Sistematika penyusunan Rencana Kerja Menengah (RKJM)

04.46 URAY ISKANDAR 0 Comments

a)       Sistematika penyusunan Rencana Kerja Menengah (RKJM)
I.      Cover/Halaman Judul
1.      Logo sekolah dan atau daerah
2.      Judul
3.      Tahun pelajaran
4.      Alamat sekolah
II.      Lembar Pengesahan berisi; Rumusan kalimat pengesahan, ditanda tangan kepala sekolah  dan stempel/cap sekolah, Ditanda tangan ketua komite sekolah dan stempel/cap Komite Sekolah
III.    Kata Pengantar
IV.     Daftar isi
V.       Daftar Tabel
VI.     BAB I PENDAHULUAN
A.   Latar belakang
B.    Libu/bapasan
C.   Maksud danTujuan
1.      Maksud : mengapa dibuat program jangka menengah ?  (misal sebagai acuan.....)
2.      Tujuan :Untuk apa dibuat program jangka menengah(misal untuk meningkatkan....)
D.   Metode Penyusunan (dengan cara apa penyusunan program jangka menengah ? (misal melalui diskusi dengan guru-guru, komite sekolah...dan yang lainnya)
E.    Kerangka Pemikiran
                        Apakah yang menjadi kerangka pemikiran pembuatan program
                        jangka menengah ?
Apa yang akan dilakukan dalam konteks dalam program jangka   menengah ?
                        Apa urutan kegiatan dari kegiatan tersebut diatas ?
F.    Sistematika Penulisan
VII.       BAB II KONDISI UMUM
A.   Kondisi Masa lalu
B.    Kondisi Sekarang
C.   Tantangan Yang Dihadapi
Misal :Tantangan yang relevan dengan masalah pendidikan masa kini dan masa yang akan datang di sekolah
            VIII  BAB III RENCANA STRATEGIS
A.     VISI
B.      MISI
C.     Tujuan Sekolah
Tujuan merupakan harapan yang ingin dicapai berdasarkan  visi sekolah
Misal :
Pada tahun 2012 peningkatan nilai UN dan US minimal 0,50
Pada tahun 2012 memiliki kelompok olimpiade MIPA
Pada tahun 2013 memiliki kelompok tim olah raga minimal 2 cabang yang mampu masuk finalis di tingkat PORSENI Propinsi
Dst....
D.     Tantangan Nyata
Tantangan nyata merupakan gap (kesenjangan) antara tujuan yang ingin dicapai dengan kondisi sekolah saat ini)
Misal :
Pada tahun 2007 (rata-rata UN th 2006 = 6,23, dan rata-rata UN th 2007 = 6,43) jadi nilai UN th 2007 = 0,20 dan untuk satu tahun (th 2008) kedepan dicanangkan harus naik minimal 0,50 artinya tantangan nyata yang dihadapi oleh sekolah adalah 0,30
Pada tahun 2007 belum terbentuk kelompok olimpiade MIPA dan untuk   satu tahun kedepan dicanangkan harus memiliki kelompok olimpiade MIPA artinya tantangan nyata yang dihadapi sekolah adalah mewadahi peserta didik yang bakat minatnya terhadap mata pelajaran MIPA
                             Dst...
E.        Sasaran Sekolah
Sasaran sekolah berdasarkan tantangan nyata selanjutnya dirumuskan sasaran atau target mutu yang ingin dicapai oleh sekolah.
Sasaran harus menggambarkan mutu dan kuantitas yang ingin
                          dicapai dan terukur.
Misal :
Pada tahun 2008 rata-rata nilai UN minimal mencapai 6,93
                                 Dst
F.    Identifikasi Fungsi-fungsi yang diperlukan setiap sasaran
   Contoh indentifikasi dari fungsi-fungsi yang diperlukan untk   mencapai Sasaran 1 (Rata-rata nilai UN minimal 6,93): Pendidik, Kepeserta didikan, Sarana prasarana, atau yang lainnya. Langkah ini harus dilakukan untuk persiapan analisis SWOT
                    G.   Analisis SWOT
Analisis SWOT untuk setiap sasaran
Komponen analisis SWOT : Fungsi dan faktor-faktor, Kriteria Kesiapan (Kondisi ideal), Kondisi nyata, Tingkat kesiapan faktor (siap/tidak)
Misal :
Analisis SWOT untuk Sasaran : Peningkatan rata nilai UN minimal 0,50
Apa saja yang termasuk faktor internal dan eksternal
Bagaimana kriteria kesiapanya (kondisi ideal)?
Bagaimana konisis nyata?
Bagaiamana tingkat kesiapannya (siap/tidak) ?
            Dst....
H.   Alternatif Langkah Pemecahan Persoalan
       Misal: Optialisasi MGMP Sekolah
I.     Menyusun Program Peningkatan Mutu(Menjelaskan secara detail tentang aspek-aspek  mutu yang akan dicapai)
1.    Sasaran 1: Peningkatan nilai UN minimal 0,50
Rencana : mengoptimalkan MGMP sekolah, matrikulasi maata pealajaran matematikan di kelas X..........dst
a.                                                 Program 1 Optimalisasi MGMP sekolah
b.                                                Program 2 Matrikulasi mapel matematiaka di kelas X
c.                                                 Dst …..
2.    Sasaran 2 :
a.                                                 Program 1 ……….dst
                    J    Jadwal Kegiatan
Komponen : No, Rencana dan Program, Bulan dan Minggu ke.
Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah
IX
BAB IV PENUTUP
X
LAMPIRAN


































You Might Also Like

0 Komentar Tog Bhe Maseh: