KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH
Permen Diknas No 13
Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah
DIMENSI KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
1. Kepribadian
|
1.1 Berakhlak
mulia, mengembangkan budaya dan tradisi akhlak mulia, dan menjadi teladan
akhlak mulia bagi komunitas disekolah
|
|
1.2 Memiliki integritas kepribadian sebagai
pemimpin.
|
||
1.3 Memiliki keinginan yang kuat dalam
pengembangan diri sebagai kepala sekolah
|
||
1.4 Bersikap terbuka
dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi
|
||
1.5 Mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan
sebagai kepala sekolah
|
||
1.6 Memiliki bakat dan
minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan.
|
||
2. Manajerial
|
2.1 Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan
perencanaan
|
|
2.2 Mengembangkan organisasi sekolah sesuai dengan kebutuhan.
|
||
2.3 Memimpin sekolah
dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal.
|
||
2.4 Mengelola perubahan
dan pengembangan sekolah menuju organisasi pembelajar yang efektif
|
||
2.5. Menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan
inovatif bagi pembelajaran peserta didik
|
||
2.6 Mengelola guru dan
staf dalam rangka pendayagunaan sumberdaya manusia secara optimal
|
DIMENSI KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
|
2.7 Mengelola sarana dan
prasarana sekolah dalam rangka pendayagunaan secara optimal.
|
|
2.8 Mengelola hubungan sekolah dan masyarakat dalam rangka
pencarian dukungan ide,sumber belajar, dan pembiayaan sekolah
|
||
2.9 Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta
didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik
|
||
2.10 Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai
dengan arah dantujuan pendidikan nasional
|
||
2.11 Mengelola keuangan sekolah sesuai dengan prinsip
pengelolaan yang akuntabel,transparan, dan efisien
|
||
2.12 Mengelola ketatausahaan sekolah dalam mendukung pencapaian
tujuan sekolah
|
||
2.13 Mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung
kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik disekolah
|
||
2.14 Mengelola sistem informasi se-kolah dalam mendukung
penyusunan program dan pengambilan keputusan.
|
||
2.15 Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan
pembelajaran dan manajemen sekolah
|
||
2.16 Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan
program kegiatan sekolah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan
tindak lanjutnya
|
DIMENSI KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
|
|
3. Kewirausahaan
|
3.1 Menciptakan inovasi
yang berguna bagi pengembangansekolah
|
|
3.2 Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan
sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif
|
||
3.3 Memiliki motivasi
yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai
pemimpin sekolah
|
||
3.4 Pantang menyerah dan
selalu mencari solusi terbaik dalam
menghadapi kendala yangdihadapi sekolah
|
||
3.5 Memiliki naluri
kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah sebagai sumber
belajar peserta didik
|
||
4. Supervisi
|
4.1 Merencanakan program
supervisi akademik dalam rangka
peningkatan profesionalisme guru
|
|
4.2 Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan
menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat
|
||
4.3 Menindak lanjuti
hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan
profesionalisme guru.
|
||
5. Sosial
|
5.1 Bekerja sama dengan
pihak lainuntuk kepentingan sekolah
|
|
5.2 Berpartisipasi dalam
kegiatan sosial kemasyarakatan
|
||
5.3 Memiliki kepekaan
sosial terhadap orang atau kelompok lain.
|
0 Komentar Tog Bhe Maseh: