Senin, 10 Januari 2011

Pengertian Supervisi

1. Supervisi adalah suatu aktifitas pembinaan yang direncanakan untuk membantu para guru dan pegawai sekolah lainnya dalam melakukan pekerjaan mereka secara efektif ( Ngalim Purwanto, 2009: 76 )
2. Supervisi pendidikan adalah segala usaha yang memberikan kesempatan bagi guru-guru untuk berkembang secara profesional sehingga mereka lebih maju lagi dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar ( Cicih Sutarsih 2009:313 )
3. Supervisi adalah “ Supervision is an asistance in the development of a better teaching-learning situation ( Kimbal Wiles 1956:8 dalam Tim Dosen Adminstrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia )
4. Supervisi adalah bantuan yang diberikan kepada seluruh staf untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik ( Sahertian 1989, dalam Wahyudi 2009 : 2008 )
5. Supervisi adalah bantuan yang diberikan kepada personel pendidikan untuk mengembangkan proses pendidikan yang lebih baik ( Supandi 1990, dalam Wahyudi 2009 : 99 )
6. Supervisi adalah bantuan dan bimbingan profesional bagi guru dalam melaksanakan tugas instruksional guna memeperbaiki hal belajar dan mengajar dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinyu untuyk meningkatkan pertumbuhan jabatan guru secara individual maupun kelompok ( Syaiful Sagala 2008 : 195 )
7. Supervisi pendidikan adalah ide-ide pokok dalam menggalakkan pertumbuhan profesional guru, mengembangkan kepemimpinan demokratis, melepaskan energi, memcahkan masalah-masalah belajar mengajar dengan efektif ( Oteng Sutisna 1982 :223 dalam Syaiful Sagala )
8. Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi belajar-mengajar agar memperoleh kondisi yang lebih baik. Meskipun tujuan akhirnya tertuju pada hasil belajar siswa, namun yang diutamakan dalam supervisi adalah bantuan kepada guru ( http://tikky-suwantikno.blogspot.com/2008/02/supervisi-pendidikan, akses tanggal 14 Oktober 2010 )
9. Supervisi pendidikan adalah setiap layanan kepada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan intruksional, layanan belajar dan pengembangan kurikulum ( Neagley 1980 dalam Syaiful Sagala )
10. Supervision is a process designed to help teacher and supervisor learn more about their practice, to better able to use their knowledge and skills to better serve parents and schools and to make the school a more effective learning community ( Sergiovanni 1991, dalam Wahyudi 2009 : 98 )
11. Supervisi pendidikan adalah sebagai segala usaha yang memberikan kesempatan kepada guru untuk berkembang secara profesional, sehingga mereka lebih mampu lagi dalam melaksanakan tugas pokoknya, yaitu memperbaiki dan menyempurnakan proses belajar mengajar ( Badan Kajian dan Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan 1982, dalam Tim Dosen AP UPI )
12. Supervisi secara sederhana, yaitu ”semua usaha yang dilakukan oleh supervisor untuk memberikan bantuan kepada guru dalam memperbaiki pengajaran” (Soejipto dan Raflis Kosasi http://www.dhanay.co.cc/2010/09/pengertian-supervisi-pendidikan akses tanggal 23 Oktober 2010)
13. Good Carter memberi pengertian supervisi adalah usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas lainnya, dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulir, menyeleksi pertumbuhan jabatan dan perkembangan guru-guru dan merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan-bahan pengajaran, dan metode mengajar dan evaluasi pengajaran ( Good Carter, http://www.canboyz.co.cc/2010/05/pengertian-definisi-supervisi akses tanggal 23 Oktober 2010)
14. Supervisi yang dimaksud adalah pembinaan yang diberikan kepada seluruh staf sekolah dasar agar mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk mengembangkan situasi belajar mengajar yang lebih baik (Pedoman Supervisi dari Depdikbud, http://www.dhanay.co.cc/2010/09/pengertian-supervisi-pendidikan, akses tanggal 4 Nopember 2010 )
15. Supervisi adalah salah satu usaha menstimulir, mengkoordinir dan membimbing secarr kontinyu pertumbuhan guru-guru di sekolah baik secara individual maupun secara kolektif, agar lebih mengerti dan lebih efektif dalam mewujudkan seluruh fungsi pengajaran dengan demikian mereka dapat menstmulir dan membimbing pertumbuan tiap-tiap murid secara kontinyu, serta mampu dan lebih cakap berpartsipasi dlm masyarakat demokrasi modern (Boardman et. dalam http://www.canboyz.co.cc/2010/05/pengertian-definisi-supervisi, akses tanggal 4 Nopember 2010 )
16. Supervisi adalah pelayanan kapada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan pengajaran, pembelajaran dan kurikulum. Ross L (1980), http://www.canboyz.co.cc/2010/05/pengertian-definisi-supervisi, akses tanggal 4 Nopember 2010 )
17. Supervisi adalah bantuan dalam pengembangan situasi belajar-mengajar agar memperoleh kondisi yang lebih baik (http://www.dhanay.co.cc/2010/09/pengertian-supervisi-pendidikan, akses tanggal 4 Nopember 2010 )
18. Supervisi secara sederhana, yaitu ”semua usaha yang dilakukan oleh supervisor untuk memberikan bantuan kepada guru dalam memperbaiki pengajaran” (http://www.dhanay.co.cc/2010/09/pengertian-supervisi-pendidikan, akses tanggal 4 Nopember 2010 )
19. Supervisi adalah segala usaha dari para pejabat sekolah yang diangkat dan diarahkan kepada penyediaan kepemimpinan bagi para guru dan tenaga pendidikan lain dalam perbaikan pengajaran; melibat stimulasi pertumbuhan professional dan perkembangan dari para guru, seleksi dan revisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran dan metode-metode mengajar dan evaluasi pengajaran (Carter Good’s Dictionary of Education yang dikutip Oteng Sutisna dalam http://www.dhanay.co.cc/2010/09/pengertian-supervisi-pendidikan akses tanggal 4 Nopember 2010 )
20. Supervisi diartikan sebagai kegiatan supervisor (jabatan resmi) yang dilakukan untuk perbaikan proses belajar mengajar (PBM). Ada dua tujuan (tujuan ganda) yang harus diwujudkan oleh supervisi, yaitu; perbaikan (guru murid) dan peningkatan mutu pendidikan ( Wilem Mantja,2007 http://www.canboyz.co.cc/2010/05/pengertian-definisi-supervisi, akses tanggal 4 Nopember 2010 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar