akurasi dan relevansi Program jangka pendek (tahunan)
2.    Membina   :  Penyusunan Program Sekolah jangka pendek
3.    Memantau :  Proses Penyusunan Program  Sekolah jangka pendek

B.     TUJUAN:
Menyusun Program sekolah jangka pendek (tahunan) yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan Sekolah.
C.     INDIKATOR KEBERHASILAN:
    Sekolah diharapkan mampu:
1.    Menyusun need assesment kegiatan sekolah yang akan dilaksanakan
2.    Merumuskan krangka program sekolah berdasarkan kebutuhan sekolah jangka   pendek(tahunan)
3.    Membuat program sekolah jangka pendek (tahunan)

D.     STRATEGI/Metode Kerja (Teknik Supervisi Manajerial):
1.    Mengeksplorasi pola/rumusan program sekolah jangka pendek ( tahunan)
2.    Menyajikan dan mendiskusikan substansi materi program sekolah.
3.    Menganalisis program sekolah dari hasil diskusi.
4.    Menampung masukkan dengan tanya jawab tentang kebutuhan sekolah
5.    Mereview program sekolah jangka pendek sebelumnya.
6.    Merefleksi dan merencanakan tindak lanjut.

  1. SKENARIO KEGIATAN :
a)  Pendahuluan:
    1. Mengkondisikan agar berkonsentrasi terhahadap pembinaan termasuk kehadiran.
    2. Menjelaskan maksud dan tujuan pembinaan .
    3. Mengekplorasi hal-hal yang berkaitan dengan program sekolah jangka pendek.
b). Inti:
1.Menyajikan pokok-pokok/krangka materi program sekolah jangka pendek.
2.Menganalisis kebutuhan dan potensi sekolah
3.mendiskusikan tentang need assessment sekolah.
4.Menelaah kekurangan program sekolah jangka pendek sebelumnya.
5.Menyusun program sekolah jangka pendek. 
6.Memvalidasi program sekolah jangka pendek dengan kebutuhan, kondisi dan potensi sekolah.

c). Penutup
    1. Menyimpulkan program sekolah jangka pendek yang telah didiskusikan.
    2. Mengevaluasi, merefleksi sekaitan denga program jangka pendek (tahunan).
    3. Menindak lanjuti dan mensosialisasikan program sekolah kepada warga /stake holder sekolah.

    F. SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN (DANA/FASILITAS dll)
1.Sumber belajar :
-          Buku tentang undang-undang, peraturan pemerintah dan permendiknas
-          Buku, jounal dan hasil penelitian yang relevan
-          Kebijakan dan peraturan pemerintah yang relevan dan aktual
-          Worksheet dan format-f ormat.

   2. Alat/Media:
             - Laptop;
             - LCD;
             - Alat tulis lainnya
       3. Dana          :
                 Alokasi dana yang telah dianggarkan dalam APBS dan sumber lain yang tidak mengikat

        G.  PENILAIAN DAN INSTRUMEN
        1. Penilaian :  Produk
     2. Instrumen:  Daftar checklist dengan narasi
a.    Apakah sekolah sudah menyusun need assesment mengenai kegiatan sekolah?
b.    Apakah sekolah telah merumuskan beberapa komponen yang berkaitan dengan program kerja sekolah jangka pendek?
c.    Apakah sekolah setelah merumuskan, lalu membuat program sekolah jangka pendek (tahunan)?

        H.  RENCANA TINDAK LANJUT
        1. Mengaplikasikan dan mengimplementasikan program sekoah jangka pendek dalam seluruh aktifitas sekolah
        2. Menetapkan program sekolah jangka pendek sebagai acuan dasar  pelaksanaan semua kegiatan sekolah baik bidang kurikulum, bidang kesiswaan, sarana dan hubungan masyarakat.
3. Mengevaluasi keterlaksanaan program sekolah jangka pendek dalam seluruh aktifitas sekolah selama satu tahun pelajaran.   

                                            Sintang,……………….
                                             Pengawas,






                                           ………………………………..
            NIP.