TUPOKSI SMP NEGERI 1 SELAKAU

8:31 AM URAY ISKANDAR 0 Comments

TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah bersama-sama dengan Wakil Kepala Sekolah dapat menjamin terlaksananya Proses Belajar Mengajar dengan baik dan dapat menciptakan suasana yang tertib dan tenang didalam lingkungan sekolah.
Tugas wakil Kepala Sekolah adalah membantu dalam urusan tugas Kepala Sekolah baik urusan kedalam ataupun keluar demi untuk menciptakan lancarnya kegiatan operasional sekolah. Adapun yang menjadi tugas pokok Wakil Kepala Sekolah adalah mengkoordinasikan/ mengawasi pelaksanaan :
a. Urusan Kurikulum
b. Urusan Kesiswaan
c. Urusan Sarana/Prasarana
d. Menjalin hubungan Kerjasama dengan masyarakat.



Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006
















PEMERINTAH KABUPATEN SAMBAS
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SELAKAU
Alamat : Jl. Raya Sei Nyirih Kec. Selakau
SELAKAU 79452

TUGAS GURU BIDANG STUDI.
Adapun yang menjadi tugas guru bidang studi adalah sebagai berikut :
a. Hadir disekolah pada setiap hari kerja dibuktikan dengan absen hadir
b. Tidak dibenarkan pulang sebelum jam sekolah usai, kecuali bila semua kelas sudah ada pengajarnya atau ada hal yang sangat mendesak.
c. Membuat perangkat pengajaran secara lengkap.
d. Melaksanakan analisis soal, program perbaikan dan pengayaan
e. Melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan jadwal pelajaran berdasarkan SP/Program semester yang dibuatnya.
f. Mengisi jurnal kelas bagi setiap pertemuan dalam Kelas.
g. Melakukan evaluasi Formatif, Sub Sumatif dan Sumatif serta pemberian tugas pada akhir mengajar.
h. Mengetahui masalah anak didik.
i. Mengambil tindakan untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa.
j. Mengadakan penilaian kelakuan dan kerajinan
k. Memperhatikan Buku Rapor kenaikan kelas dan Ebta.
l. Memperhatikan kesehatan anak didik
m. Membina susasana kekeluargaan
n. Mengenal pribadi anak dan menjadi contoh teladan bagi siswa dalam hal disiplin
o. Bekerjasama dengan Wali Kelas, petugas BK, Guru Piket, Wakasek dan Kepala Sekolah mengenai masalah yang dihadapi.
p. Melaksanakan tugas guru piket
q. Mampu mengendalikan emosi diri dalam menghadapi suatu masalah
r. Mengajar secara aktif dan tidak dibenarkan menyuruh siswa untuk mencatat pelajaran dipapan tulis sedangkan gurunya hanya duduk-duduk dikursi.
s. Secara bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan sekolah dan mendorong siswa untuk gemar membaca dengan memanfaatkan Perpustakaan Sekolah
t. Selalu melaksanakan absensi kepada siswa setiap mengajar
u. Setiap guru dapat menerapkan berbagai metode mengajar yang sudah dikuasai, jangan hanya monoton setiap pertemuan hanya ceramah dan tanya jawab saja.
v. Melaporkan kegiatan kepada Wakil Kepala Sekolah/ Kepala Sekolah
Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006

PEMERINTAH KABUPATEN SAMBAS
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SELAKAU
Alamat : Jl. Raya Sei Nyirih Kec. Selakau
SELAKAU 79452

TUGAS URUSAN KURIKULUM
Urusan Kurikulum merupakan tugas yang paling dominan menguasai keberlangsungan terjadinya proses belajar mengajar secara efektif. Adapun yang menjadi tugasnya adalah sebagai berikut :
a. Bersama dengan Kepala sekolah/ Wakasek menjabarkan Kalender Pendidikan
b. Menyusun Pembagian tugas mengajar guru
c. Menyusun jadwal dan meneliti jumlah jam pelajaran
d. Mengalihkan/ menggantikan tugas guru yang cuti kepada guru yang serumpun
e. Pengelolaan Kurikuler dan Ektrakurikuler
f. Mengumpulkan hasil nilai sumatif
g. Pelaksanaan evaluasi Belajar
h. Memimpin Rapat Kenaikan Kelas
i. Mengumpulkan Analisis Hasil Ulangan
j. Mengadakan Program perbaikan dan pengayaan
k. Mendiskusikan tentang pelaksanaan pengajaran dan pendidikan disekolah
l. Membimbing guru dalam penyusunan perangkat pengajaran
m. Membantu Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi Kelas ( KBM )
n. Mengawasi kelancaran KBM dan melakukan pembinaan kepada siswa bersama-sama dengan wali kelas dan guru BK
o. Memonitor dan mengawasi Mutasi siswa
p. Mengkoordinir penyusunan test lengkap dengan kisi-kisi
q. Koordinator Ulangan Umum setiap semester
r. Memonitor bahan perlengkapan pengajaran ( Buku Nilai, Daftar Kelas, Absensi siswa )
s. Membuat Grafik Input dan Output.
t. Koordinator PSB
u. Menyampaikan Laporan kepada Kepala sekolah
v. Buku-buku perlengkapan administrasinya :



Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006





PEMERINTAH KABUPATEN SAMBAS
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SELAKAU
Alamat : Jl. Raya Sei Nyirih Kec. Selakau
SELAKAU 79452

TUGAS URUSAN KESISWAAN.
Adapun yang menjadi tugas urusan Kesiswaan adalah :
a. Bersama dengan Kepala Sekolah dan Wakasek merencanakan pelaksanaan PSB
b. Pembinaan terhadap OSIS
c. Melaksanakan kegiatan ektrakurikuler yang meliputi jenis kegiatan dan sekaligus menyusun program kegiatan administrasi serta pelaporan
d. Bersama Wali Kelas melakukan pembinaan terhadap siswa, serta melakukan pengawasan dalam hal kehadiran siswa.
e. Membimbing dan mengarahkan serta mengendalikan siswa/OSIS agar dapat menunjang pelaksanaan Kurikulum dan Tata Tertib sekolah
f. Membimbing dan mengarahkan proses pemilihan OSIS
g. Mengawasi kegiatan OSIS terutama Ekstrakurikuler
h. Setiap akhir bulan menyiapkan Rekapitulasi Persentasi kehadiran siswa dan menyerahkannya kepada wali Kelas untuk diisi dan kemudian dikumpulkan kembali
i. Bersama wali kelas melakukan tindak lanjut terhadap siswa yang sering absen
j. Mengusulkan beasiswa dan pelajar teladan
k. Melakukan pembinaan terhadap siswa dan bekerjasama dengan wali Kelas dan guru BK
l. Memonitor kegiatan UKS
m. Bersama-sama OSIS membuat program Kerja kegiatan OSIS
n. Buku-buku administrasinya :
(1) Pedoman Pengelolaan OSIS
(2) Struktur OSIS
(3) Kumpulan SK OSIS
(4) Buku catatan siswa berprestasi
(5) Buku catatan siswa penerima bea siswa
(6) Buku Induk siswa
(7) Buku Klapper
(8) Mutasi siswa
(9) Surat persetujuan Mutasi Masuk
(10) Dokumen Penyerahan STTB
(11) TataTertib siswa
(12) Buku Kelas
(13) Daftar Hadir siswa
(14) Daftar 8355 kelas I,II dan III ditanda tangani Kasek dan Pengawas
(15) Kumpulan Foto copy STTB

o. Memberikan laporan tentang pembinaan siswa kepada Kepala sekolah secara Periodik dan semua tugas ini dipertanggung jawabakan

Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006




PEMERINTAH KABUPATEN SAMBAS
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SELAKAU
Alamat : Jl. Raya Sei Nyirih Kec. Selakau
SELAKAU 79452

TUGAS BAGIAN SARANA DAN PRASARANA
Adapun yang menjadi tugas bagian sarana dan prasarana adalah sebagai berikut :
a. Inventarisasi sarana dan prasarana
b. Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana
c. Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
d. Pengelolaan pembiayaan alat-alat pelajaran
e. Pengadaan, pemeliharaan, pengamanan dan penghapusan barang inventaris
f. Membantu kelancaran PBM
g. Menerima barang dari pengadaan sendiri, Proyek, hibah atau sumber lain
h. Menyiapkan Kartu Barang ( KIR ) dalam setiap ruang
i. Membuat Kode barang inventaris untuk semua jenis barang
j. Laporan Barang Inventaris tiap triwulan dan tahunan
k. Mendistribusikan barang kepada petugas yang memerlukan atas dasar bon permintaan barang
l. Melayani peminjaman barang sengan Ekspedisi Buku Peminjam
m. Melaporkan kegiatannya kepada Kasek secara periodik
n. Buku-buku administrasinya :
(1) Buku Induk Inventaris Barang
(2) Buku Golongan Barang
(3) Buku Penerimaan dan Pengeluaran Barang
(4) Berita Acara Penyerahan dan Penerimaan Barang
(5) KIR
(6) Buku Pembelian Barang
(7) Kartu Stok Barang


Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006
















Buku-buku perlengkapan administrasinya :
- Kerangka Dasar
- Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
- Dokumen I KTSP
- Dokumen selain Kurikulum Nasional
- Buku Kendali Perangkat Pembelajaran
- Jadwal Supervisi Kelas
- Dokumen II KTSP (Kumpulan Silabus dan RPP)
- Kumpulan Target Kurikulum dan Daya Serap
- Grafik NEM Input dan Output
- Kumpulan Soal Sumatif lengkap dengan Kisi-kisi
- Kumpulan Nilai Ulangan Harian dan Tugas
- Kumpulan Analisis Hasil Belajar
- Kumpulan Bukti Perbaikan dan Pengayaan
- Format Supervisi Kunjungan Kelas ( KBM )
- Buku Piket
- Daftar Buku wajib dan Penunjang serta Referensi yang digunakan guru setiap mata pelajaran
- Kalender Pendidikan
- Jadwal Pelajaran
-Mengumpulkan Daftar Kelas setiap akhir semester
- Daftar Buku Guru yang melakukan PTK
-Buku Kendali penggunaan Media dalam Pembelajaran
- Buku Kendali pelaksanaan pembelajaran diluar kelas
- Buku Kendali Kegiatan Keagamaan
- Buku Praktik Pendidikan Agama
- Buku Praktikum IPA ( Jadwal,daftar alat, hasil kegiatan )
- Buku Kendali Praktik Komputer
- Buku Kendali Praktik Kesenian
- Buku Kendali Praktik Olah raga
- Buku Catatan perkembangan kepribadian siswa (ada pada guru BK)
- Bukti Penyampaian hasil kemajuan belajar siswa, selain rapor
- Buku rata-rata ketuntasan Belajar

Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006







Buku-buku administrasinya :
(1) Pedoman Pengelolaan OSIS
(2) Struktur OSIS dan Program OSIS
(3) Kumpulan SK OSIS
(4) Buku catatan siswa berprestasi
(5) Buku catatan siswa penerima bea siswa
(6) Buku Induk siswa
(7) Buku Klapper
(8) Mutasi siswa
(9) Surat persetujuan Mutasi Masuk
(10) Dokumen Penyerahan STTB
(11) TataTertib siswa
(12) Buku Kelas
(13) Daftar Hadir siswa
(14) Daftar 8355 kelas VII,VIII dan IX ditanda tangani Kasek dan Pengawas
(15) Kumpulan Foto copy STTB
(16) Buku Administrasi PSB
(17) Daftar siswa putus sekolah
(18) Laporan siswa Tidak Naik/Tidak Lulus dan Mengulang
(19) Rekapitulasi Tingkat Kelulusan
(20) Persentase siswa melanjutkan sekolah
(21) Rerata UN setiap mata pelajaran( Input/Output)
(22) Buku Kendali Pengiriman siswa dalam berbagai perlombaan
(23) Program Layanan BK dan Ekstrakurikuler ( Program, Jadwal, Catatan kegiatan )
(24) Data Jumlah siswa ybs pada saat masuk sekolah : Jumlah siswa yang ikut ujian ( % )
(25) Rata-rata kehadiran siswa ( dibuat per bulan )
(26) Kohort siswa

Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006







o. Buku-buku administrasinya :
(1) Buku Induk Inventaris Barang
(2) Buku Golongan Barang
(3) Buku Penerimaan dan Pengeluaran Barang
(4) Berita Acara Penyerahan dan Penerimaan Barang
(5) KIR
(6) Buku Pembelian Barang
(7) Kartu Stok Barang
(8) Surat Tanah
(9) Rekap Jumlah Ruang Kelas/Rombel yg dimiliki
(10) Rekap Ukuran Setiap Ruang yg dimiliki
(11) Jumlah Koleksi Buku Paket dan Perpustakaan
(12) Jumlah Buku Referensi
(13) Daftar Buku Alat-alat Laboratorium
(14) Daftar Buku Alat-alat Kesenian
(15) Daftar Buku alat-alat elektronik
(16) Daftar Buku alat-alat olah raga/Lapangan olahraga

Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006




















p. Buku-buku administrasinya :
1. Notulen Rapat dengan orang tua siswa
2. Notulen Rapat dengan Komite Sekolah
3. Bukti Laporan Program Sekolah kepada orang tua siswa
4. Bukti mengadakan hubungan kerjasama dengan Komite sekolah dalam pengembangan sekolah
5. Menerima/Menjelaskan program pengembangan sekolah kepada orang tua siswa/masyarakat maupun instansi terkait
6. Buku Pengaduan Masyarakat/orang tua siswa
7. Struktur Organisasi Komite Sekolah



Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006


























PEMERINTAH KABUPATEN SAMBAS
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 SELAKAU
Alamat : Jl. Raya Sei Nyirih Kec. Selakau
SELAKAU 79452

TUGAS URUSAN HUMAS
Urusan Humas merupakan tugas yang paling dominan menguasai keberlangsungan terjadinya suatu hubungan yang menjembatani sekolah dengan pihak luar baik itu orang tua siswa, masyarakat, Komite sekolah, instansi lain yang ingin mengetahui tentang program sekolah ataupun pengembangan sekolah, adapun yang menjadi tugasnya adalah sebagai berikut :
1. Merencanakan rapat/pertemuan dengan orang tua siswa :
a. awal tahun
b. pertengahan tahun
c. akhir tahun
2. Merencanakan rapat/pertemuan dengan Komite Sekolah :
a. awal tahun ( menyusun RAPBS )
b. pertengahan tahun ( Memantau pelaksanaan program)
c. akhir tahun ( Laporan hasil program)
3. Menginformasikan program sekolah kepada orang tua siswa
4. Menerima tamu dari luar sekolah ( dalam rangka pencarian informasi sekolah) /melayani pengaduan masyarakat
5. Melaporkan kegiatan secara berkala



Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006



















TUGAS KEPALA SEKOLAH
Tugas pokok Kepala Sekolah ini diuraikan dalam dua bagian besar yaitu 1) Prosedur Standar Operasi ( Standard Operation Procedure ) Tugas Kepala Sekolah. 2) Proses dan Pendekatan Interpersonal dalam Menjalankan Tugas Sebagai Kepala Sekolah.
I. Prosedur Standar Operasi (Standard Operation Procedure ) Kepala Sekolah .
Kepala Sekolah sebagai pimpina tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah. Tugas Kepala Sekolah yang kompleks tersebut, tidak dapat dirumuskan seluruhnya kedalam suatu prosedur tugas Kepala Sekolah. Meski pun demikian, standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut:
1. Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Edukator).
2. Kepala Sekolah Sebagai Manajer.
3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator.
4. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor (Penyelia).
5. Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin).
6. Kepala Sekolah Sebagai Inovator.
7. Kepala Sekolah sebagai Motivator.
Tugas Kepala Sekolah
1. Sebagai Educator (pendidik)
Kepala sekolah sebagai pendidik, harus memiliki strategi yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan disekolahnya. Menciptakan iklim sekolah yang kondusif, memberi nasehat kepada warga sekolah, memberi dorongan kepada seluruh tenaga kependidikan, dan seterusnya. Kepala sekolah juga harus berusaha menanamkan, memajukan dan meningkatkan sedikitnya empat nilai, yaitu pembinaan mental, pembinaan moral, pembinaan fisik, pembinaan artistik.
Sebagai edukator, kepala sekolah wajib menjalankan tugasnya yaitu: 1) mengikutsertakan para guru dalam kegiatan ilmiah, seperti workshop, pelatihan, seminar, penataran, guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru. 2) Menggerakkan tim evaluasi hasil belajar peserta didik untuk lebih giat bekarja, dan hasilnya diumumkan secara terbuka. 3) menggunakan waktu belajar secara efektif di sekolah.

2. Sebagai Manajer
Tugas kepala sekolah sebagai yaitu: 1) memberdayakan tenaga kependidikan melalui kerjasama atau kooperatif untuk meningkatkan tenaga profesional di lingkungan sekolah. 2) memberi kesempatan kepada tenaga kependidikan untuk meningkatkan profesinya. 3) mendorong keterlibatan seluruh tenaga kependidikan pada setiap kegiatan.

3. Sebagai Administrator
Kepala sekolah sebagai administrator memiliki hubungan yang sangat erat dengan berbagai aktivitas pengelolaan administrasi yang bersifat pencatatan, penyusunan dan pendokumentasian seluruh program sekolah. Secara spesifik, kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk mengelola kurikulum, administrasi peserta didik, administrasi personalia, administrasi sarana dan prasarana, administrasi kearsipan, dan administrasi keuangan.
Untuk menjalankan tugas sebagai administrator, kepala sekolah kini harus bisa mengembangkan layanan berbasis teknologi modern guna memudahkan pengelolaan administrasi. Sehingga administrasi sekolah betul-betul tampak profesional dan berjalan secara efektif dan efesien.
4. Sebagai Supervisor
Kepala sekolah sebagai supervisor harus memerhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut: 1) hubungan konsultatif, kolegial, bukan hirarkhis, 2) dilaksanakan secara demokratis, 3) berpusat pada guru, 4) dilakukan berdasarkan kebutuhan tenaga guru, dan 5)merupakan bantuan profesional.
Tugas kepala sekolah sebagai supervisor yaitu memberi masukan kepada tenaga kependidikan yang masih dirasa perlu dibenahi, dibina dan ditingkatkan kemampuan dan ketrampilannya. Tindakan ini untuk mencegah agar para tenaga kependidikan tidak melakukan penyimpangan dan lebih berhati-hati melaksanakan pekerjaannya.

5. Sebagai Leader
Kepala sekolah sebagai leader membutuhkan karakteristik khusus, yaitu 1). memiliki kepribadian mantap, seperti (jujur, percaya diri, tanggungjawab, berani mengambil resiko dan keputusan, berjiwa besar, emosi yang stabil dan teladan). 2) Memiliki keahlian dasar, seperti (memahami kondisi tenaga kependidikan, tahu kondisi dan karakteristik peserta didik, menyusun program pengambangan tenaga kependidikan, menerima masukan, saran kritik dari pihak lain, dll.). 3) memiliki pengalaman dan pengetahuan profesional, serta 4). Memiliki pengetahuan administrasi dan pengawasan.

6. Sebagai Innovator
Sebagai innovator, kepala sekolah harus memiliki staregi yang tepat untuk menjalin hubungan harmonis dengan lingkungan, mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan teladan kepada seluruh tenaga kependidikan di sekolah, dan mengembangkan model-model pembelajaran yang innovatif.
Kepala sekolah sebagai innovator akan tercermin bagaimana ia melakukan pekerjaannya secara konstruktif, kreatif, delegatif, integratif, rasional dan objektif, pragmatis, keteladanan, adaptabeldan fleksibel. Sebagai innovator juga harus mampu mencari, menemukan dan lemaksanakan berbagai pembaruan di sekolah.

7. Sebagai Motivator
Sebagai motivator, kepala sekolah harus memiliki strategi yang tepat untuk memberikan motivasi kepada para tenaga kependidikan dalam melakukan berbagai tugas dan fungsinya. Motivasi ini dapat ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan fisik, pengaturan suasana kerja, disiplin, dorongan, penghargaan secara efektif, dan penyediaan berbagai sumber belajar melalui pengembangan pusat sumber belajar (PSB).




Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006





















Wali Kelas
Membantu dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam:
Pengelolaan Kelas:
a. Tugas Pokok meliputi:
1. Mewakili orang tua dan kepala sekolah dalam lingkungan pendidikan
2. Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
3. Membantu pengembangan keterampilan anak didik
4. Membantu pengembangan kecerdasan anak didik
5. Mempertinggi budi pekerti dan kepribadian anak didik
b. Keadaan Anak Didik
1. Mengetahui jumlah anak didik
2. Mengetahui jumlah anak didik putra (Pa)
3. Mengetahui jumlah anak didik putrid (Pi)
4. Mengetahui nama-nama anak didik
5. Mengetahui identitas lain dari anak didik
6. Mengetahui kehadiran anak didik setiap hari
7. Mengetahui masalah-masalah yang dihadapi anak didik (tentang pelajaran,
8. status social/ekonomi, dan lain-lain).
c. Melakukan Penilaian
1. Tingkah laku anak didik sehari-hari di sekolah
2. Kerajinan, ketekunan, dan kesantunan
3. Kepribadian/tatib
4. Dan lain-lain
5. Mengambil Tindakan Bila Dianggap Perlu
6. Pemberitahuan , pembinaan, dan pengarahan
7. Peringatan secara lisan
8. Peringatan khusus yang terkait dengan BP/Kepala Sekolah
e. Langkah Tindak Lanjut
1. Memperhatikan buku nilai rapor anak didik
2. Memperhatikan keberhasilan/kenaikan anak didik
3. Memperhatikan kesehatan dan kesejahteraan anak didik
4. Memperhatikan dan membina suasana kekeluargaan
f. Penyelenggaraan Administrasi Kelas meliputi:
1. Denah tempat duduk anak didik
2. Papan absensi anak didik
3. Daftar Pelajaran
4. Daftar Piket
5. Buku Absensi
6. Buku Jurnal kelas
7. Tata tertib kelas
8. Penyusunan dan pembuatan statistic bulanan anak didik
g. Pengisian DKN dan Daftar Kelas
h. Pembuatan catatan khusus tentang anak didik
i. Pencatatan mutasi anak didik
j. Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
k. Pembagian buku laporan penilaian hasil belajar

Selakau, 2 Juli 2010
Kepala Sekolah




URAY ISKANDAR, S.Pd
NIP.19661111 199003 1 006
Peran Wali Kelas
• Sebagai pengelola kelas tertentu dalam pelayanan bimbingan dan konseling, Wali Kelas berperan :
• Membantu guru pembimbing/konselor melaksanakan tugas-tugasnya, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya;
• Membantu Guru Mata Pelajaran melaksanakan peranannya dalam pelayanan bimbingan dan konseling, khususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya;
• Membantu memberikan kesempatan dan kemudahan bagi siswa, khususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya, untuk mengikuti/menjalani layanan dan/atau kegiatan bimbingan dan konseling;
• Berpartisipasi aktif dalam kegiatan khusus bimbingan dan konseling, seperti konferensi kasus; dan
• Mengalihtangankan siswa yang memerlukan layanan bimbingan dan konseling kepada guru pembimbing/konselor.

You Might Also Like

0 Komentar Tog Bhe Maseh: