Mengelola Sekolah Sebagai Sumber Belajar
Dalam mengelola sumber belajar tentulah
terdapat prinsip-prinsip yang menjadi patokan bagi para pengelola sumber
belajar. Prinsip-prinsip tersebut yang harus
dipegang oleh para pengelola sumber belajar dalam setiap sub-sub komponen
organisasi sumber belajar agar para pengguna merasa puas atas pelayanan yang
diberikan oleh pengelola sumber belajar. Pengguna akan merasa puas karena telah
mendapatkan apa yang ia butuhkan melalui pelayanan prima yang diberikan
pengelola.
Prinsip yang digunakan dalam konteks
manajemen sumber belajar haruslah yang mengacu pada pengeluaran yang akan
sampai kepada pengguna atau dengan kata lain berorientasi kepada kenyamanan
pengguna. Baik itu mengenai kemudahan dalam mengakses informasi, kenyamanan
saat menggunakan sumber belajar, serta kepuasan yang akan dirasakan pengguna terhadap
pelayanan yang diberikan. Maka dari itu, prinsip-prinsip yang digunakan akan
lebih baik jika disesuaikan dengan karakteristik umum para penggunanya dan juga
faktor-faktor lain yang berhubungan langsung dengan kenyamanan para
penggunanya.
Sumber belajar diartikan sebagai segala
tempat atau lingkungan sekitar, benda, dan orang yang mengandung informasi
dapat digunakan sebagai wahana bagi peserta didik untuk melakukan proses
perubahan perilaku. Salah satu sumber belajar yang sering digunakan dalam
proses belajar mengajar adalah perpustakaan dan buku.
Sumber
belajar merupakan semua sumber yang dapat dipergunakan oleh peserta didik, baik
secara individual maupun kelompok untuk memudahkan terjadinya proses belajar. Pada
dasarnya sumber belajar merupakan suatu daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan
proses belajar mengajar. Semua sumber baik itu data, manusia, dan barang yang
dapat dipakai oleh pelajar sebagai suatu sumber tersendiri atau dalam kombinasi
untuk memperlancar belajar meliputi pesan, orang, material, alat, teknik, dan
lingkungan.
Dengan
demikian pengelolaan sumber belajar dapat diartikan sebagai kegiatan mengelola dan mengatur
segala sesuatu yg dapat digunakan untuk membantu setiap orang memperlancar
dalam belajar. Adapun manfaat sumber belajar
adalah dapat memberi pengalaman belajar yang nyata dan langsung kepada
peserta didik, mengatasi segala keterbatasan waktu, ruang, keadaan, memberi
informasi dengan jelas, akurat dan terbaru, menambah wawasan pembelajaran di dalam kelas, memecahkan
masalah pendidikan, dapat memberi motivasi yang positif dan dapat merangsang
untuk berfikir, bersikap, dan berkembang lebih optimal.
Proses pengembangan pembelajaran akan
berlangsung secara efektif dan efisien apabila ditunjang dengan sumber belajar
yang dikelola dengan baik. Pada dasarnya bahwa sumber belajar diharapkan mampu
untuk melayani sagala keinginan dan harapan siswa dalam proses pembelajaran di
sekolah dapat dikelola dengan baik oleh seorang kepala sekolah yang memiliki
kompetensi kewirausahaan. Optimalisasi
hasil belajar dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar saja, namun juga
dilihat dari proses pembelajaran yang berupa interaksi siswa dengan berbagai
sumber belajar yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar dan mempercepat
pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajari. Bahkan sumber
belajar mempunyai suatu daya kekuatan yang dapat memberikan sesuatu yang kita
perlukan dalam proses pengajaran, sehingga peserta didik semakin mudah dalam
mengekplorasi dari setiap pembelajaran yang disampaikan oleh gurunya.
0 Komentar Tog Bhe Maseh: