Contoh KTSP Kurikulum 2013
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sebagaimana ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan, setiap sekolah/madrasah mengembangkan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) berdasarkan Standar Kompetensi
Lulusan ( SKL ) dan Standar Isi serta berpedoman pada panduan yang ditetapkan
oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP ).
B. Tujuan Pengembangan Kurikulum SMP Negeri
Pengembangan Kurikulum SMP Negeri mengacu pada Standar Nasional Pendidikan
untuk mencapai tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Peraturan
Pemerintah Nomor 19 tahun 2005, dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat................
dan masyarakat global
C. Prinsip Pengembangan Kurikulum SMP Negeri
Pengembangan dan penyesuaian kurikulum
berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor
22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah,
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar
Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 24 Tahun 2006 tentang pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 22, dan 23 Tahun 2006, serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor
6 Tahun 2007 yang merupakan perubahan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional
Nomor 24 Tahun 2006.
Sebagaimana tujuan pendidikan dasar,
Kurikulum SMP Negeri ........ disusun untuk mengembangkan potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, meningkatkan kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
D. Landasan
1.
Undang-undang Nomor 20 Tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 36 dan Pasal 38
2.
Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 5, 18, 25, 26, 27.
3.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk
Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi
Lulusan Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
5.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Thun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 dan 23,
6.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2007 tentang Perubahan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor
24 Tahun 2006.
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik
Indonesia No. 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan
8. Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 41 Tahun 2007 tentang
Standar Proses
9. Surat Keputusan Kepala SMP Negeri188/288 b/2008,
Tanggal 6 November 2008 tentang
Tim Penyusun dan Pengembang Kurikulum SMP Negeri..........
BAB II
TUJUAN
TUJUAN PENDIDIKAN DASAR / MENENGAH
.
Tujuan pendidikan dasar/menengah
adalah untuk mengembangkan potensi peserta
didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha
Esa, meningkatkan kecerdasan,
pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan
menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
- VISI SEKOLAH
Mandiri.
C
MISI SEKOLAH
1.
5, untuk
menambah pendapatan sekolah.
D
Tujuan Sekolah
1. Meningkatkan kemampuan prestasi akademik
dan nonakademik.
2. Peningkatan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan.
3.
E. Indikator Keberhasilan
a. Rata-rata
Nilai Ujian Nasional 6,70
b. Persentase
lulusan 98,94 %
c. Persentase
lulusan melanjutkan ke jenjang sekolah lanjutan 90 % baik di SMA, SMK maupun
MA
d. Pengembangan
diri mampu menunjang perkembangan bakat peserta didik
F. Standar Kompetensi Lulusan
Sebagaimana tercantum dalam Peraturan
Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 23 Tahun 2006,Standar Kompetensi
Lulusan(SKL)setiap mata pelajaran di.......
1.
Pendidikan Agama Islam
a.
Menerapkan hukum bacaan”Al”
Syamsiah dan “Al” Qomariah
b.
Meningkatkan keimanan kepada
Allah Swt.melalui pemahaman sifat-sifatNya
c.
Memahami Asmaul Khusna
d.
Membiasakan perilaku terpuji.
e.
Memahami ketentuan-ketentuan Taharoh
( Bersuci )
f.
Memahami tatacara sholat wajib
dan sholat sunat
g. Memahami tatacara sholat berjamaah dan
munfarid
h.
Menerapkan hukum bacaan Nun
mati dan mim mati
i.
Meningkat keimanan kepada
malaikat
j.
Memahami sejarah Nabi Muhammmad
SAW.
k.
Menerapkan hukum bacaan
qolqolah dan Ro
l.
Meningkatkan
keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT.
m.
Menghindari perilaku tercela
n.
Memahami macam-macam sujud
o.
Memahami Rukun Islam
p. Menerapkan hukum bacaan mad dan waqof.
q.
Meningkatkan keimanan kepada rasul
Allah
r.
Memahami hukum Islam tentang
hewan sebagai sumber bahan makanan
s.
Memahami sejarah dakwah Islam.
2. Pendidikan
Agama Kristen
3. Menjelaskan karya Allah dalam menciptakan,
memelihara,dan menyelamatkan manusia serta
Serta ciptaannya
a. Menjelaskan karya allah dalam menciptakan
memelihara dan menyelamatkan manusia serta seluruh ciptaan.
b.
Hidup bersyukur dalam segala
situasi serta mewujudkan hidup beriman dan berpengharapan.
c.
Bertanggung jawab terhadap
dirisendiri, sesama gereja dan masyarakat untuk menujukan dirinya sebagi orang
yang sudah diselamatkan .
4. Pendidikan Agama Katolik
a. Memahami diri sebagai laki-laki atau
permpuan yang memiliki rupa-rupa kemammpuan keterbatasan agar dapat berelasi
dengan sesama dan lingkungannya dengan meneladani Yesus Kristus yang mewartakan
Bapa dan kerajaan Nya.
b. Memahami pribadi Yesus Kristus dan
konsekuensi perjuanganNya dengan mengikuti dan mewujudkan nilai-nilai
perjuanganNya didalam hidup menggereja.
c. Memahami dan melaksanakan nilai-nilai
kerajaan Allah dalam hidup beriman ditengah jemaat dan masyarakat sesuai dengan
yang diwartakan Yesus Kristus dalam rangka membangun kehidupan masa depan yang
lebih baik.
5. Pendidikan Kewarganegaraan
a. Menunjukan sikap positif terhadap
norma-norma yan berlaku dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara
b. Mendeskripsikan makna proklamasi dan
konstitusi yang pertama
c. Menampilkan sikap positif terhadap
perlindungan HAM
d. Menampilkan perilaku kemerdekaan dalam pendapat
e. Menampilkan perilaku yang sesuai dengan
nilai-nilai Pancasila.
f. Memahami beragai konstitusi yang pernah
digunakan di Indonesia
g. Menampilkan ketaatan terhadap
perundang-undangan nasional
h. Memahami pelaksanaan demokrasi dalam aspaek
kehidupan
i.
Memahami
kedaulatan dalam sistem pemerintahan di Indonesia
j.
Menampilkan
partisipasi dalam usaha pembelaan negara
k. Memahami pelaksanaan otonomi daerah.
l.
Memahami
dampak globalisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
m. Menampilkan prestasi diri sesuai kemampuan
demi keunggulan bangsa.
6. Bahasa Indonesia
a.Mendengarkan
.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
.
Memahami
makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat
.
Memahami
makna dalam teks lisan funsional dan monolog pendek sangat sederhana yang
berbentuk deskriptif dan prosedur untuk berinteraksi dengan ligkungan terdekat
.
Memahami
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
.
Interpersonal
lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dalam kontek kehidupan sehari-hari
a.
Berbicara
. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhan untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal
sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
. Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungn terdekat.
. Mengungkap percakapan transaksional dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
. Monolog pendek dan sederhana bentuk deskreptif dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
b. Membaca
.
Memahami
makna dalam teks fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan
lingkungan terdekat
.
Memahami
makna teks tertulis fungsional dan esai pendek sangat sederhana berbentuk
deskriptif dan prosedur yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat.
c. Menulis
.
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat.
.
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional dan esei pendek sangat sederhana berbentuk deskriptif dan prosedur
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
.
Esei
pendek sederhana berbentuk deskriptif dan recount berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
7. Bahasa Inggris
a. Mendengarkan
Memahami makna dalam wacana
lisan interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam
bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, report,dalam konteks kehidupan sehari-hari
b. Berbicara
Mengungkapkan makna secara
lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional, secara formal maupun
informal, dalam bentuk reount, narrative, procedure, descriptive, report,
dalam knteks kehidupan sehari-hari
c. Membaca
Memahami
makna dalam wacana tertulis
interpersonal dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk
recount, narrative, procedure, descriptive,
report, dalam knteks kehidupan sehari-hari
d. Menulis
Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal
dan transaksional, secara formal maupun informal, dalam bentuk reount,
narrative, procedure, descriptive,
report, dalam knteks kehidupan sehari-hari
8. Matematika
a. Memahami sifat-sifat operasi hitung dan
penggunaanya dalm pemecahan masalah
b. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan unit satu variabel
c. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan
pertidaksamaan unit satu vaariabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah
d. Menggunakan konsep himpunan dan
diagram Venn dalam pemecahan masalah
e. Memahami hubungan garis dengan
garis-garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya
f. Memahami konsep segi empat dan segi
tiga serta menentukan ukurannya
g. Memahami bentuk aljabar, relasi fungsi,
dan persamaan garis lurus
h. Memahami sistim persamaan linier dua
variabel dan menggunakanya dalam pemecahan masalah.
i.
Menggunakan
teorema pytagoras dalam pemecahan
masalah
j.
Mentukan
unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
k. Memahami sifat-sifat kubus, balok,
prisma, limas dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
l.
Memahami
kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
m. Memahami sifat-sifat tabung,
kerucut, dan bola serta menentukan ukurannya
n. Melakukan pengolahannya dan penyajian data
o. Memahami peluang kejadian sederhana
p. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat
dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
q. Memahami barisan dan deret bilangan serta
penggunaannya dalam pemecahan masalah.
9. Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )
a.
Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan
b.
Memahami
berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia
c.
Memahami
wujud zat dan perubahannya
d.
Memahami
klasifikasi zat
e.
Memahami
prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam
f.
Memahami
keanekaragaman makhluk hidup
g.
Memahami
sistem dalam kehidupan tumbuhan
h.
Menjelaskan
konsep partikel materi
i.
Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem
j.
Memahami
Pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
k.
Memahami
kegunaan bahan kimia dalam kehidupan
l.
Memahami
peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
10. Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
a. Memahami lingkungan kehidupan manusia
b. Memahami kehidupan sosial manusia
c. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
d. Memahami usaha manusia untuk mengenali
perkembangan lingkungannya
e. Memahami perkembangan masyarakat sejak masa
Hindu –Budha sampai kolonial Eropa
f. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
g. Memahami permasalahan sosial berkaitan
dengan pertumbuhan jumlah penduduk
h. Memahami proses kebangkitan nasional
i.
Memahami
kegiatan pelaku ekonomi dimasyarakat
j.
Memahami
usaha persiapan kemerdekaan
k. Memahami pranata dan penyimpangan sosial
l.
Memahami
kegiatan perekonomian Indonesia
m. Memahami kondisi perkembangan negara didunia
n. Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
o. Memahami perubahan sosial budaya
p. Memahami lembaga keungan dan perdagangan
q. Memahami hubungan manusia dengan bumi
r.
Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia
s. Memahami perubahan pemerintahan dan
kerjasama intenasional
11.
Seni Budaya
a. Mengapresiasi dan mengekpresikan karya Seni Kriya dengan memanfaatkan bahan daur ulang
b. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni terapan dengan memanfaatkan tehnik mistar dan proyeksi dengan
mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara dan Manca negara
c. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni rupa Murni dan terapan ( modern / kontemporer yang dikembangkan dari
beragam unsur corak dan tehnik seni rupa Nusantara
f. Mengapresiasi dan mengekspresikan karya
seni musik Tradisioanal dan nontradisional
dengan beragam proses teknik, media dan materi musik manca negara ( non-Asia )
12. Pendidikan Jasmani dan Olahraga
a. Mempraktikkan berbagai tehnik dasar permainan dan olahraga dan nilai yang
terkandung didalamnya.
b. Mempraktikkan jenis latihan kbugaran
jasmani dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
c. Mempraktikkan senam dasar dengan tehnik
dan nilainilai terkandung didalamnya.
d. Menerapkan budaya hidup sehat.
e. Mempraktikkan tehnik dasar senam lantai
dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
f. Mempraktikkan latihan kebugaran dalam
bentuk latihan sirkuit dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya
g. Mempratikan gerak senam lantai dengan
gerakanyang benar dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
.
13. Pendidikan
Ketrampilan :
Pendidikan Ketrampilan
disesuaikan dengan minat/bakat siswa, terdiri dari :
1.
Teknologi Informasi dan Komunikasi
·
Memahami
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dan prospek mendatang
·
Mengengenal
operasi dasar peralatan komputer
·
Mempraktikkan
dasar komputer
·
Menggunakan
perangkat pengolahan kata untuk menyajikan informasi
·
Menggunakan
perangkat lunak pengolah angka untuk menyajikan informasi
·
Memahami
dasar-dasar penggunaan intranet
·
Menggunakan
internet untuk memperoleh informasi.
BAB III
STRUKTUR DAN
MUATAN KURIKULUM
A. Muatan Kurikulum
Muatan kurikulum SMP Negeri .....................sesuai dengan muatan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar yang tertuang
dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran sebagai berikut :
1.
Kelompok mata pelajaran agama
dan akhlak mulia
2.
Kelompok mata pelajaran
kewarganegaraan dan kepribadian
3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan
dan teknologi
4.
Kelompok mata pelajaran
estetika
5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga
dan kesehatan.
Cakupan setiap kelompok mata pelajaran di atas disajikan sebagai berikut.
No
|
Kelompok Mata Pelajaran
|
Cakupan
|
1
2
3
4
5
|
Agama dan Akhlak mulia
Kewarganegaraan dan kepribadian
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Estetika
Jasmani Olahraga dan Kesehatan
|
Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk
membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau
moral sebagai perwujudan dan pendidikan agama.
Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan
status, hak, dan kewajbannya dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa,
bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia . Kesadaran dan
wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa, patriotisme bela negara,
penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia kemajemukan bangsa, pelestarian
lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial,
ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti
korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP sudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut
ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah, kreatif
dan mandiri
Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan
sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi dan
mengekpresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik
dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang
harmonis.
Kelompok mata pelajaran olahraga dan kesehatan pada SMP ..........dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan
sikap sportivitas, disiplin, kerjasama, dan hidup sehat budaya hidup sehat
termasuk kesadaran, sikap, dnan perilaku hidup sehat yang bersifat individual
ataupun bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbatasan dari perilaku
seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/ AIDS, demam berdarah, muntaber, dan
penyakit lain yang potensial untuk mewabah
|
B. Struktur Kurikulum SMP................
Struktur Kurikulum SMP ...........meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan
selama tiga tahun mulai kelas 7, kelas 8, dan kelas 9. Struktur kurikulum
disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata
pelajaran.
Struktur Kurikulum SMP Negeri ..............
Kelas 7,8, 9 terdiri dari 3 mata pelajaran, muatan lokal dan pengembangan diri.
Muatan lokal merupakan pengembangan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas
dan potensi wilayah ..............pengembangan diri dimaksudkan memberikan kesempatan peserta didik untuk
mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan
minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah dan dilaksanakan pada
sore hari.
Sruktur Kurikulum
SMP Negeri ..............sebagai berikut :
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas
|
||
7
|
8
|
9
|
||
1
|
Pendidikan Agama
|
3
|
2
|
2
|
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
3
|
2
|
2
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
6
|
4
|
4
|
4
|
Bahasa Inggris
|
5
|
4
|
4
|
5
|
Matematika
|
5
|
4
|
4
|
6
|
Ilmu Pengetahuan Alam
|
5
|
4
|
4
|
7
|
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8
|
Seni dan Budaya
|
3
|
2
|
2
|
9
|
Pendidikan
Jasmani dan Olah Raga
|
2
|
2
|
2
|
10
|
Tehnologi Informatika dan
Komunikasi/Ketrampilan
|
2
|
2
|
2
|
11
|
Muatan Lokal
Prakariya
Lingkungan
Hidup
Elektrro
|
2
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
12
|
Jam Tambahan
Wajib
Matematika
IPA
|
|
2
2
|
2
2
|
|
Jumlah
|
38
|
36
|
36
|
2* Ekuivalen 2 jam pelajaran
1.Mata Pelajaran
Mata pelajaran wajib
a. Pendidikan Agama
b. Pendidikan
Kewarganegaraan
c. Bahasa Indonesia
d. Bahasa Inggris
e. Matematika
f. Ilmu Pengetahuan Alam
g. Ilmu Pengetahuan Sosial
h. Seni Budaya
i. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
j. Tehnologi Informatika dan Komunikasi /
Kesehatan
2.
Muatan Lokal
Muatan
Lokal : Seni Kriya dari bahan Daur Ulang Sampah Non
Organik
Semester 1.
Standar Kompetensi
1.
Memahami cara dan terampil menggambar disaen , pola,
dan merangkai, menganyam,
Menempel, menjahit
Kompetensi Dasar
1.1.Mengindentifikasi
bentuk-bentuk disaen seni kriya
1.2.Memahami tehnik membuat pola dan desaen Kriya
1.3.Memahami tehnik membentuk bahan dasar Kriya
Semester
2
Standar
Kompetensi :
1. Memahami
cara dan trampil menggambar desain pola merangkai bahan dasar dan
membentuk
seni kriya.
Kompetensi Dasar :
1.1.
Memahami tehnik merangkai bahan
dasar
1.2.
Memahami tehnik membentuk benda
kriya
1.3.
Trampil Mendesain, merangkai
bahan dasar kriya, dan membentuk kriya jadi
2 . Pengembangan diri
Kerangka Model
Pengembangan diri
a.
Pendahuluan
1. Untuk mengembangan potensi dan kemampuan
siswa sesuai dengan Bakat , dan
Ketrampilan yang dimiliki siswa
2. Untuk meraih siswa agar bisa berkembang secara optimal sesuai
dengan kemampuan
Masing-masing
3 Untuk melatih kedisiplinan siswa dalam melaksanakan kegiatan yang sesuai
b.
Peran BK dalam pengembangan
diri
1. Mengindentifikasi minat,
bakat dan ketrampilan siswa
2. Mengarahkan siswa untuk
mengembangkan potensi yang sudah memiliki sesuai
dengan bakat, minat dan ketrampilan masing masing
3.
Membimbing siswa dalam mengembangkan potensinya masing-masing
c. Kompetensi / Sasaran Pengembangan Diri
1.
Siswa memahami potensi dan
ketrampilan yang dimiliki
2.
Siswa dapat mengembangkan
potensi dan keterampilan yang dimiliki sesuai minat bakat dan tujuannya.
3.
siswa dapat mamanfaatkan
potensi dan keterampilan yang dimiliki untuk mencapai tujuan yang diinginkan
d.
Kegiatan dan Pengembangan Diri
1.
Dibagikan angket yang bertujuan
untuk menjaring potensi dan keterampilan siswa
2.
Siswa mengisi angket sesuai
dengan minat dan bakat dan keterampilan masing-masing
3.
Mengidentifikasikan dan
mengelompokkan siswa sesuai dengan pilihannya
4.
Pelaksanaannya diserahkan kepda
guru-guru yang relevan dengan minat, bakat dan keterampilan siswa
5.
Penilaian lebih lanjut menjadi
tanggung jawan guru-guru yang relevan dengan minat, bakat dan keterampilan
siswa.
e.
Pengelolaan Pelayanan
Pengembangan Diri
Pengelolaan dipercayakan kepada guru-guru yang relevan dengan minat,
bakat dan keterampilan siswa, dibantu oleh guru BK dan Kepala Sekolah sebagai
penanggungjawab
f.
Jadawal Kegiatan Pengembangan
Diri
1.
Pramuka Hari Jum’at pukul 14.00 –
16.30
2.
PMR Hari
Kamis pukul 14.30 – 16.00
3.
Sholat Berjama’ah Hari Senin s/d Sabtu
pukul 12.15 – 13.00
4.
Paskibra Hari Selasa 14.30 – 16.30
5.
Olahraga Berprestasi Hari Senin s/d Minggu 14.00
– 16.30
6.
Kesenian Hari Selasa dan Kamis 14.30 –
17.00
7.
Seni Kriya Hari Rabu
dan Kamis 14.30 – 17.00
g.
Pengaturan Beban Belajar
1.
Beban belajar menggunakan
sistem paket
2.
Jam pembelajaran untuk setiap
pelajaran tertera dalam struktur kurikulum
3.
Alokasi waktu 1 jam tatap muka
(1 jam pelajaran) lamanya 40 menit.
. h Pedoman Penilaian
Penilaian merupakan serangkaian
kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses
dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan seara sistematik dan
berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan
keputusan.
Penilaian pencapaian kompetensi dasar
peserta didik dilakukan berdasarkan indikator, dilakukan dengan menggunakan
tes, nontes, dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran
sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek, dan atau produk, penggunaan
portopolio dan penilaian diri.
Hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam penilaian :
1.
Penilaian diarahkan untuk
mengukur pencapaian kompetensi
2.
Penilaian menggunakan acuan
kriteria yaitu apa yang dapat dilkukan peserta didik setelah mengikuti proses
pembelajaran.
3.
Sistem yang direncanakan adalah
sistem penilaian yang berkelanjutan, dalam arti semua indikator yang ditagih,
kemudian hasilnya dianalisis untuk kompetensi dasar yang telah dimiliki dan
yang belum dimiliki, serta untuk mengetahui kesulitan belajar anak.
4.
Hasil penilaian dianalaisis
untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut berupa perbaikan proses
pembelajaran berikutnya, program remedial bagi peserta didik yang belum
memenuhi ketuntasan minimal, dan program pengayaan bagi peserta didik yang
telah memenuhi krieria ketuntasan .
5.
Sistem penilaian disesuaikan
dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam proses pembelajaran.
C. Kriteria Ketuntasan Minimal
Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM )
di SMP Negeri ....... ditentukan dengan mempertimbangkan dan rambu-rambu sebagai berikut :
1. tingkat kemampuan rata-rata peserta didik
2. tingkat kesulitan standar kompetensi dan
kompetensi dasar
3. kemampuan sumber daya pendukung dalam
penyelenggaraan pembelajaran
4. KKM ditentukan pada awal tahun pelajaran
5. KKM ditetapkan oleh forum MGMP
sekolah
6. KKM dinyatakan dalam bilangan
bulat dengan rentang 0 – 100
7. KKM ideal adalah 100
8. Forum MGMP sekolah dapat menentukan KKM
dibawah nilai ketuntasan ideal, tetapi
sejalan dengan peningkatan mutu dari semester / tahun ke tahun meningkat.
9. KKM dicantumkan dalam Laporan Hasil Belajar peserta didik.
Adapun ketuntasan mimimal (
KKM ) SMP Negeri ............. sebagai berikut:
Kriteria Ketuntasan Minimal
No
|
Mata Pelajaran
|
|||
1
|
Pendidikan Agama
|
|||
2
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|||
3
|
Bahasa Indonesia
|
|||
4
|
Bahasa Inggris
|
65
65
5
Matematika
6
Ilmu Pengetahuan Alam
7
Ilmu Pengetahuan Sosial
8
Seni dan Budaya
9
Pendidikan Jasmani dan Olah Raga
10
Tehnologi informatika
dan Komunikasi
11
Muatan Lokal :
D.
Penilaian
Jenis penilaian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rasau
Jaya meliputi :
1. Penilaian guru mata pelajaran :
a)Ulangan Harian (minimal setiap KD)
b) Penilaian Proses/ Penugasan
2. Penilaian oleh sekolah :
c)
Ulangan Tengah Semester
(minimal setiap SK)
d)
Ulangan Bersama
e)
Ulangan Akhir Semester
f)
Ulangan Pendalaman Materi (
Latihan UN )
g)
Ujian Sekolah
h)
Ujian Praktik
3. Penilaian oleh pemerintah
i)
Ujian Nasional
E. Penilaian Rapor( Laporan Hasil Belajar )semester
1 dan 2
|
|
Nilai tugas include dalam nilai ulangan
harian
F. Kenaikan Kelas
a.
Kriteria Kenaikan Kelas
Peserta didik dinyatakan naik kelas apabila memenuhi
kriteria :
1)
Tuntas pada seluruh Standar
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
2)
Memiliki nilai kurang atau
belum tuntas paling banyak 3 mata pelajaran
3)
Ketidakhadiran kurang dari 5%
4)
Kepribadian minimum Cukup
5)
Kegiatan Pengembangan Diri minimum
Cukup
G. Kriteria Kelulusan
1)
Kriteria Kelulusan Ujian
Nasional
Peserta Ujian Nasional dinyatakan
lulus jika memenuhi standar kelulusan UN pada tahun ajaran 2009/2010 sebagai
berikut :
a)
memiliki nilai rata-rata
minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan (Bahasa Indonesia,
Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA)
b)
nilai minimal 4,00 untuk paling
banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,50 untuk mata pelajaran lainnya
2)
Kriteria Kelulusan Ujian
Sekolah
Peserta
ujian sekolah dinyatakan lulus apabila :
b) telah mengikuti ujian seluruh mata
pelajaran
c) memiliki nilai rata-rata minimal 6,00
dengan nilai minimal 6.00 untuk setiap mata pelajaran yang diujikan
H. Ketentuan Mutasi Siswa
Siswa
diterima di sekolah ....
1). Buku Rapor
2) Fotokopi ijasah atau STTB
3). Fotokopi Surat Tanda Lulus atau STK
4). Fotokopi DANEM ( tidak harus)
5). Surat Keterangan Pindah
dari sekolah asal
6). Surat Rekomendasi dari
Dinas Pendidikan sekolah asal
7). Surat Berkelakuan Baik
dari Kepala Sekolah Asal
8). Surat Keterangan Bebas
NARKOBA dari Dokter RS Pemerintah
9). Formasi Sekolah yang
dituju
Keterangan
: Point 3 dan 4 salah satu saja.
Siswa
keluar dari sekolah ....
BAB IV
KALENDER
PENDIDIKAN
A. Ketentuan Umum Kalender Pendidikan
Kalender pendidikan adalah pengaturan
waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran yang
mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran
efektif dan hari libur.
Sesuai dengan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Bab IV, bahwa
kurikulum satuan pendidikan pada setiap jenis dan jenjang diselenggarakan
dengan mengikuti kalender pendidikan pada setiap tahun pelajaran.
B. Alokasi Waktu
Minggu efektif
adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran. Waktu
pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi
jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal
ditambah jam untuk pengembangan diri.
Waktu libur adalah
waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakannya kegiatan pembelajaran terjadwal,
libur keagamaan, libur umum termasuk hari besar nasional, libur akhir semester,
libur akhir tahun ajaran.
C. Penetapan Kalender Pendidikan
1.
Permulaan tahun ajaran baru di
bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
2.
Libur sekolah ditetapkan
berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional dan atau Menteri Agama dalam
penentuan hari raya keagamaan, Walikota, dan atau SMP...................
Penetapan kalender pendidikan
SMP ............didasarkan pada :
a.
Keputusan Kepala Dinas
Pendidikan Propinsi Kalimantan Barat.
b. Keputusan Kepala Dinas Pendidikan
c. Program kegiatan
SMP Negeri
0 Komentar Tog Bhe Maseh: