RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH

8:28 AM URAY ISKANDAR 0 Comments

BAB I

PENDAHULUAN

A. LANDASAN HUKUM
Dalam upaya memberikan gambaran kegiatan sekolah di masa depan untuk mencapai perubahan / tujuan sekolah yang telah ditetapkan dalambentuk sebuah dokumen,maka SMP Negeri 3 Selakau berusaha untuk menyusun RIPS. Rencana Induk Pengembangan Sekolah ini sangat penting dimiliki karena dapat memberikan arahan dan bimbingan kepada pelaku sekolah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan sekolah yang lebih baik dengan resiko yang kecil serta untuk mengurangi ketidakpastian masa depan.
Adapun yang menjadi landasan hukum dalam penyusunan RIPS ini adalah sebagai berikut :
1. Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Peraturan Pemerintah Nomor : 28 Tahun 1990 tentang Pendidikan Dasar
3. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas No: 421/309/Dikdas tanggal 28 Pebruari 2006 tentang Penyusunan RPS
4. Kalender Pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Sambas Tahun Pelajaran 2006/2007.
5. Keputusan Rapat TIM Penyusunan RIPS SMP Negeri 3 Selakau
6. Keputusan Rapat Komite SMP Negeri 3 Selakau

B. STAKEHOLDER SMP
Stakeholder adalah orang, kelompok atau organisasi yang dapat memberikan kontribusi yang positip bagi sekolah atau segala sesuatu yang dipengaruhi oleh output organisasi yang bersangkutan. Stakeholder merupakan kunci utama dalam menunjang program sekolah demi kemajuan bersama. Pada prinsipnya yang menjadi pendukung suatu lembaga pendidikan yakni sekolah tidak akan lepas dari unsur Pemerintah, guru dan masyarakat. Ketiga unsur tersebut saling mendukung didalam penyelenggaraan sekolah. Adapun peran dukungan dari ketiga unsur tersebut adalah :
1. Pemerintah
Dalam hal penyediaan sarana dan prasarana termasuk didalam hal pengadaan tenaga guru, peranan pemerintah sangat besar sekali. Gedung sekolah beserta perangkatnya untuk menciptakan suasana yang kondusf dalam kegiatan belajar mengajar menjadi target utama dalam pencapaian suksesnya wajib belajar sembilan tahun.
2. Guru
Guru meupakan ujung tombak dari keberhasilan program yang dicanangkan oleh pemerintah, karena guru langsung mengemban amanah yang ditugaskan untuk membina,membimbing dan melatih peserta didik untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Apalah artinya mempunyai sarana dan prasarana lengkap tetapi tenaga gurunya belum memadai, atau kurang sama sekali.
3. Tenaga administrasi dan karyawan sekolah
Tenaga administrasi yang handal dapat menyelesaikan segala kegiatan pengadministrasian disekolah merupakan faktor pendukung maju mundurnya suatu lembaga pendidikan. Begitu juga dengan karyawan sekolah termasuk didalamnya adalah tenaga pesuruh atau penjaga keamanan sekolah sangat mempunyai peranan yang penting bagi terlaksananya sekolah yang kondusif.
4. Masyarakat
Peran masyarakat disini termasuklah orang tua siswa, dimana orang tua siswa/masyarakat sudah peduli tentang dunia pendidikan dan bahkan sekolah sudah menjadi kebutuhan pokok dalam suatu kehidupan, sehingga tidak ada lagi kita menemukan anak usia sekolah yang tidak bersekolah. Karena masih banyak kita temukan bangunan sekolah masih kekurangan siswa, sedangkan dilapangan masih banyak anak yang tidak sekolah pada usia sekolah.
C. TUJUAN SEKOLAH
Tiap-tiap jenjang pendidikan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan jenjang pendidikan lain. Kekhususan ini dibutuhkan karena dalam penyampaian materi pendidikan perlu disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kemampuan mental psikologis anak didik. Upaya pengembangan manusia tidak lain adalah untuk mengembangkan segenap potensi yang ada pada diri manusia secara individual, agar ia menjadi manusia yang seimbang antara kehidupan individual dan sosial.
Tujuan pendidikan secara umum pada dasarnya adalah untuk dapat mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya yang cerdas, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur, serta dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan, memiliki kesehatan jasmani dan rohani, mempunyai kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Sedangkan tujuan pendidikan pada tingkat menengah dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki karakter, kecakapan, dan keterampilan yang kuat untuk digunakan dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya dan alam sekitar serta mengembangkan kemampuan dalam pendidikan lebih lanjut.Pencapaian tujuan belajar perlu diciptakan adanya sistem lingkungan belajar yang lebih kondusif. Sistem lingkungan belajar ini sendiri terdiri atau dipengaruhi oleh berbagai komponen yang masing-masing akan saling mempengaruhi. Adapun yang menjadi tujuan belajar disini adalah untuk mendapatkan suatu pengetahuan, penanaman konsep dan keterampilan serta pembentukan sikap.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka yang menjadi tujuan sekolah didalam penyusunan RIPS ini adalah :
1. Untuk mengetahui semua potensi sekolah yang ada dan bagaimana potensi sekolah yang ada itu diolah dan dikembangkan.
2. Untuk dapat dijadikan pedoman operasional dalam mengelola sekolah selama satu tahun pelajaran dan tahun–tahun berikutnya.
3. Untuk dapat dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan / ketidakberhasilan dalam mengelola sekolah selama suatu tahun pelajaran.
4. Untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang timbul/ sering timbul disekolah yang menjadi hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan pengembangan sekolah serta alternatif-alternatif pemecahan masalah tersebut.
5. Untuk mengetahui berbagai sumber daya dan sumber belajar yang bisa dimanfaatkan untuk memperlancar pengelolaan dan meningkatkan pengembangan sekolah.

BAB II
RENCANA INDUK PENGEMBANGAN SEKOLAH
1. VISI DAN MISI SMP Negeri 3 Selakau :
Visi :

“ CERDAS, TERAMPIL, MANDIRI SERTA BERIMAN DAN BERBUDI PEKERTI LUHUR “

Indikator Visi :

- UNGGUL DALAM DISIPLIN SEKOLAH
- UNGGUL DALAM LOMBA OLAH RAGA
- UNGGUL DALAM LOMBA KESENIAN
- UNGGUL DALAM AKTIFITAS KEAGAMAAN
- UNGGUL DALAM KEPEDULIAN SOSIAL

MISI SMP Negeri 3 Selakau :

- MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DAN BIMBINGAN YANG EFEKTIF
- MENYALURKAN BAKAT DAN MINAT SISWA SESUAI POTENSI YANG DIMILIKI
- MENUMBUHKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG SESAMA WARGA SEKOLAH
- MENUMBUHKAN PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA YANG DIANUT DAN JUGA BUDAYA BANGSA, SEHINGGA MENJADI SUMBER KEARIFAN DALAM BERTINDAK.
- MENDORONG DAN MEMBANTU SETIAP SISWA UNTUK MENGGALI POTENSI DIRI SEHINGGA DAPAT DIKEMBANGKAN SECARA OPTIMAL SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI.

2. Kurikulum


A. Struktur Kurikulum Kelas VII dan VIII


Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
VII VIII
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4
4. Bahasa Inggris 5 5
5. Matematika 5 5
6. Ilmu Pengetahuan Alam 5 5
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4
8. Seni Budaya 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2 2
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 2
B. Muatan Lokal
01. Perebengkelan/Peternakan 2 2
C. Pengembangan diri * ( BK, dll ) 2*) 2*)
D. Upacara Bendera 1 1
Jumlah 36 36

B. Struktur Kurikulum Kelas IX


Komponen Kelas dan Alokasi Waktu
IX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2
3. Bahasa Indonesia 4
4. Bahasa Inggris 5
5. Matematika 5
6. Ilmu Pengetahuan Alam 5
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4
8. Seni Budaya 2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan 2
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 2
B. Muatan Lokal
01. Tanaman Keras 2
C. Pengembangan diri * ( BK, dll ) 2 *)
D. Upacara Bendera 1
Jumlah 38

C. Muatan Kurikulum
1. Mata pelajaran
Mata pelajaran wajib:
- Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, IPS, Penjas, Seni & Budaya, Teknologi dan Informasi
2. Muatan Lokal
2.1. Perbengkelan
3. Kegiatan Pengembangan Diri *) Sesuai minat/bakat siswa
Melalui kegiatan ekstrakurikuler,yakni
3.1. Kepramukaan,
3.2. Pencak Silat
3.3. MIPA
3.4. Pemibnaan baca Alqur’an (Islam)
3.5. Seni dan Keterampilan
3.6. Olahraga Prestasi
Kerangka Model Pengembangan Diri
a. Pendahuluan
1) Untuk mengembangkan potensi atau kemampuan siswa sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan yang dimiliki siswa.
2) Untuk melatih siswa agar bisa berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing.
3) Untuk melatih kedisiplinan siswa dalam melaksanakan kegiatan yang sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan.



b. Peran BK dalam Pengembangan Diri
1) Mengidentifikasi minat, bakat, dan keterampilan siswa.
2) Mengarahkan siswa untuk mengembangkan potensi yang sudah dimiliki sesuai dengan bakat, minat, dan keterampilan masing-masing.
3) Membimbing siswa dalam mengembangkan potensinya masing-masing.

c. Kompetensi/Sasaran Pengembangan Diri.
1) Siswa memhami potensi dan keterampilan yang dimiliki.
2) Siswa dapat mengembangkan potensi dan keterampilan yang dimiliki sesuai dengan minat, bakat, dan tujuannya.
3) Siswa dapat memanfaatkan potensi dan keterampilan yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang dinginkan.

d. Kegiatan Pengembangan Diri
1) Dibagikan angket yang bertujuan untuk menjaring potensi dan keterampilan siswa.
2) Siswa mengisi angket sesuai dengan minat, bakat, dan keterampilan masing-masing.
3) Mengidentifikasi dan mengelompokkan siswa sesuai dengan pilihannya.
4) Pelaksanaanya diserahkan pada guru-guru yang relevan dengan minat, bakat dan ketrampilan siswa.
5) Penilaian lebih lanjut menjadi tanggung jawab guru-guru yang relevan dengan minat, bakat dan ketrampilan siswa.

e. Pengelolaan Pelayanan Pengembangan Diri
Pengelolaannya dipercayakan kepada guru-guru yang relevan dengan minat, bakat, dan keterampilan siswa, dibantu oleh guru BK dan Kepala Sekoalah sebagai penanggung jawab.

3. PESERTA DIDIK (KESISWAAN)

A. Data Siswa
a. Jumlah siswa Pertingkat
No Kelas Jenis Kelamin JLH
L P
1 VII A 13 16 29
2 VII B 13 17 30
3 VIII A 15 11 26
4 VIII B 15 12 27
5 IX A 11 24 35
6 IX B 15 19 34
Jumlah 82 99 181
b. Beasiswa 2008/2009
No Bentuk Beasiswa Kelas / Jumlah Jumlah
VII VIII IX
L P Jlh L P Jlh L P Jlh
1
2 BKM D
BSM -
- -
- -
- 1
1 -
- 1
1 1
2 1
4 2
6 3
7
Jumlah 10






c. Daftar Siswa Berprestasi Tahun Pelaran 2007/2008
No Nama Siswa Kelas Prestasi Keterangan
1 Leni VII Juara II Catur OOS 2008 Kabupaten
2 Fadli VIII Juara III MTQ OSS 2008 Kabupaten
3 Resy Primadeka VIII Juara I Cipta Cerpen OSS Kabupaten
4 Ringga VII Juara II Atletik ( Lari 80 m) Kabupaten
5 Resy Primadeka VIII Juara III Pencak Silat OOS Kabupaten
6 Maulita Ganisa IX Juara II Nilai UN Sub Rayon

4. KETENAGAAN
a. Jumlah Guru
Jenis Kelamin PNS Guru Bantu GTT Jumlah Keterangan
Laki-laki 8 1 3 12
Perempuan 2 - 2 4
Jumlah 10 1 5 16

b. Kondisi guru Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan
No Nama Tempat/ tanggal lahir Pangkat/
Gol Pendidikan Tahun Lulus Mata Pelajaran yang diajarkan Ket
1 Uray Iskandar, S.Pd. Sambas,11-11-1966 III d S. I / BK 2003 PKn
2 Mulyandi, S.Pd Pemangkat,14-02-1975 III c S.I B. Inggris 1998 B.Inggris
3 Marina, A.Md. P.Baru,27-05-1968 IIc D-III / Mat 1993 Matematika
4 Dahniar D, S.Pd, Singkawang,04-03-1970 III d S I/ PPKn 1996 PKn dan Bio
5 H a b i b, A.Md Pemangkat, 09-08-1966 II c D III / B.Indo 1991 B.Indonesia
6 Indra Kirana, S.Pd Singkawang, III c S1 B. Indonesia B. Indonesia
7 S u k u r Semelagi B, 08-04-1968 II b D II / B.Ingg 1992 B.Ingg & Geo
8 Jami’at S. Kolam,15-10-1968 II b D II / PPKn 1990 PKn & Sejarah
9 Ikhsan,SE. Selakau, 12-7-1972 III a A.IV/ Ekon 2002 Eko & Penjas
10 Matyani Sentebang, 13-5-1966 II b D II / PPKn 1990 Mulok
11 Minandar, S.Pd Singkawang S I / Ekonomi 1995 Eko & B. Indo Bantu
12 Sarmita, S.Pd Singkawang, 14-11-1972 S I / BK 2004 Mtk & Kesenian GTT
13 Arian Semelagi, 1-10-1977 SMEA/ Akuntansi 1998 Kesenian GTT
14 Asmadi Singkawang, 1-5-`968 SMA/IPA 1999 TIK & Penjas GTT
15 Karmila Setapuk PGA Agama Islam GTT
16 Benni, ST Selakau S1 /A IV Fis 2007 IPA GTT

c. Berdasarkan Kebutuhan Guru
No Mata Pelajaran GT Kebutuhan Kekurangan Kelebihan
1 Agama - 1 1 -
2 B.Indonesia 2 2 - -
3 PPKn 4 1 - 3
4 Matematika 1 2 1 -
5 Fisika - 1 1 -
6 Biologi - 1 1 -
7 Sejarah - 1 1 -
8 Ekonomi 1 1 - -
9 Geografi - 1 1 -
10 B.Inggris 2 2 - -
11 Penjaskes - 1 1 -
12 Kertakes - 1 1 -
13 Mulok - 1 1 -
14 Ketrampilan - 1 1 -
15 B K - 1 1 -
Jumlah 10 18 11 3

d. Jumlah Pegawai
Jenis Kelamin PNS PTT Penjaga sekolah Jumlah Keterangan
Laki-Laki 1 - 2 3
Perempuan - 2 - 2
Jumlah 1 2 2 5

e. Pegawai berdasarkan latar belakang pendidikan

No Nama Tempat/ tanggal lahir Pang
kat /Gol Pendidikan Tahun Lulus Ket
1 Mawardi Mahbar Singkawang, 8-7-1954 II b SMP 1979
2 Irma Lurniawati Singkawang, 8-5-1986 SMK 2004
3 Nazuarni Perapakan B, 13-8-1980 SMK 1999
4 Muayyat Bangang, 18 Juli 1969 STM 1989
5 Wahab Semelagi Besar SMP 2008

5. SARANA DAN PRASARANA

a. Jumlah ruang
No Jenis Ruang Jumlah Luas Diperoleh Keadaan Ketera
ngan
Dari Tahun Baik Rusak Ringan Rusak Berat
1 Kelas 6 486 Prop/Kab 01/02/03 2 4 - Lantai
2 Perpustakaan 1 135 Pusat 2006  - - -
3 Guru 1 81 Prop 2001 -  -
4 UKS 1 22 - - - - - -
5 TU 1 22 Prop 2001 -  - Lantai
6 Kepala Sekolah 1 22 Prop 2001 -  - Lantai
7 Laboratorium 1 150 Pusat 2007  - - -
8 Ketrampilan - - - - - -- - -
9 W C 4 17 Prop 2001 -  - Lantai
b. Keadaan Meubeler/ Mesin
No Jenis Meubeler/ Mesin Jumlah Diperoleh dari Keadaan Ketera
ngan
Dari Tahun Baik Rusak ringan Rusak Berat
1 Kursi Tamu 1 set Rutin 2002 
2 Kursi siswa 192 Prop/Kab 02/04 
3 Meja Siswa 160 Prop/Kab 02/04 
4 Meja Guru 7 Prop/Kab 02/04 
5 Kursi Guru 14 Prop/Kab 02/04 
6 Lemari 2 Prop 2002 
7 Rak Buku 2 Prop 2002 
8 Lemari Arsip 1 Prop 2002 
9 Mesin Ketik 2 Kab/Rutin 2002  
10 Mesin Stensil 1 Rutin 2003 
11 Komputer 8 SG/FM 04/07 6 1 1
12 Mesin Penebas Rumput 1 FM 2007 -  -
c. Alat Peraga Pendidikan
No Jenis Jumlah Keterangan
1 Model-model biologi 13 Baik
2 Model-model tumbuhan 1 Baik
3 Model-model hewan 4 Baik
4 Gambar dinding biologi Manusia 18 Rusak
5 Gambar biologi hewan 15 Rusak
6 Gambar biologi tumbuhan 6 Rusak
7 Peta 5 4 Baik/ 1 Rusak
8 Atlas 10 Rusak
9 Bola Volley 6 1 baik/ 5 rusak
10 Bola Kaki 2 1 Baik/1 rusak
11 Raket 2 Rusak
12 Tolak Peluru 2 Baik
13 Cakram 2 Baik
14 Matras 2 Baik



d. Lapangan Olah Raga
No Lapangan Olah Raga Jumlah Keterangan
1 Volley Ball 2 1 belum sempurna
2 Tenis Meja 1
3 Badminton 1 Belum sempurna

6. ORGANISASI

a. Struktur Organisasi Sekolah

















b. Penjelasan Struktur Org. Sekolah
TUGAS WAKIL KEPALA SEKOLAH

Kepala Sekolah bersama-sama dengan Wakil Kepala Sekolah dapat menjamin terlaksananya Proses Belajar Mengajar dengan baik dan dapat menciptakan suasana yang tertib dan tenang didalam lingkungan sekolah.
Tugas wakil Kepala Sekolah adalah membantu dalam urusan tugas Kepala Sekolah baik urusan kedalam ataupun keluar demi untuk menciptakan lancarnya kegiatan operasional sekolah. Adapun yang menjadi tugas pokok Wakil Kepala Sekolah adalah mengkoordinasikan/ mengawasi pelaksanaan :
a. Urusan Kurikulum
b. Urusan Kesiswaan
c. Pengadaan sarana/Prasarana
d. Menjalin hubungan Kerjasama dengan masyarakat.

TUGAS GURU BIDANG STUDI.
Adapun yang menjadi tugas guru bidang studi adalah sebagai berikut :
a. Hadir disekolah pada setiap hari kerja dibuktikan dengan absen hadir
b. Tidak dibenarkan pulang sebelum jam sekolah usai, kecuali bila semua kelas sudah ada pengajarnya atau ada hal yang sangat mendesak.
c. Membuat perangkat pengajaran secara lengkap.
d. Melaksanakan analisis soal, program perbaikan dan pengayaan
e. Melaksanakan tugas mengajar sesuai dengan jadwal pelajaran berdasarkan SP/Program semester yang dibuatnya.
f. Mengisi jurnal kelas bagi setiap pertemuan dalam Kelas.
g. Melakukan evaluasi Formatif, Sub Sumatif dan Sumatif serta pemberian tugas pada akhir mengajar.
h. Mengetahui masalah anak didik.
i. Mengambil tindakan untuk membantu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa.
j. Mengadakan penilaian kelakuan dan kerajinan
k. Memperhatikan Buku Rapor kenaikan kelas dan Ebta.
l. Memperhatikan kesehatan aanak didik
m. Membina susasana kekluargaan
n. Mengenal pribadi anak dan menjadi contoh teladan bagi siswa dalam hal disiplin
o. Bekerjasama dengan Wali Kelas, petugas BK, Guru Piket, Wakasek dan Kepala Sekolah mengenai masalah yang dihadapi.
p. Melaksanakan tugas guru piket
q. Mampu mengendalikan emosi diri dalam menghadapi suatu masalah
r. Mengajar secara aktif dan tidak dibenarkan menyuruh siswa untuk mencatat pelajaran dipapan tulis sedangkan gurunya hanya duduk-duduk dikursi.
s. Secara bersama-sama meningkatkan mutu pendidikan sekolah dan mendorong siswa untuk gemar membaca dengan memanfaatkan Perpustakaan Sekolah
t. Selalu melaksanakan absensi kepada siswa setiap mengajar
u. Setiap guru dapat menerapkan berbagai metode mengajar yang sudah dikuasai, jangan hanya monoton setiap pertemuan hanya ceramah dan tanya jawab saja.
v. Melaporkan kegiatan kepada Wakil Kepala Sekolah/ Kepala Sekolah

TUGAS URUSAN KURIKULUM
Urusan Kurikulum merupakan tugas yang paling dominan menguasai keberlangsungan terjadinay proses belajar mengajar secara efektif. Adapun yang menjadi tugasnya adalah sebagai berikut :
a. Bersama dengan Kepala sekolah/ Wakasek menajbarkan Kalender Pendidikan
b. Menyusun Pembagian tugas mengajar guru
c. Menyusun jadwal dan meneliti jumlah jam pelajaran
d. Mengalihkan/ menggantikan tugas guru yang cuti kepada guru yang serumpun
e. Pengelolaan Kurikuler dan Ektrakurikuler
f. Mengumpulkan hasil nilai sumatif
g. Pelaksanaan evaluasi Belajar
h. Memimpin Rapat Kenaikan Kelas
i. Analisis Hasil Ulangan
j. Mengadakan Program perbaikan dan pengayaan
k. Mendiskusikan tentang pelaksanaan pengajaran dan pendidikan disekolah
l. Membimbing guru dalam penyusunan perangkat pengajaran
m. Membantu Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi Kelas ( KBM )
n. Mengawasi kelancaran KBM dan melakukan pembinaan kepada siswa bersama-sama dengan wali kelas dan guru BK
o. Memonitor dan mengawasi Mutasi siswa
p. Mengkoordinir penyusunan test lengkap dengan kisi-kisi
q. Koordinator Ulangan Umum setiap semester
r. Memonitor bahan perlengkapan pengajaran ( Buku Nilai, Daftar Kelas, Absensi siswa )
s. Membuat Grafik Input dan Output.
t. Koordinator PSB
u. Menyampaikan Laporan kepada Kepala sekolah
v. Buku-buku perlengkapan administrasinya :
(1) Kurikulum GBPP/ Supelemen
(2) LPP
(3) Juknis dan Juklak setiap Mata Pelajaran
(4) Kumpulan Target Kurikulum dan daya serap
(5) Grafik NEM Input dan Output
(6) Kumpulan soal sumatif lengkap dengan Kisi-kisi
(7) Kumpulan Nilai Ulangan Harian dan Tugas
(8) Format supervisi Kunjungan Kelas ( KBM )
(9) Buku Piket
(10) Daftar Buku wajib dan Penunjang serta Referensi yang digunakan guru setiap mata pelajaran


TUGAS URUSAN KESISWAAN.
Adapun yang menjadi tugas urusan Kesiswaan adalah :
a. Bersama dengan Kepala Sekolah dan Wakasek merencanakan pelaksanaan PSB
b. Pembinaan terhadap OSIS
c. Melaksanakan kegiatan ektrakurikuler yang meliputi jenis kegiatan dan sekaligus menyusun program kegiatan administrasi serta pelaporan
d. Bersama Wali Kelas melakukan pembinaan terhadap siswa, serta melakukan pengawasan dalam hal kehadiran siswa.
e. Membimbing dan mengarahkan serta mengendalikan siswa/OSIS agar dapat menunjang pelaksanaan Kurikulum dan Tata Tertib sekolah
f. Membimbing dan mengarahkan proses pemilihan OSIS
g. Mengawasi kegiatan OSIS terutama Ekstrakurikuler
h. Setiap akhir bulan menyiapkan Rekapitulasi Persentai kehadiran siswa dan menyerahkannya kepada wali Kelas untuk diisi dan kemudian dikumpulkan kembali
i. Bersama wali kelas melakukan tindak lanjut terhadap siswa yang sering absen
j. Mengusulkan beasiswa dan pelajar teladan
k. Melakukan pembinaan terhadap siswa dan bekerjasama dengan wali Kelas dan guru BK
l. Memonitor kegiatan UKS
m. Bersama-sama OSIS membuat program Kerja kegiatan OSIS
n. Buku-buku administrasinya :
(1) Pedoman Pengelolaan OSIS
(2) Struktur OSIS
(3) Kumpulan SK OSIS
(4) Buku catatan siswa berprestasi
(5) Buku catatan siswa penerima bea siswa
(6) Buku Induk siswa
(7) Buku Klapper
(8) Mutasi siswa
(9) Surat persetujuan Mutasi Masuk
(10) Dokumen Penyerahan STTB
(11) TataTertib siswa
(12) Buku Kelas
(13) Daftar Hadir siswa
(14) Daftar 8355 kelasw I,II dan III ditanda tangani Kasek dan Pengawas
(15) Kumpulan Foto copy STTB

o. Memberikan laporan tentang pembinaan siswa kepada Kepala sekolah secara Periodik dan semua tugas ini dipertanggung jawabakan

TUGAS BAGIAN SARANA DAN PRASARANA
Adapun yang menjadi tugas bagian sarana dan prasarana adalah sebagai berikut :
a. Inventarisasi sarana dan prasarana
b. Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana
c. Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
d. Pengelolaan pembiayaan alat-alat pelajaran
e. Pengadaan, pemeliharaan, pengamanan dan penghapusan barang inventaris
f. Membantu kelancaran PBM
g. Menerima barang dari pengadaan sendiri, Proyek, hibah atau sumber lain
h. Menyiapkan Kartu Barang ( KIR ) dalam setiap ruang
i. Membuat Kode barang inventaris untuk semua jenis barang
j. Laporan Barang Inventaris tiap triwulan dan tahunan
k. Mendistribusikan barang kepada petugas yang memerlukan atas dasar bon permintaan barang
l. Melayani peminjaman barang sengan Ekspedisi Buku Peminjam
m. Melaporkan kegiatannya kepada Kasek secara periodik
n. Buku-buku administrasinya :
(1) Buku Induk Inventaris Barang
(2) Buku Golongan Barang
(3) Buku Penerimaan dan Pengeluaran Barang
(4) Berita Acara Penyerahan dan Penerimaan Barang
(5) KIR
(6) Buku Pembelian Barang
(7) Kartu Stok Barang

7. PEMBIAYAAN


SUMBER DANA PENGGUNAAN
No U r a i a n Jumlah No U r a i a n Jumlah
I.






II












Rutin :
1. Belanja Pegawai
2. Belanja Barang
3. Belanja Pemeliharaan
4. Belanja Lain-lain.
Bantuan :
1. BOS
2. Formal Mandiri
87.184.000
12.096.000



62.628.000,-
100.000.000,- I.


II.




Rutin
1. Belanja Pegawai
2. Belanja Barang
Bantuan
1. BOS :
a. Honor Guru & TU
b. ATK
c. Bhn Habis Pakai
d. Foto Copy
e. Trans.Peng. Ujian
f. UAS & Try Out
g. ULUM Harian/Blok
h. Peng. Bhn Praktik
i. Peng. Potensi siswa
j. Kegiatan PSB
k. Kegiatan OSIS
l. Penyeleng. Lomba
m. Kegiatan Pramuka
n. Pemb. Keagamaan
o. Kegiatan Les
p. Buku Penunjang
q. Trans. Siswa
r. Biaya Pengecatan
s. Perb. Atap/lantai
t. Perbaikan Garasi
u. Perb. Kursi Meja
v. Pengelola BOS
w. MGMP
2. Formal Mandiri :
a. Peng. SDM
b. Peng. KTSP
c. Peng. PBM
d. Peng. Sarana/Pras
e. Peng. Manajemen
f. Peng. Sum.Dana
g. Peng. Sistem Pen
h. Peng. Ling. Sekolah
i. Peng. Bud. Sekolah
j. Peng. Keg. Kesiswa
k. Peng. PTD
l. Peng PKH
m. Biaya Operasional
87.184.000,-
12.096.000,-


21.900.000,-
2.188.500,-
2.400.000,-
600.000,-
200.000,-
1.200.000,-
2.600.000,-
600.000,-
2.400.000,-
1.200.000,-
3.000.000,-
800.000,-
1.500.000,-
1.000.000,-
1.200.000,-
8.300.000,-
2.400.000,-
1.600.000,-
800.000,-
400.000,-
500.000,-
3.240.000,-
2.600.000,-

3.570.000,-
1.520.000,-
31.690.000,-
42.220.000,-
1.620.000,-
550.000,-
1.130.000,-
4.200.000,-
500.000,-
5.160.000,-
420.000,-
1.620.000,-
5.800.000,-

Jumlah Penerimaan :
261.908.000
Jumlah Pengeluaran :

261.908.000


8. MANAJEMEN SEKOLAH

a. Job Description ( Pembagian Tugas )
Tahun Pelajaran 2008/2009

NO

N A M A
JABATAN
T U G A S
1 2 3 4
1. Uray Iskandar,S.Pd
NIP. 131 905 692 Kepala Sekolah  Mengkoordinir semua tugas Guru
 Mengawasi Pelaksanaan Tugas Guru
 Membuat rencana Kegiatan Sekolah.
 Melaksanakan tugas-tugas yang berhubungan dengan jabatan
 Membuat aturan Tata Tertib bersama guru dan Komite
 Mengadakan hubungan dengan atasan / instansi terkait.
 Mengajar mata pelajaran PKn kelas VIII
2. Dahniar D, S.Pd
NIP. 132 191 992 Wakasek  Membantu Tugas Kepala Sekolah
 Mengkoordinasikan, mengawas tugas Urusan Kurikulum, Sarana / Prasarana
 Menjalin hubungan dengan masyarakat.
 Mengajar mata pelajaran PKn kelas VII,IX Biologi kelas VIII, IX
3. Jamiat
NIP. 520 026 089 Guru /
Urusan Kurikulum / Wali Kelas  Melaksanakan tugas Urusan Kurikulum
 Mengajar mata pelajaran Sejarah kelas VII, VIII, IX, Fisika kelas VII
 Wali Kelas IX A.
4. Ikhsan, SE
NIP. 520 025 072 Guru /
Urusan Kesiswaan  Melaksanakan tugas Kesiswaan.
 Mengajar mata pelajaran Ekonomi kelas VIII, Penjaskes kelas VIII, Geografi kelas VII, IX
5. Habib, S. Pd
NIP. 520 016 427 Guru / Urusan Saran Prasarana / Wali Kelas  Melaksanaan tugas Urusan Sarana dan Prasarana
 Mengajar mata pelajaran B. Indonesia kelas VII, IX, Pendidikan Agama Islam kelas VII.
 Wali Kelas VII A.
6. Nazuarni Pengelola Perpustakaan  Melaksanakan tugas mengurus Perpustakaan.
7. Hajijah, S.Pd Guru / UKS / 7 K / Wali Kelas  Melaksanakan Tugas Urusan UKS / 7 K
 Mengajar mata pelajaran TIKOM kelas VII, VIII, IX.
 Wali Kelas VIII A.
8. Sukur
NIP. 520 025 958 Guru/ Pembina OSIS / Pramuka / Wali Kelas  Melaksanakan Tugas membina OSIS dan Pramuka
 Mengajar mata pelajaran B. Inggris kelas VII, VIII.
 Wali Kelas VIII C
9. Sarmita, S.Pd Guru / BP  Melaksanakan Tugas BP
 Mengajar mata pelajaran Pengembangan Diri kelas VII, VIII, IX.
10. Mulyandi, S.Pd Guru /
Wali Kelas  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran B. Inggris kelas IX, Matematika kelas VII.
 Membantu Kepala Sekolah
 Wali Kelas VII B.
11. Marina, S.Pd
NIP. 520 015 382 Guru / Bendahara BOS / Wali Kelas  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran Matematika kelas VIII, IX
 Mengelola Dana BOS
 Wali Kelas IX B
12. Indra Kirana, S.Pd
NIP. 132 191 993 Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran B. Indonesia kelas VIII
 Membantu Kepala Sekolah
 Koordinator 7K/UKS
13. Minandar, S.Pd
Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran Geografi kelas VII, IX, Mulok kelas VIII, Biologi kelas VII.
 Membantu Kepala Sekolah
14. Matyani Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran Mulok kelas VII, IX
 Membantu Kepala Sekolah
15. A r i a n Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran Seni Budaya kelas VII, VIII dan IX
 Membantu Kepala Sekolah
16. Syafe’i Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata Fisika kelas VIII, IX
 Membantu Kepala Sekola
17. Karmila Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII, IX
 Membantu Kepala Sekolah
18. Asmadi, S.Pd Guru /
Wali Kelas  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran Penjaskes kelas IX, Geografi kelas VIII
 Wali Kelas VIII B
19 Benni, ST Guru  Membina dan membimbing siswa
 Mengajar mata pelajaran IPA Kelas VII
 Membantu Kepala Sekolah
20. Mawardi MB.
NIP. 130 916 832 Staf TU  Penyelenggaraan kegiatan Ketatausahaan
 Membuat dan mengisi papan data.
 Bendahara Rutin / gaji ( Pembantu Pemegang Kas )
 Membuat Laporan Bulan / Triwulan dan Tahunan
21. Irma Kurniawati Staf TU  Penyelenggaraan kegiatan Ketatausahaan
 Membuat dan mengisi papan data.
 Membuat Laporan Bulanan / Triwulan / Tahunan
22 Muayyat Staf  Petugas Jaga malam
 Petugas Jaga /memelihara kebersihan lingkungan
 Penjaga sekolah









9. PERAN SERTA MASYARAKAT

K E T U A
Sukarno NARA SUMBER
1. UPT Dinas Pendidikan
2. Dewan Pendidikan







Bendahara
Ikhsan,S.E Sekretaris
Sukur








Bid.Peningkatan
Mutu
Indra Juarsa
Bid. Humas

Candra Bid.Sarana Pra
Sarana
R e h a n Bid.Kesiswaan

Fatmawati Bid. Kesejahtreraan/
Ketenagaan
Rusdi Bid.Keterampilan
Dan Kewirausahaan
N a i m
Keterangan :
: Hub. Instruktif.

---------------- : Hub. Koordinasi.


10. RENCANA PENTAHAPAN PELAKSANAAN
a. STRATEGI PELAKSANAAN
Program 1 : Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar secara efektif
( Penanggung Jawab : Marina, S.Pd )

a. Melengkapi adiministrasi pembelajaran
b. Meningkatkan kemampuan guru melalui MGMP/pelatihan
c. Meningkatkan pengawasan kehadiran guru dan siswa
d. Melaksanakan supervisi KBM

Program 2 : Melaksanakan pembinaan kegiatan olah raga prestasi secara intensif
( Penanggung Jawab : Mulyandi, S.Pd )

a. Pengadaan sarana dan prasarana yang memadai
b. Membuat jadwal latihan secara teratur
c. Mengadakan uji tanding dengan sekolah terdekat
d. Siap tampil dalam berbagai acara

Program 3 : Melaksanakan latihan kesenian secara teratur
( Penanggung Jawab : Sarmita, S.Pd )

a. Menginvetarisir sarana prasarana yang mendukung
b. Membuat jadwal latihan
c. Melaksanakan latihan seni tari secara teratur
d. Selalu mengikuti acara pertandingan

Program 4 : Peningkatan kebersihan sekolah yang sehat berwawasan lingkungan
( Penanggung Jawab :Indra Kirana , S.Pd )

a. Menyediakan sarana pendukung kebersihan
b. Mengadakan Jumat bersih sebulan 2 x
c. Membuat taman dan kebun sekolah
d. Membuat jadwal petugas kebersihan

Program 5 : Pembinaan keagamaan
( Penanggung Jawab :Karmila)

a. Menyediakan sarana pendukung kegiatan
b. Mengadakan latihan baca Al-Quran
c. Mengadakan dan memperingati hari besar keagamaan
d. Membuat jadwal kegiatan

Program 6 : Pembinaan kepramukaan
( Penanggung Jawab :IKhsan, S.E )

a. Menyediakan sarana pendukung kegiatan
e. Mengadakan latihan kepramukaan secara intensif
f. Mengikuti acara kegiatan kepramukaan baik tingkat Kecamtan maupun Kabupaten
g. Membuat jadwal kegiatan

b.. OUT PUT YANG DIHARAPKAN ( 4 tahun )

PROGRAM 1 : Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar secara efektif :
- Pada tahun 2010 rata-rata nilai ujian murni 6,00

PROGRAM 2 : Melaksanakan pembinaan kegiatan olah raga prestasi secara intensif :
- Pada tahun 2010 minimal 3 cabang tim olah raga mampu menjadi finalis tangkat kabupaten

PROGRAM 3 : Melaksanakan latihan kesenian secara teratur :
- Pada tahun 2010 memiliki Tim Kesenian minimal mampu tampil pada acara Festival tingkat kabupaten

PROGRAM 4 : Peningkatan kebersihan sekolah yang sehat berwawasan lingkungan :
- Pada tahun 2010 terpilih sebagai sekolah sehat yang berwawasan lingkungan ditingkat Kabupaten

PROGRAM 5 : Peningkatan kegiatan keagamaan :
- Pada tahun 2010 terpilih sebagai sekolah yang pandai dan terampil dalam membaca Al-Quran pada tingkat Kabupaten

PROGRAM 6 : Peningkatan kegiatan kepramukaan :
- Pada tahun 2010 terpilih sebagai sekolah yang dapat mengikuti Jambore Tingkat Nasional

c. TAHAPAN PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH

1. Sasaran 1: Melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar secara Efektif
Rencana : Pelaksanaan KBM secara efektif
Program Kerja :
Program Kerja 1 : Melaksanakan kegiatan MGMP sekolah
Rincian Program :
a. Mengadakan pertemuan guru yang sejenis secara berkala
b. Menyusun strategi mengajar untuk menyiasati KTSP
c. Membahas dan mencari pemecahan dari masalah yang timbul
d. Membantu guru dalam pemahaman materi ajar yang sulit

Program Kerja 2 : Meningkatkan kedisiplinan siswa dalam belajar
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi jenis pelanggaran yang sering dilakukan siswa
b. Memanfaatkan guru BK yang sudah ditunjuk
c. Pemanfaatan tugas wali kelas untuk memperhatikan siswanya
d. Memberlakukan sanksi yang sudah ditetapkan

Program Kerja 3 : Pembentukan kelompok diskusi belajar
Rincian Program :
a. Tiap wali kelas membentuk kelompok belajar
b. Setiap akhir pelajaran Guru bidang studi selalu memberi tugas
c. Memanfaatkan peran kakak kelasnya untuk membimbing

Program Kerja 4 : Peningkatan Kualifikasi Guru
Rincian Program :
a. Menghimbau kepada guru untuk melanjutkan kuliah (bagi yg blm S1)
b. Mendaftarkan guru ikut penyataraan D III atau S1 ke UT

Program 5 : Penambahan Jumlah tenaga Pengajar
Rincian Program :
a. Menambah tenaga honorer
b. Mencari tenaga honorer yang sesuai latar belakang pendidikan

Program 6 : Peningkatan Layanan perpustakaan dan pengadaan buku
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi kebutuhan buku untuk guru dan siswa
b. Membeli buku sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia
c. Melaksanakan pelayanan perpustakaan dengan baik

Program 7 : Pengusulan Penambahan buku paket
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi jenis buku paket setiap mata pelajaran
b. Menyusun daftar kekurangan jumlah buku
c. Mengusulkan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/propinsi

2. Sasaran 2: Melaksanakan pembinaan kegiatan olah raga prestasi secara intensif

Rencana : Pembinaan kegiatan olah raga prestasi
Program 1 : Pembinaan bidang olah raga yang selalu dipertandingkan
Rincian Program :
a. Mendata nama-nama siswa yang telah memenuhi persyaratan
b. Mengadakan pembinaan latihan secara berkala
c. Menambah beban jam latihan
d. Mengadakan uji coba dalam satu tim binaan
e. Mengadakan uji coba dengan sekolah lain yang terdekat
f. Membuat jadwal latihan khusus bagi siswa binaan
g. Mengadakan evaluasi hasil binaan
Program 2 : Pemanfaatan waktu diluar jam binaan
Rincian Program :
a. Membiasakan siswa untuk berlatih atas inisiatif sendiri
b. Dikelompokkan dengan siswa yang terdekat untuk selalu latihan fisik
c. Bergabung dengan masyarakat untuk latihan bersama

Program 3 : Pengadaan peralatan olah raga
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi peralatan olah raga yang akan diperlukan
b. Membeli peralatan olah raga sesuai dengan dana yang tersedia
c. Memanfaatkan peralatan olah raga untuk pembinaan

Program 4 : Meminta dukungan orang tua siswa
Rincian Program :
a. Mendata nama siswa yang akan dibina secara khusus
b. Memanggil orang tua siswa binaan khusus
c. Mengadakan kerjasama pengawasan dalam belajar siswa



3. Sasaran 3 : Melaksanakan latihan kesenian secara teratur

Rencana : Latihan kesenian secara teratur
Program 1 : Pembinaan bidang kesenian yang selalu dipertandingkan
Rincian Program :
a. Mendata nama-nama siswa yang telah memenuhi persyaratan
b. Mengadakan pembinaan latihan secara berkala
c. Membuat jadwal latihan khusus bagi siswa binaan
d. Mengadakan evaluasi hasil binaan

Program 2 : Pemanfaatan waktu diluar jam binaan
Rincian Program :
a. Membiasakan siswa untuk berlatih atas inisiatif sendiri
b. Dikelompokkan dengan siswa yang terdekat untuk selalu latihan

Program 3 : Pengadaan peralatan kesenian yang diperlukan
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi peralatan kesenian yang akan diperlukan
b. Membeli peralatan kesenian sesuai dengan dana yang tersedia
c. Memanfaatkan peralatan kesenian untuk pembinaan

Program 4 : Meminta dukungan orang tua siswa
Rincian Program :
a. Mendata nama siswa yang akan dibina secara khusus
b. Memanggil orang tua siswa binaan khusus
c. Mengadakan kerjasama pengawasan dalam belajar siswa

4. Sasaran 4: Peningkatan kebersihan sekolah yang sehat berwawasan lingkungan

Rencana : Kebersihan sekolah yang sehat
Program 1 : Menambah jumlah koordinator kebersihan lingkungan / 7 K
Rincian Program :
a. Membagi tugas koordinator kebersihan
b. Membuat jadwal piket kordinator kebersihan
c. Mengadakan evaluasi kerja

Program 2 : Mengadakan Program Jumat Bersih
Rincian Program :
a. Membuat jadwal secara terperinci
b. Melaksanakan program yang sudah dibuat
c. Mengadakan evaluasi dan monitoring kegiatan


Program 3 : Menambah jumlah peralatan kebersihan
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi peralatan kesenian yang akan diperlukan
b. Membeli peralatan kesenian sesuai dengan dana yang tersedia
c. Memanfaatkan peralatan kesenian untuk pembinaan

Program 4 : Penanaman jenis tanaman yg sesuai dgn lingkungan sekolah
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi jenis tanaman yang sesuai
b. Menugaskan kepada siswa untuk membawa jenis tanaman tertentu
c. Mengadakan kerjasama dengan pihak luar untuk penanaman bibit
d. Mengadakan pemeliharaan tanaman

5. Sasaran 5: Peningkatan kegiatan keagamaan

Rencana : Kegiatn keagamaan
Program 1 : Menambah jumlah koordinator kegiatan
Rincian Program :
a. Membagi tugas koordinator kegiatan
b. Membuat jadwal kordinator kegiatan
c. Mengadakan evaluasi kerja



Program 2 : Mengadakan Program Latihan Baca Al-Quran
Rincian Program :
a. Membuat jadwal secara terperinci
b. Melaksanakan program yang sudah dibuat
c. Mengadakan evaluasi dan monitoring kegiatan

Program 3 : Menambah jumlah Al-Quran
Rincian Program :
c. Mengidentifikasi jumlah Al-Quran yang akan diperlukan
d. Membeli Al-Quran sesuai dengan dana yang tersedia
c. Memanfaatkan perlengkapan yang ada untuk pembinaan

Program 4 : Penyelesaian bangunan mushalla sekolah
Rincian Program :
a. Memperkirakan anggaran dan infak dan sumbangan
b. Bersama Komite Sekolah, Orang tua siswa dalam pembahasan jumlah dana yang diperlukan
c. Mengadakan kerjasama dengan pihak luar ( PEMDA KAB. SAMBAS ) untuk kelanjutan pembangunan
d. Mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa kelas VII maupun kelas IX (yang lulus )

6. Sasaran 6: Peningkatan kegiatan kepramukaan

Rencana : Kegiatan kepramukaan
Program 1 : Menambah jumlah koordinator kegiatan
Rincian Program :
a. Membagi tugas koordinator kegiatan
b. Membuat jadwal kordinator kegiatan
c. Mengadakan evaluasi kerja

Program 2 : Mengadakan Program Latihan Kepramukaan secara Kontinyu
Rincian Program :
a. Membuat jadwal secara terperinci
b. Melaksanakan program yang sudah dibuat
c. Mengadakan evaluasi dan monitoring kegiatan

Program 3 : Menambah jumlah tenda
Rincian Program :
a. Mengidentifikasi jumlah tenda yang akan diperlukan
b. Membeli tenda sesuai dengan dana yang tersedia
c. Memanfaatkan perlengkapan yang ada untuk pembinaan

Program 4 : Merencanakan kegaitan perkemahan dilingkungan sekolah atau diluar sekolah
Rincian Program :
a. Memperkirakan anggaran dana
b. Bersama Komite Sekolah, Orang tua siswa dalam pembahasan kegiatan dan pendanaan
c. Mengadakan kerjasama dengan gudep luar maupun Kwaran untuk kegiatan
d. Mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa kelas VII

d. OUT PUT

Sasaran 1 : Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009, 80 % guru mampu melaksanakan pembelajaran secara efektif
Sasaran 2 : Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009, minimal 3 cabang olah raga juara 1 tingkat kecamatan
Sasaran 3 : Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009, TIM kesenian mampu mengikuti pertandingan tingkat kecamatan
Sasaran 4 : Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009, menjadi juara kebersihan sekolah tingkat kecamatan
Sasaran 5 : Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009, menjadi juara kebersihan sekolah tingkat kabupaten
Sasaran 6 : Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009, menjadi peserta Jamcab tingkat Kabupaten

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Penyelenggaraan pendidikan disuatu sekolah khususnya di SMP Negeri 3 Selakau bahwa dalam kondisi obyektifnya bahwa belumlah mempunyai kontribusi yang besar bagi dunia pendidikan, karena mengingat masih sedikitnya jumlah perkembangan siswa dalam setiap tahunnya untuk masuk ke SMP Negeri 3 Selakau, sehingga setiap tahun penerimaan siswa baru belum terpenuhinya jatah untuk 3 kelas, hal ini dikarenakan sedikitnya jumlah tamatan SD pendukung, ditambah lagi banyaknya siswa yang berada diwilayah Singkawang masuk ke sekolah lain. Namun untuk tahun pelajaran 2008/2009 barulah jumlah siswa baru mencapai 58 orang, sehingga terlaksana dengan 2 rombongan belajar.
Jumlah guru yang berstatus pegawai negeri juga sangat terbatas, sehingga masih banyak menggunakan tenaga honorer yang kebetulan juga tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.
Belum terpenuhinya daya untuk meningkatkan nilai perbandingan Input dan Output, bahkan masih besar sekali jumlah siswa yang tidak lulus dalam lima tahun mengikuti Ujian Nasional. Sekarang dari jumlah siswa yang lulus sudah banyak yang melanjutkan, yakni dari 20 orang yang lulus ada 15 siswa yang melanjutkan ke SMA/SMK.
Mengenai sarana prasarana yang mendukung juga belum mencukupi, seperti alat Laboratorium, Gedung Ketrampilan, pagar sekolah saja SMP Negeri 3 selakau belum sepenuhnya terlaksana.

B. Saran
Kami selaku unit pelaksana teknis dunia pendidikan, memang sudah berusaha dan berupaya untuk meningkatkan hasil kenierja yang optimal, maka kedepan kami sarankan kepada pihak yang berkompeten dalam menangani permasalahan yang ada dalam laporan ini maka kami sarankan bahwa :
1. Dapat membeikan dana yang cukup untuk minat siswa supaya mau masuk ke SMP Negeri 3 Selakau, karena memang kegiatan ekstra ataupun les masih sangat kurang, mungkin dapat suntikan dana pusat untuk mengelola kegiatan tersebut.
2. Dapat menambah jumlah guru dan staf TU yang berstatus pegawai negeri, walaupun sekedar pindahan dari sekolah ataupun instansi lainnya.
3. Selalu mengikutsertakan guru-guru SMP Negeri 3 Selakau dalam mengikuti pelatihan dan penataran, walaupun sudah ada namun masih banyak yang belum ikut serta.
4. Memberikan fasilitas sarana prasarana yang belum dimiliki oleh SMP Negeri 3 Selakau secara bertahap.















Selakau 28 Juli 2008
Kepala Sekolah


URAY ISKANDAR S.Pd
NIP. 131 905 692














































RIPS MEMUAT 10 POKOK KOMPONEN :
1. VISI DAN MISI
2. KURIKULUM
3. PESERTA DIDIK (KESISWAAN)
4. KETENAGAAN
5. SARANA DAN PRASARANA
6. ORGANISASI
7. PEMBIAYAAN
8. MANAJEMEN SEKOLAH
9. PERAN SERTA MASYARAKAT
10. RENCANA PENTAHAPAN PELAKSANAAN

You Might Also Like

0 Komentar Tog Bhe Maseh: